sign up SIGN UP

Selain Bikin Happy, Hewan Peliharaan Bisa Menjaga Kesehatan Mental Kamu

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 28 Nov 2020 16:15 WIB
Selain Bikin Happy, Hewan Peliharaan Bisa Menjaga Kesehatan Mental Kamu
caption

Hewan peliharaan seperti kucing atau anjing memang melengkapi suasana rumah. Ketika bosan melanda, kamu bisa bermain dengan hewan-hewan lucu ini misalnya mengajak jalan-jalan sore atau menemani ketika sedang mengerjakan tugas sekolah atau kampus.

Memiliki hewan peliharaan ternyata bisa menyehatkan lho. Sebab ketika bermain dengan hewan kesayangan maka hormon kortisol akan menurun, sehingga jantungmu lebih sehat.

Tidak hanya bermanfaat di bidang kesehatan, memelihara hewan juga mampu menjaga kesehatan mental. Kok bisa sih? Simak ulasan ini ya.

Meningkatkan Mood

Mood
Hewan Peliharaan Bisa Meningkatkan Mood/ Foto: freepik.com

Jenuh dengan pekerjaan seharian atau sebel karena pasangan tiba-tiba membatalkan kencan tentu membuat mood-mu mendadak down ya, Ladies. Tapi jangan kemudian marah-marah tidak jelas, apalagi sampai banting-banting barang.

Segera alihkan dengan bermain-main bersama dengan hewan peliharaan. Tingkah lucu mereka pasti membuatmu gemas dan bisa membuat mood-mu meningkat. 

Menghilangkan Kesepian

Ditemani Hewan Kesayangan
Ditemani Hewan Kesayangan/ Foto: freepik.com

Tujuan banyak orang memiliki hewan peliharaan adalah menjadikannya sebagai teman, sehingga bisa menghilangkan kesepian. Hewan-hewan tersebut dianggap loyal sehingga sangat cocok dijadikan teman di kala sepi. Ketika kamu pulang dari aktivitas, kamu sudah disambut hewan kesayangan di depan rumah. Sungguh bisa menceriakan hari-harimu ya, Ladies.

Mengurangi Stres

Hewan Kesayangan
Berjalan Bersama Hewan Kesayangan/ Foto: freepik.com

Stres bisa menyerangmu kapan saja. Agar tidak semakin parah, coba bermain-mainlah dengan hewan kesayangan. Bermain dengan hewan kesayangan mampu meningkatkan hormon oksitosin sehingga membuatmu lebih bahagia. Bermain dengan hewan kesayangan juga membuatmu lebih rileks dan tenang sehingga terhindar dari stres.

Meningkatkan Sosialisasi

Komunitas Hewan
Komunitas Hewan Kesayangan/ Foto: freepik.com

Kebanyakan orang yang memiliki hewan peliharaan biasanya mengikuti komunitas atau group di media sosial yang khusus membahas hewan peliharaan tertentu. Contohnya bila kamu seorang pecinta kucing, maka besar kemungkinan kamu akan mengikuti komunitas yang khusus membahas kucing, termasuk cara merawat kucing dengan baik atau kamu bisa saling posting foto hewan kesayanganmu tersebut.

Dengan adanya komunitas tersebut, kamu bisa menambah teman baik di dunia maya atau bisa bertemu di acara tertentu. Kamu juga bisa mengikuti festival atau lomba hewan peliharaan yang sering diadakan oleh komunitas-komunitas pecinta hewan.

Meningkatkan Kepedulian

Penyayang
Menjadi Lebih Penyayang/ Foto: freepik.com

Memiliki hewan peliharaan dapat membuat kamu menjadi seorang penyayang. Ketika hewan kesayangan sakit, maka dengan sigap kamu akan mencari berbagai cara agar hewan segera sembuh.  Kamu juga akan lebih bersimpati ketika melihat hewan di luar sana yang tersakiti.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id