STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sederet Drama Korea Ini Terjerat Konflik Distorsi Sejarah, Meskipun Hadirkan Cerita Menarik dan Raih Rating Melejit

Dina Natasya | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 11:30 WIB
Sederet Drama Korea Ini Terjerat Konflik Distorsi Sejarah, Meskipun Hadirkan Cerita Menarik dan Raih Rating Melejit
Poster drama Korea Little Women/ Foto: instagram.com/tvn_drama

Kompleksnya cerita dalam alur drama Korea sangat menentukan kesuksesan, Beauties. Banyak tim produksi drama berani mengambil tantangan untuk mengadaptasi cerita dari sejarah yang pernah terjadi di kehidupan nyata demi menghadirkan cerita baru dan menarik.

Namun tidak semua bentuk adopsi sejarah tersebut dapat diterima oleh pihak bersangkutan. Tak jarang hasil dari adopsi justru menjurus ke arah distorsi sehingga mengundang kritik hingga aksi boikot. Seperti halnya dengan sederet drama Korea yang terjerat konflik distorsi sejarah ini, Beauties!

1. Joseon Exorcist

Poster drama Joseon Exorcist
Poster drama Joseon Exorcist/ Foto: asianwiki.com

Sageuk adalah genre yang setiap judul terbarunya hampir tidak pernah gagal menarik minat pencinta tayangan drama di Korea. Diantisipasi tinggi, dua episode perdana Joseon Exorcist justru menuai banyak kritikan. Pemicu utamanya adalah banyaknya produk, makanan, dan benda sejarah asal China yang dijadikan sebagai properti.

Kisah yang berpusat pada sejarah di era Joseon ini tentunya sama sekali tidak memiliki kaitan dengan budaya China dan menunjukkan bias kepada Proyek Sejarah Timur Laut China.

Oleh karena itu, Joseon Exorcist telah melakukan distorsi terhadap reka sejarah di masa lalu. Meningkatnya kritik dan petisi dari publik membuat drama yang dibintangi oleh Jang Dong Yoon ini tidak melanjutkan penayangan.

2. Snowdrop

Poster Drama Snowdrop
Poster Drama Snowdrop/ Foto: instagram.com/jtbcdrama

Kecaman dan ketegangan dari berbagai pihak meliputi proses perilisan drama Snowdrop. Drama yang sebelumnya sangat dinantikan karena dibintangi oleh Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In ini seketika diminta untuk batal tayang setelah sinopsis singkat drama terungkap.

Kisah perjuangan antara Korea Selatan dan Korea Utara yang diromantisasi dalam plot adalah penyebab utamanya. Tak hanya itu, karakter mata-mata asal Korea Utara yang diperankan oleh Jung Hae In dianggap menyimpang dari sejarah.

Penyimpangan ini karena diceritakan bahwa mata-mata asal Korea Utara tersebut menjadi aktivis pro-demokrasi yang memiliki kaitan erat dengan Pemberontakan Gwangju pada 1980. Meskipun telah diperingatkan dari awal, drama Snowdrop tetap mengudara hingga tamat di JTBC dan Disney+.

3. Narco-Saints

Poster drama Narco-Saints
Poster drama Narco-Saints/ Foto: asianwiki.com

Narco-Saints terjerat konflik distorsi sejarah setelah kurang dari satu minggu sejak total 6 episode diluncurkan secara serentak pada September 2022 lalu. Drama original Netflix ini dianggap memberikan perspektif buruk mengenai negara Suriname.

Dalam drama bertabur aktor veteran tersebut memotret Suriname sebagai negara pusat perdagangan narkoba. Menindaklanjuti hasil produksi film yang berpotensi besar mempengaruhi publik secara luas tentang citra tidak benar Suriname, pemerintahan dari negara bersangkutan menempuh jalur hukum dan protes ke pemerintahan Korea Selatan.

Pencemaran nama baik negara ini juga menyebabkan warga Korea yang tinggal di Suriname terancam keselamatannya akibat penayangan drama Narco-Saints.

4. Little Women

Poster drama Little Women
Poster drama Little Women/ Foto: instagram.com/tvn_drama

Sejak memulai penanyangan perdananya pada awal September 2022 lalu, Little Women sukses mendapatkan minat besar dari publik. Perolehan rating terus menunjukkan peningkatan signifikan di setiap episode terbaru.

Di tengah populernya drama yang dibintangi oleh Kim Go Eun ini dibicarakan terjadi konflik distorsi sejarah. Dikutip dari media soompi, pendistorsian sejarah mulai disadari ketika tokoh pahlawan fiktif, Jendral Won Ki Sun sebagai ketua komunitas Jeongran mengungkapkan bahwa dirinya membawa kembali anggrek hantu biru selama melakukan dinas militer terhormat serta setiap prajurit Korea membunuh 20 tentara Vietnam. Ilustrasi sejarah yang melenceng ini membuat drama Little Women diberhentikan tayang di Netflix Vietnam.

Itulah Beauties, sederet drama Korea yang cukup disayangkan penayangannya karena mengandung unsur distorsi sejarah. Akibat dari beberapa kasus ini, maka kita harus lebih bijak dalam menerima adegan drama adaptasi sejarah, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE