sign up SIGN UP

Repot Kuliah Sambil Kerja? Tenang, Ini Tips Ampuh Supaya Waktumu Nggak Keteteran

Ruhil Anadiah Sabrina | Jumat, 15 Oct 2021 07:30 WIB
Repot Kuliah Sambil Kerja? Tenang, Ini Tips Ampuh Supaya Waktumu Nggak Keteteran
Foto: Tips Ampuh Membagi Waktu Saat Kuliah dan Kerja Supaya Nggak Keteteran/Pexels.com/Yan Krukov

Kuliah sambil kerja ternyata memiliki tantangan tersendiri. Sebab tidak semua orang mampu menjalani dua rutinitas ini secara bersamaan.

Namun tuntutan ekonomi dan kebutuhan hidup, seringkali memaksa seseorang untuk bekerja meski disambi dengan kuliah. Entah itu bekerja secara part time, freelance, bisnis kecil-kecilan, dan lainnya.

Supaya kuliah juga jalan, tugas tetap dikerjakan, dan waktu nggak keteteran, berikut tips ampuh kuliah sambil kerja yang bisa kamu terapkan. 

Jadikan Kuliah Sebagai Prioritas Utama

Jadikan Kuliah Sebagai Prioritas Utama
Jadikan Kuliah Sebagai Prioritas Utama/pexels.com/@Abby Chung

Tips pertama bagi waktu antara kuliah dan kerja yaitu, menjadikan kuliah sebagai prioritas utama. Ingat tujuan utamamu adalah kuliah, mencari ilmu, meraih gelar sarjana, maka meski sekarang sibuk kerja, kuliah adalah hal utama yang nggak boleh kamu tinggalkan.

Jangan sampai saking asiknya kerja, sudah merasakan punya uang sendiri, dan mendapat pemasukan setiap bulan, jadi malas-malasan untuk belajar. Hmm, jangan seperti itu ya. Sebisa mungkin atur waktumu dengan bijak, tahu kapan waktu untuk kuliah, dan tahu waktu untuk bekerja atau organisasi. 

Pilih Pekerjaan yang Sekiranya Mampu untuk Kamu Jalani

Pilih Pekerjaan yang Sekiranya Mampu
Pilih Pekerjaan yang Sekiranya Mampu untuk Dijalani/pexels.com/@pixabay

Tidak ada yang melarang kok kalau kamu memilih kuliah sambil bekerja. Semua balik sesuai pilihan hidup masing-masing. Ada yang bekerja karena kebutuhan ekonomi, bekerja untuk mencari pengalaman, hingga pekerjaan itu bagian dari hobi.

Namun yang paling penting, pilih pekerjaan yang mampu kamu jalani ketika disambi dengan kuliah. Coba cari pekerjaan yang tidak menyita banyak waktu, misalnya bekerja secara freelance. Atau memilih bisnis kecil-kecilan, bekerja dari hobi, dan lainnya. 

Buat Jadwal Setiap Hari 

Buat Jadwal Setiap Hari
Buat Jadwal Setiap Hari/pexels.com/@Natasha Fernandez

Supaya waktumu nggak keteteran, antara kuliah dan kerja juga seimbang, jangan lupa untuk membuat jadwal harian. Kamu bisa membuat jadwal yang dimulai dari bangun tidur, jadwal kegiatan sehari-hari, untuk kuliah, kapan waktu untuk mengerjakan tugas, kapan harus bekerja, hingga istirahat.

Buatlah jadwal sesuai dengan skala prioritas yang mana kamu urutkan dari hal penting ke yang longgar. Dengan membuat jadwal harian, tentu bisa membantumu mengatur waktu secara maksimal. Sehingga antara kuliah dan kerja nggak saling bertabrakan. 

Jangan Paksakan Diri Jika Capek Istirahat

Jangan Paksakan Diri Jika Capek Istirahat
Jangan Paksakan Diri Jika Capek Istirahat/pexels.com/@ketut subiyanto

Kerja itu capek, kuliah juga capek, apalagi kuliah sambil kerja pasti lebih capek. Maka supaya waktumu nggak berantakan, kuliah berjalan lancar, dan pekerjaan terselesaikan, jangan pernah memaksakan, jika capek istirahatlah.

Karena biasanya saking sibuknya terhadap rutinitas sehari-hari, untuk sekedar mengistirahatkan badan serta pikiran saja nggak sempat. Akibatnya tugas kuliah nggak kekejar, pekerjaan pun berantakan. Maka, pandailah dalam mengatur waktu. 

Itulah beberapa tips mengatur waktu antara kuliah dan kerja yang bisa kamu lakukan Beauties. Semoga membantumu ya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id