sign up SIGN UP

Sebelum Memilih Beasiswa, 4 Pertanyaan Ini Wajib Kamu Tanyakan ke Diri Sendiri

Salsabila Rimawan | Rabu, 17 Nov 2021 14:00 WIB
Sebelum Memilih Beasiswa, 4 Pertanyaan Ini Wajib Kamu Tanyakan ke Diri Sendiri
caption

Beauties, apakah kamu berencana untuk mengajukan beasiswa untuk melanjutkan studimu? Well, sudah banyak program beasiswa yang ditawarkan dengan berbagai macam keuntungan bagi si penerima. Namun karena begitu beragam, kamu juga harus pintar dalam memilih beasiswa yang ingin kamu lamar. 

Pasalnya, mengajukan beasiswa bukan hanya berbicara tentang strategi, lho! Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang, mulai dari biaya, akreditasi, dan lain-lain.

Supaya nggak salah pilih, yuk coba jawab 3 pertanyaan terkait beasiswa di bawah ini!


Program Studi Apa yang Harus Diambil?

memilih program studi sebelum mengajukan beasiswa
Memilih Program Studi/ Foto: pexels.com/ Vlada Karpovich

Aspek ini termasuk krusial karena menyangkut hal-hal yang akan kamu dalami selama kamu menempuh studi. Berdasarkan survei Indonesia Career Center Network, sebanyak 87% anak muda mengaku salah memilih jurusan di universitas.

Untuk menghindari salah jurusan, nggak ada salahnya kamu mengurutkan hal-hal yang menarik buatmu, berdiskusi dengan orang terdekat hingga mencari tahu silabus atau mata kuliah yang akan kamu pelajari. Hal tersebut bisa kamu lakukan jika kamu telah memutuskan beberapa program studi yang kamu anggap menarik.


Mengapa Memilih Universitas Tersebut?

Untuk Pelajar, Baca Yuk Kata Motivasi Ini Supaya Makin Berprestasi di SekolahPertanyaan yang harus dijawab sebelum memilih beasiswa/ Foto: beautynesia

Setelah mengetahui program studi, ada baiknya kamu juga memiliki alasan yang kuat mengapa memilih universitas tersebut. Mengapa kamu memilih universitas di Indonesia? Atau sebaliknya, mengapa kamu memilih Universitas di luar negeri? Bagaimana dengan kotanya? Bagaimana dengan alumninya?

Beberapa calon mahasiswa juga mempertimbangkan ranking dan keunggulan universitas hingga program-program menarik yang ditawarkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswanya. 


Bagaimana Perhitungan Biaya yang Dibutuhkan?

Paling Cepat Kaya, 4 Zodiak Ini Dikenal Pintar Mengatur Keuangan/Foto: Pexels/Karolina GrabowskaPerhitungan biaya yang dibutuhkan saat mengambil beasiswa/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Beauties, secara garis besar, beasiswa memiliki dua jenis, yaitu full scholarship atau beasiswa penuh. Dana yang akan diberikan meliputi semua aspek seperti tiket penerbangan untuk keberangkatan dan kepulangan, akomodasi selama menempuh studi, asuransi, biaya perkuliahan, buku, biaya penelitian dan banyak hal lainnya.

Namun ada juga beasiswa tidak penuh atau partial scholarship yang biasanya hanya memberikan biaya untuk perkuliahan atau hanya menanggung akomodasi saja. Sehingga untuk hal yang tidak ditanggung oleh pemberi beasiswa, perlu kamu pikirkan untuk bisa memenuhinya untuk mendukung perjalanan studimu berjalan lancar.

Apa yang Ingin Dicapai?

Last but not least, apa mimpi yang ingin kamu capai? Pemilihan beasiswa, program studi hingga universitas pada dasarnya juga dipengaruhi oleh cita-cita yang ingin kamu capai. Ketika kamu bisa melaksanakannya, kamu mampu mengejar karier impian, melakukan hal yang diminati, dapat lebih banyak ruang gerak hingga membantu sesama dari apa yang kamu dapat melalui beasiswa. Hal yang ingin kamu capai mutlak ada di dalam dirimu! 

Kalau kamu belum punya jawaban dari beberapa pertanyaan di atas, it’s totally okay! Kamu bisa menjawab dan meyakinkan dirimu satu persatu. Semangat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id