Sebelum Kantong Jebol, Ini Cara Mengatasi Pengeluaran Tak Terduga di Kantor

Phanie Fauziah | Beautynesia
Senin, 20 Sep 2021 21:30 WIB
Foto: Ini Cara Mengatasi Pengeluaran Tak Terduga di Kantor/Pexels.com

Pengeluaran tidak terduga seringkali merusak perencanaan keuangan yang sudah kita susun. Pengeluaran di kantor ini juga terkadang tidak kita perhitungkan sebelumnya, sehingga berakhir dengan pengeluaran yang tiba-tiba membengkak.

Cara Mengatasi Biaya Tidak Terduga di Kantor

Ada beberapa biaya tidak terduga di kantor yang biasa terjadi, dan berikut cara mengatasinya. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

1. Kado


Kado Pengeluaran Tidak Terduga di Kantor/Pexels/Nichole Michalou

Dalam lingkup pertemanan perempuan biasanya melakukan hal ini, yaitu memberikan kado kepada sahabat di kantor saat mereka berulang tahun, memberikan kado pada teman yang resign, atau malah kita memberikan tanda mata saat resign.

Nah, perayaan tersebut tentunya memerlukan dana ya, Beauties. Maka tidak heran kebiasaan tersebut bisa menjadi pengeluaran tidak terduga di kantor. Cara mengatasi hal ini, buatlah anggaran biaya tidak terduga mengenai perayaan di kantor yang biasa kita lakukan.

Kita juga tidak perlu khawatir mengenai hal ini karena biasanya perayaan yang biasa kita lakukan tersebut sudah terencana. Buatlah catatan tanggal lahir sahabat kita di kantor sehingga bisa menyiapkan dari sebelumnya atau bahkan mengumpulkan uang untuk membeli kado.

Jika rekan kantor resign, pengajuan biasanya dilakukan satu bulan sebelum sehingga kita bisa memasukkan pengeluaran untuk membeli kado perpisahan ke dalam anggaran perencanaan keuangan selanjutnya. Nah, jika kita resign, tentunya kita sudah merencanakannya ya, Beauties. Maka, buatlah anggaran mengenai pengeluaran kado sebelumnya.

2. Uang Duka


Uang Duka Pengeluaran Tidak Terduga di Kantor/Pexels/Karolina Grabowska

Hal ini biasanya tidak terencana karena kita pun sebenarnya tidak berharap kabar buruk datang dari teman kantor maupun keluarganya. Di Indonesia tradisi uang duka memang begitu kental, biasanya kita memberikan bantuan uang duka kepada teman yang berduka karena kehilangan anggota keluarganya. 

Meskipun hal ini tidak kita rencanakan, tapi tentunya kita tetap harus memasukkannya pada anggaran pengeluaran. Terpakai atau tidak dana untuk pengeluaran ini harus kita sediakan, sehingga jika terpakai tidak merubah anggaran yang sudah kita susun dan jika tidak terpakai bisa kita alokasikan pada pengeluaran tidak terduga lainnya, atau bahkan bisa kita tabungkan kembali.

3. Traktir Teman


Traktir Teman Pengeluaran Tidak Terduga di Kantor/Pexels/Diva Plavalaguna

Perayaan ulang tahun juga sudah menjadi tradisi dalam lingkungan perkantoran. Teman kantor biasanya memberikan kita hadiah atau kejutan, sehingga mentraktir teman merasa harus kita lakukan sebagai perayaan maupun ucapan terima kasih.

Tidak hanya itu saja biasanya perayaan makan ini kita lakukan saat kita memperoleh pencapaian kerja, baik target ataupun kenaikan jabatan. Kita harus mulai memasukkan hal ini pada anggaran keuangan, kita bisa menekan budget dengan membeli makanan yang bisa dinikmati teman kantor tanpa harus makan di tempat makan, misalnya traktir pizza, kue, minuman dan camilan, juga traktiran lainnya yang tidak memberatkan kita.

4. Uang atau Kado Pernikahan


Uang atau Kado Pernikahan Pengeluaran Tidak Terduga di Kantor /Pexels/Porapak Achipodilok

Pengeluaran ini juga menjadi biaya tidak terduga. Teman kantor yang menikah juga perlu kita beri uang atau kado pernikahan. Sebenarnya untuk mengatasi pengeluaran ini alangkah lebih baiknya kita membeli kado bersama teman kantor lainnya, sehingga mampu menekan budget.

Bukan hanya kita saja yang biasanya memiliki anggaran tersusun, beberapa teman kantor yang lain juga biasanya menawarkan hal ini. Jadi, untuk mengatasi pengeluaran membengkak membeli kado tentunya lebih menghemat ya, Beauties.

(ria/ria)
Loading ...