sign up SIGN UP

Selain Bikin Cantik, Ini Manfaat dan Rekomendasi Tanaman Hias untuk Disimpan di Dalam Rumah

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Minggu, 03 Jul 2022 17:30 WIB
Selain Bikin Cantik, Ini Manfaat dan Rekomendasi Tanaman Hias untuk Disimpan di Dalam Rumah
caption

Tanaman hias merupakan berbagai jenis tanaman rambat, semak, tema, maupun pohon yang bisa di letakkan di pekarangan rumah hingga dalam rumah. Biasanya bentuknya cenderung kecil, tidak berbahaya, dan terlihat indah. Selain untuk mempercantik rumah, tanaman hias dipercaya bisa membuat suasana ruangan lebih asri.

Kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah saja, membuat sebagian orang khususnya ibu-ibu meluangkan waktunya untuk mengurus tanaman hias. Pasalnya, kegiatan tersebut bisa mengurangi rasa bosan sekaligus bermanfaat baik untuk lingkungan rumah.

Nah, kira-kira apa manfaat dan rekomendasi tanaman hias apa saja yang cocok untuk di letakkan di dalam rumah? Simak yuk!

Apa Manfaat Tanaman Hias dalam Ruangan?

Sebelum masuk ke daftar tanaman hias untuk ruangan, ada baiknya kita mengetahui manfaat dari adanya tanaman dalam ruangan. Dikutip dari Healthline, peneliti menemukan bahwa ruangan dengan tanaman memiliki debu dan jamur yang lebih sedikit dibandingkan ruangan tanpa tanaman.

Hal ini dikarenakan daun merupakan filter alami dalam suatu ruangan tertutup. Selain itu, tanaman juga berfungsi sebagai pelembab sekaligus pengharum ruangan alami loh!

Macam-macam Tanaman Hias Ruangan

Beauties, ini dia rekomendasi tanaman hias untuk di dalam ruangan. Apa saja ya?

1. Monstera

tanaman hias monstera
tanaman monstera/foto: pinterest.com/z

Bagi kawula muda, pasti pernah melihat tanaman estetik satu ini di Instagram maupun di pinterest. Yap, itu dia Monstera.

Monstera sendiri memiliki daun lebar dengan potongan di kanan-kirinya. Sebenarnya yang membuat tanaman ini estetik adalah bentuk daunnya yang unik dan warnanya yang selalu pas di taruh di sudut ruangan manapun. Sehingga menimbulkan kesan homey dan tenang.

2. Cemara Cina

tanaman hias cemara cina
golden bonsai/foto: pinterest.com/House Prettify

Umumnya, pohon cemara ditanam di luar ruangan karena pohonnya yang tinggi besar. Pohon cemara memiliki manfaat seperti meredakan stres, sebagai hiasan dan dekorasi ruangan, hingga dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Salah satu jenis pohon cemara yang cocok untuk dekorasi dalam ruang adalah Cemara Cina atau biasanya disebut Chinese gold tree. Cemara ini masuk ke dalam kategori unik dikarenakan daunnya yang berwarna kuning. Walau begitu, warna kuning tersebut tetap menunjukkan betapa sehatnya si cemara mini itu.

3. Anggrek

tanaman hias anggrek
anggrek/foto: pinterest.com/nila

Anggrek merupakan tanaman sejuta umat sejak jaman dahulu kala. Tanaman hias satu ini sangat fleksibel ditaruh dimanapun, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Hal ini dikarenakan media tanamannya yang simpel dan tahan akan berbagai cuaca yang tak menentu. Selain itu, bunganya yang indah saat bermekaran juga menambah panorama keindahan tata ruangan.

Itu dia manfaat dan rekomendasi tanaman hias dalam ruangan, Beauties. Nah, tanaman hias nomor berapa nih yang kamu suka?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id