sign up SIGN UP

Sebelum Memutuskan Menempuh Pendidikan di Korea, Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu!

| Beautynesia
Minggu, 15 Aug 2021 07:45 WIB
Sebelum Memutuskan Menempuh Pendidikan di Korea, Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu!
caption
Jakarta -

Beauties, kamu pasti pernah menonton adegan drama Korea dengan latar sekolah, bukan? Para murid di sekolah berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, bahkan nggak sedikit yang bersaing untuk mendapatkan juara satu.

Drama Sky Castle dan The Penthouse misalnya, para murid bersaing untuk menjadi yang terbaik di sekolah mereka, bahkan para orangtua juga memiliki harapan yang sangat tinggi pada anak-anak mereka. Benarkah sistem pendidikan di Korea se-ketat itu?

Waktu Durasi Belajar

Adegan drama SKY CastleAdegan drama SKY Castle/ Foto: soompi.com

Melansir asiasociety.org, para siswa sekolah menengah atas belajar di sekolah mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 04.30 sore. Setelah kegiatan belajar mengajar di sekolah usai, para siswa sekolah menengah atas biasanya pergi ke tempat les atau bimbingan belajar.

Ada juga yang pergi ke perpustakaan untuk melanjutkan sesi belajar mereka hingga pukul 22.000 malam. Sementara, untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama memiliki waktu belajar yang lebih pendek.

Siswa Diwajibkan Mengikuti Bimbingan Belajar

Adegan drama The PenthouseAdegan drama The Penthouse/ Foto: soompi.com

Beauties, kamu termasuk tipe siswa yang suka mengikuti bimbingan belajar atau nggak, nih? Kalau kamu menjadi siswa di Korea, maka kamu wajib mengikuti les atau bimbingan belajar. Nggak heran kalau waktu belajar di Korea sangat panjang karena para siswa harus datang ke bimbingan belajar setiap usai sekolah. 

Para orangtua siswa pun rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan tempat bimbingan belajar terbaik untuk anaknya, karena mereka percaya apa yang mereka korbankan akan mendapatkan hasil yang sepadan, demi masa depan pendidikan sang anak.

Mata Pelajaran dan Kurikulum di Sekolah Korea

Adegan drama SKY CastleAdegan drama SKY Castle/ Foto: soompi.com

Ada lima mata pelajaran utama di sekolah Korea, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Studi Sosial, Sains, dan Bahasa Korea. Kelima mata pelajaran tersebut dianggap utama karena berhubungan dengan berbagai pengetahuan di akademi tingkat dunia.

Namun, ada juga mata pelajaran lainnya seperti olahraga, seni, dan sebagainya. Untuk kurikulum, Korea memiliki kurikulum nasional yang dikembangkan dan dipantau oleh Kementerian Pendidikan. Kurikulum ini juga direvisi setiap lima sampai sepuluh tahun.

Fasilitas Pendidikan

Adegan drama The PenthouseAdegan drama The Penthouse/ Foto: koreandramaland.com

Salah satu kelebihannya, Korea menyediakan berbagai fasilitas pendidikan yang lengkap bagi seluruh siswa. Hal ini wajar karena Korea dianggap salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik, sehingga sekolah-sekolah terkenal dan mahal di Korea pun pastinya memiliki fasilitas pendidikan yang memadai.

Akses internet di sekolah atau perpustakaan pun lancar sehingga para siswa bisa menikmati proses belajar baik secara konvensional maupun secara digital. 

Tes Ujian Masuk Universitas

Universitas di KoreaUniversitas di Korea/ Foto: mb.com.ph

Tahapan ini merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan Korea. Karena tes ujian masuk universitas sangat sulit, para orangtua pun sudah mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti bimbingan belajar bahkan saat mereka masih duduk di sekolah dasar.

Ada 3 universitas yang tergolong elite dan bergengsi di Seoul karena kualitas pendidikannya yang juga sangat baik, mereka adalah Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University yang kemudian terkenal dengan singkatan nama "SKY".

Ternyata, sistem pendidikan di Korea sangat ketat ya, Beauties! Kalau kamu ingin bersekolah di Korea, jangan lupa persiapkan dirimu sebaik mungkin, ya!


Our Sister Site

mommyasia.id