sign up SIGN UP

Selain Red Flag, Kenali Juga Yellow dan Orange Flag dalam Hubungan yang Perlu Diwaspadai!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 22 Dec 2021 23:30 WIB
Selain Red Flag, Kenali Juga Yellow dan Orange Flag dalam Hubungan yang Perlu Diwaspadai!
caption
Jakarta -

Pembahasan toxic relationship alias hubungan beracun akhir-akhir ini memang semakin sering diperbincangkan, melihat dari kasus kekerasan dalam hubungan yang marak terjadi. Ada hal-hal yang bisa menjadi pertanda atau sinyal apakah suatu hubungan berbahaya atau tidak. Sinyal tersebut biasa dikenal dengan istilah red flag.

Istilah red flag belakangan ini semakin sering terdengar dan digunakan untuk membicarakan toxic relationship. Red flag sendiri adalah sifat dan perilaku pasangan yang bisa menjadi pertanda sebuah hubungan yang tidak sehat.

Namun selain red flag, ada pula istilah yellow flag dan orange flag dalam hubungan yang juga perlu diwaspadai, lho! Melansir dari Well and Good, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Yellow Flag

Setelah kamu dan pasangan merasa tenang, cobalah berbicara baik-baik dengannya.Ilustrasi pasangan/Foto: Freepik/our-team

Yellow flag dalam hubungan menggambarkan sesuatu yang cenderung tidak berbahaya atau menjadi ancaman serius bagi hubungan. Yellow flag lebih kepada kesamaan yang tidak dimiliki antar pasangan.

Menurut terapis pernikahan dan keluarga, Jacqueline Mendez, yellow flag merupakan tanda untuk bernegosiasi dalam hubungan. Sebagai contoh, kamu mungkin seseorang yang sangat menyukai musik Pop, namun pasangan menyukai genre lain.

Hal ini sebenarnya bukan masalah besar, mengingat kamu mungkin bisa mendengarkan musik yang kalian berdua sukai saat bersama, atau pergi ke konser musisi favorit seorang diri. Namun, perbedaan selera tersebut bisa jadi berubah menjadi orange flag, tergantung bagaimana kamu dan pasangan menyikapi perbedaan tersebut.

Orange Flag

Bertengkar dengan Pasangan | Foto : freepik.com/yanalyaIlustrasi bertengkar dengan pasangan/Foto: Freepik.com/yanalya/ Foto: Rani Mutiara

Menurut Mendez, orange flag cenderung lebih mengarah pada masalah kekuasaan dan kontrol. Mengambil contoh selera musik sebelumnya, orange flag dapat terlihat ketika pasangan mengatakan, "Aku tidak suka mendengarkan musik Pop di mobil. Aku benci musik Pop."

Dalam hal ini, alih-alih menghormati selera orang lain, pasangan malah menunjukkan sikap mengontrol dengan mendikte terkait apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Selain preferensi pribadi seperti musik dan film, orange flag dalam hubungan juga dapat ditemukan pada pembahasan seputar agama, anak, uang, dan hal-hal lainnya yang biasanya berkaitan dengan kekuasaan.

Lebih lanjut, menurut terapis pernikahan dan keluarga, Karla Zambrano-Morrison, orange flag juga bisa terlihat dalam bentuk ketika kamu jarang melakukan hal yang disukai hingga mengabaikan apa yang diyakini semata-mata karena pasangan. Kamu juga cenderung lebih memprioritaskan kebutuhan dan keinginan pasangan dibanding diri sendiri.

Perbedaan Red Flag dan Orange Flag

pertengkaran sepele yang sulit dihindari daat menjalin hubunganIlustrasi bertengkar/Foto: Freepik

Lantas, apa perbedaan red flag dan orange flag? Menurut Mendez, red flag berarti batas seseorang sedang dilanggar, seperti prinsip, ide, bahkan fisik. Sedangkan orange flag tidak selalu mencerminkan batasan yang dilanggar, namun ada bukti bahwa hal tersebut akan segera terjadi.

Sebagai contoh, jika pasangan mengatakan bahwa kamu tidak bisa mendengarkan lagu Pop di dalam mobil dan kamu lantas berpikir kamu bisa mendengarkannya di rumah, ini pertanda orange flag. Sedangkan red flag lebih mengarah kepada bagaimana cara kamu berkomunikasi tentang masalah tersebut.

Misal, jika mendengarkan lagu Pop di dalam mobil malah menyebabkan pertengkaran daripada mengarah ke percakapan atau penyelesaian yang produktif dan sehat, hingga melarangmu mendengarkan lagu tersebut di manapun, ini bisa jadi tanda red flag.

Cara Mengatasi Red, Orange, dan Yellow Flag dalam Hubungan

Pasangan bertengkarIlustrasi pasangan/Foto: Freepik.com/couple

Setelah kamu mampu mengidentifikasi red, orange, dan yellow flag dalam suatu hubungan, lantas apa yang bisa dilakukan?

"Mulailah dengan mengatasi red flag, karena sangat penting untuk menetapkan batasan terlebih dahulu," ungkap Mendez.

Kembali lagi ke contoh selera musik yang mungkin menjadi red flag bagimu, cobalah sampaikan kepada pasangan dan amati reaksinya. Jika pasangan tidak mau bernegosiasi, tanyakan pada diri sendiri apakah red flag tersebut bisa menjadi sesuatu yang mengakhiri hubungan.

Namun, red flag bisa berubah menjadi orange flag ketika pasangan mau mendengarkan dan bernegosiasi. Mungkin kamu bisa mendengarkan lagu Pop dalam durasi tertentu ketika kalian berada di dalam mobil.

Orange flag kemudian bisa berubah menjadi yellow flag ketika pasangan memperbolehkanmu mendengarkan lagu Pop kapanpun dan di manapun, namun tetap berusaha untuk menghargai fakta bahwa genre tersebut bukan favoritnya. Dalam hal ini, kamu dan pasangan setuju untuk saling menghormati batasan masing-masing.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id