sign up SIGN UP

Sebelum Resmi Jadian, Kenali 'Red Flag' Dalam Hubungan yang Perlu Kamu Waspadai

Risma Oktaviani | Minggu, 12 Sep 2021 23:00 WIB
Sebelum Resmi Jadian, Kenali 'Red Flag' Dalam Hubungan yang Perlu Kamu Waspadai
Foto: Kenali 'Red Flag' Dalam Hubungan yang Perlu Kamu Waspadai/Freepik.com/drobotdean

Menjalin hubungan dengan orang yang kamu suka tentunya menjadi hal yang dapat membuat perut kamu serasa dihinggapi ribuan kupu-kupu yang sedang beterbangan. Namun, tak jarang perasaan itu membuat kamu menutup mata dan mengabaikan hal-hal penting yang sebenarnya dapat membuat kamu terjebak dalam toxic relationship.

Mencari cara membangun hubungan yang baik dengan pasangan adalah hal yang penting. Akan tetapi, mengenali red flag dari perilaku pasangan kamu juga nggak kalah penting agar kamu nggak terjebak dari hubungan yang nggak sehat.

Dalam sebuah hubungan, red flag artinya tanda bahwa orang tersebut mungkin nggak bisa memiliki hubungan yang sehat dan melanjutkan jalan bersama, karena akan berbahaya secara emosional. Berikut adalah tiga red flag yang harus kamu waspadai sebelum menjalin hubungan.

1. Nggak Mau Berkomitmen

menghindari komitmen
menghindari komitmen / freepik.com / cookiestudio

Kamu mungkin saling memberi kabar 24/7, saling memberikan perhatian, dia sering mengajakmu jalan, namun hubungan kalian hanya di situ aja, dia nggak mau memberikan status secara jelas atau ‘memiliki’ kamu. Jika dia menghindar saat disinggung mengenai komitmen, mungkin saja kamu hanya dijadikan sebagai pengganti atau hanya sosok saat dia butuh saja.

Pada saat seperti ini, kamu bisa memikirkan ulang apakah hubungan itu layak untuk dipertahankan sambil berharap dia mengubah pikirannya atau kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan yang nggak jelas dan membuang-buang waktu dengan orang yang nggak ingin mengakui kamu.

2. Narsistik

narsistik
narsistik / freepik.com / tirachardz

Narsisme mencakup berbagai macam karakteristik dan perilaku. Secara umum, orang berkepribadian narsistik memiliki kompleks superioritas, seperti hak, kurangnya akuntabilitas diri, kurangnya empati, dan sebagainya.

Dalam sebuah hubungan, pasangan kamu lebih cenderung manipulatif dan nggak mau berkomitmen jangka panjang. Dia memandang pasangannya sebagai piala di bawah kekuasaan mereka dan mungkin mengharapkan kamu untuk menunjukkan sikap hormat dan menjadi penurut. Manipulasi pasangan adalah pelecehan emosional, dan dia menggunakan beberapa perilaku yang cukup rendah jika mereka merasa kehilangan pegangan pada pasangan.

3. Abusive Relationship

perilaku abusive
perilaku abusive / foto : freepik

Segala bentuk kekerasan dalam hubungan atau abusive relationship menjadi red flag yang paling besar yang harus kamu hindari. Abusive Relationship adalah suatu hubungan yang disertai dengan tindak kekerasan baik fisik, verbal, emosional, seksual, maupun finansial.

Pasangan kamu memperlakukan kamu dengan buruk, menyakiti kamu sehingga kamu merasa kehilangan diri kamu sendiri. Perilaku abusive dapat menyebabkan kamu merasa terisolasi, takut, dan nggak percaya diri, hingga depresi.

Beauties, itu dia red flag dalam hubungan yang perlu kamu waspadai. Ada baiknya memang, sebelum hubungan berjalan kamu dan dia harus sama-sama tau bagaimana cara membangun hubungan yang baik dengan pasangan. Hal ini untuk menciptakan hubungan romantis dan bahagia.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id