STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Selain Bisa Mengontrol Emosi, 5 Ciri Ini Buktikan Seseorang Miliki Kecerdasan Emosional!

aqillah diaz | Beautynesia
Rabu, 23 Feb 2022 08:00 WIB
Selain Bisa Mengontrol Emosi, 5 Ciri Ini Buktikan Seseorang Miliki Kecerdasan Emosional!

Kecerdasan seseorang tidak hanya bisa diukur melalui kecerdasan intelektual saja, namun terdapat kecerdasan lain yang dapat menyeimbangkan kecerdasan seseorang, yakni kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengenali dan mengelola emosi atau perasaan dalam diri sendiri dan orang lain. 

Bahkan, memiliki kecerdasan emosional yang tinggi merupakan salah satu hal yang dapat membuat seseorang menyeimbangkan kecerdasan emosional dan performa kerja, sehingga apabila semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional seseorang maka semakin bagus performa kerjanya. Tak hanya dapat membangun karier, namun dengan memiliki kecerdasan emosional juga dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan diri sendiri.

Kira-kira ciri apa saja seseorang yang memiliki kecerdasan emosional? Berikut penjelasannya, Beauties!

1. Dapat Mengontrol Emosi

Dapat Mengontrol Emosi / foto : pexels.com/DavidGarrison
Dapat Mengontrol Emosi / foto : pexels.com/DavidGarrison

Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik tentunya dapat mengontrol emosi. Jika kamu memiliki kecerdasan emosional yang baik kamu dapat merasakan tenang meskipun kamu sedang berada di posisi yang cukup membuatmu tertekan. Hal ini juga dapat diketahui bahwa seseorang juga mampu untuk menyeimbangkan perasaannya baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Tak hanya itu, seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik juga tidak akan menyimpan amarah di dalam hatinya dan tidak akan berlama-lama jika menyimpan amarah, karena ia akan lebih fokus untuk mencari solusi keluar dari suatu permasalahan.

2. Memiliki Kemampuan Self Awareness

Memiliki Kemampuan Self Awareness / foto : pexels.com/RaduFlorin
Memiliki Kemampuan Self Awareness / foto : pexels.com/RaduFlorin

Self awareness adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk mengerti atas emosi yang dirasakannya, sehingga seseorang dapat mengetahui akibat yang terjadi karena tindakan yang dilakukannya terhadap orang lain. Kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh tiap individu agar ia dapat mengeluarkan perilaku yang tepat pada lingkungannya. 

Tak hanya itu, seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi juga akan lebih mengenali kelebihan dan kemampuan yang dimiliki, sehingga mereka dapat mengelola potensi yang mereka miliki, termasuk mengambil keputusan dengan tepat dan baik.

3. Berempati

Berempati / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Berempati / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Ketika seseorang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, seseorang akan lebih memiliki perasaan empati terhadap sesama, karena ia dapat mengerti, merasakan, dan membayangkan yang dirasakan oleh orang lain. Hal ini juga dapat membangun kepercayaan dengan orang lain. Seseorang yang memiliki empati, ia akan dapat memberikan perhatian penuh kepada orang lain dan memberikan waktu untuk memahami yang orang lain katakan dan rasakan.

Eits, ternyata ada manfaat lain jika kamu memiliki perasaan empati, seperti membantu individu lebih taat pada peraturan sosial, membangun hubungan sosial yang baik, meningkatkan kesehatan mental dan fisik, serta melatih perilaku saling menolong antar individu. 

4. Mampu Menjadikan Kesalahan sebagai Pembelajaran yang Berharga

Mampu Menjadikan Kesalahan sebagai Pembelajaran yang Berharga/ foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Mampu Menjadikan Kesalahan sebagai Pembelajaran yang Berharga/ foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Tentunya tiap orang tidak luput dari kesalahan, tetapi jika seseorang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi ketika ia pernah melakukan kesalahan, ia akan menjadikan kesalahan sebagai pengalaman dan pembelajaran. Mengingat bahwa kesalahan yang diperbuat dapat memicu stres dan memunculkan penyakit sehingga jangan sampai kamu mengulang kesalahan yang sama.

5. Mengetahui Kelebihan dan Batas dalam Diri

Mengetahui Kelebihaan dan Batas dalam Diri / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Mengetahui Kelebihaan dan Batas dalam Diri / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Orang yang memiliki kecerdasan emosional akan mengetahui kelebihan, keunggulan, dan kemampuan yang dimilikinya. Mereka juga akan mengerti batasan dalam bertindak, sehingga tidak akan bertindak semaunya sendiri.

Kemampuan dan kelebihan yang dimiliki juga dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat menghasilkan sesuatu hal yang positif. Namun, pastinya seseorang juga memiliki kekurangan dan seseorang yang memiliki kecerdasan emosional ia akan dapat mengakui kekurangan dan akan terus belajar untuk memperbaikinya.

Itulah 5 ciri seseorang yang memiliki kecerdasan emosional. Jika dirasa kamu belum memiliki kecerdasan emosional yang maksimal, kamu bisa mulai melatihnya dari sekarang. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE