sign up SIGN UP

Sebelum Berangkat Traveling, Ini 6 Kiat Aman Melakukan Perjalanan Jauh di Tengah Pandemi

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Sabtu, 04 Dec 2021 07:00 WIB
Sebelum Berangkat Traveling, Ini 6 Kiat Aman Melakukan Perjalanan Jauh di Tengah Pandemi
caption

Euforia masyarakat untuk traveling kiat meningkat seiring dengan kasus covid-19 yang bergerak menurun. Belum lagi, periode liburan panjang akhir tahun yang semakin dekat yang tentunya dimanfaatkan untuk berlibur. Karenanya mulai banyak dijumpai beberapa tempat rekreasi yang dipenuhi oleh kedatangan para pengunjung.

Peningkatan kegiatan bepergian masyarakat tentunya harus dibarengi dengan sikap mawas terhadap penyebaran virus covid-19. Peraturan kesehatan harus dijalankan lebih disiplin agar tidak menimbulkan gelombang baru yang justru membahayakan diri sendiri ataupun orang terdekat.

Bagi kamu yang ingin bepergian, berikut Beautynesia telah merangkum 6 kiat aman melakukan perjalanan di masa pandemi agar terlindungi dari virus berbahaya.

1. Melakukan Tes Kesehatan Terlebih Dahulu

Cek terlebih dahulu kondisi tubuhmu agar lebih aman ketika berpergian.
Melakukan cek kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuhmu/Foto:Freepik.com/Artursafronovvv

Sejalan dengan aturan yang ada, kamu diharuskan untuk melakukan tes kesehatan sebelum melakukan perjalanan jauh dengan orang lain. Melansir anjuran dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, kamu perlu melakukan tes covid-19 satu hingga tiga hari sebelum perjalanan.

Bukan hanya sebagai syarat, tes kesehatan dapat membantu kamu mengetahui kondisi dari tubuhmu sehingga kamu dapat memilih tindakan yang sesuai guna melindungi diri sendiri dan orang lain. Jangan memaksakan diri ketika hasil tes kesehatanmu tidak terlalu baik ya, Beauties. 

2 . Pastikan Kamu Sudah Divaksin

Setelah tes kesehatan, jangan lupa untuk melakukan vaksin terlebih dahulu.
Penuhi kewajiban vaksin hingga dosis yang ditentukan/Foto:Freepik.com/Wayhomestudio

Hasil tes virus negatif bukan berarti kamu terbebas dari ancaman penyebaran covid-19 yang berbahaya. Untuk mendapatkan perlindungan diri yang lebih maksimal, pastikan kamu telah melakukan vaksinasi hingga memenuhi dosis yang ditentukan.

Sebagai bentuk partisipasi terhadap kegiatan kesehatan secara keseluruhan, dengan divaksin menjadi bentuk pencegahan yang sangat direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Dikutip dari laman Self, seorang direktur divisi Epidemiologi di NYU Longue, Lorna Thorpe, Ph.D., M.P.H, mengatakan vaksin dipercaya sebagai langkah terbaik sebelum berpergian.

3. Memilih Destinasi dengan Risiko Rendah

Tingkatan penyebaran virus covid-19 di lokasi tujuan juga penting untuk dipertimbangkan.
Pilihlah destinasi tempat yang tidak beresiko tinggi/Foto:Freepik.com/Jcomp

Tidak cukup dengan kondisi kesehatan yang bugar, pertimbangan penting lain yang perlu diperhatikan ialah ke mana tujuan yang ingin kamu kunjungi.

Penyebaran virus Ccvid-19 yang tidak merata membuat beberapa tempat memiliki risiko yang lebih tinggi dibanding yang lain. Jika kamu berkunjung ke lokasi dengan tingkat infeksi tinggi maka peluang kamu untuk terjangkit virus bisa semakin besar.

Oleh karenanya pertimbangkan destinasi wisata dengan melihat tingkat penyebaran virus serta kepadatan pengunjung pada tempat tersebut.

4. Sesuaikan Perlindungan dengan Mode Transportasi

Menyesuaikan perlindungan diri sesuai dengan mode transportasi yang kamu pilih.
Menjaga protokol ketat saat di transportasi/Foto:Freepik.com/Wirestock

Penyebaran virus covid-19 bisa terjadi di mana saja, oleh karenanya kamu perlu mempertimbangkan segala aspek sederhana tak terkecuali moda perjalanan yang akan kamu gunakan.

Sebelum berpergian, tentukan mode perjalanan yang dirasa paling aman untuk melindungi diri dari resiko penyebaran covid-19. Jika karena kondisi tertentu kamu tidak dapat melakukan vaksin, sebisa mungkin menggunakan kendaraan pribadi untuk membatasi interaksi dengan orang banyak.

Penggunaan transportasi umum juga dinilai cukup aman dengan adanya berbagai aturan ketat yang harus dipenuhi oleh penumpang. Bagi kamu pengguna moda tersebut, pastikan untuk tetap berada di tempat duduk serta menggunakan perlindungan yang ekstra.

5. Membawa Perlindungan Ekstra

Jangan lupa membawa barang bawaan yang lengkap seperti masker dan hand sanitizer.
Lengkapi barang bawain sebagai bentuk perlindungan diri/Foto:Freepik.com/Freepik

Segala sesuatunya terkadang justru berjalan di luar prediksi, terlebih ketika sedang berlibur. Tidak jarang kamu menemui kondisi kurang baik yang dapat menghambat kelancaran dalam perjalananmu.

Guna mengantisipasi, selalu bawalah segala perlengkapan kesehatan dengan jumlah yang lebih banyak seperti halnya masker dan hand sanitizer. Lengkapi perlengkapan tersebut dengan penunjang lain seperti face shield, sarung tangan dan barang lain yang kamu butuhkan.

6. Tetap Mematuhi Protokol Selama di Tempat Tujuan

Jangan lengah, dan tetap mawas serta menerapkan protokol di tempat tujuan.
Menerapkan protokol ketat dimanapun dan kapanpun/Foto:Freepik.com/Freepik

Suasana menyenangkan di tempat liburan terkadang membuat kamu lupa akan bayang-bayang virus yang bisa menyerang kapan saja. Sikap lengah terhadap protokol kesehatan berisiko malah membuat liburanmu berujung tidak baik karena terjangkitnya virus covid-19.

Di manapun kamu berada, tetaplah menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Memakai masker double, selalu mencuci tangan dan hindari kontak berlebih dengan orang di sekitar terlebih pada ruangan tertutup.

Mengutip laman dari Everyday Health, ruangan tertutup memiliki risiko penyebaran lebih tinggi karena tidak adanya siklus udara yang teratur.

[Gambas:Youtube]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id