sign up SIGN UP

Selalu Gunakan Topeng Kebahagiaan, 4 Dampak Ini Akan Kamu Rasakan Jika Sering Berpura-pura Bahagia dalam Hidup

Ruhil Anadiah Sabrina | Beautynesia
Jumat, 13 Aug 2021 16:30 WIB
Selalu Gunakan Topeng Kebahagiaan, 4 Dampak Ini Akan Kamu Rasakan Jika Sering Berpura-pura Bahagia dalam Hidup
caption

Dalam hidup rasanya nggak mungkin kalau isinya cuma happy dan senang-senang doang. Pasti kita bakal mengalami yang namanya kesedihan, dihadapkan cobaan, tantangan, dan sebagainya.

Nah ketika dihadapkan dengan penderitaan, kadang diri ini rela untuk berpura-pura bahagia, dengan melihatkan senyuman di tengah hati sedang remuk. Padahal pura-pura bahagia hanya membuat hati terluka semakin lama untuk sembuh. Nah berikut empat dampak jika sering berpura-pura bahagia. Simak di sini yumk, Beauties!

1. Sulit untuk Menikmati Hidup

sulit menikmati hidup
sulit menikmati hidup/pexels.com/leah kelley

Dampak pertama jika sering berpura-pura bahagia yaitu, kamu jadi sulit menikmati hidup. Bagaimana bisa menikmati hidupmu saat ini jika sering membohongi diri sendiri, melihatkan senyuman padahal hati sedang hancur berkeping-keping, dan kebohongan yang lain.

Nggak usahlah membohongi diri, jika sedang tidak baik-baik saja nggak masalah kok. Bukankah hidup memang seperti ini kadang di atas kadang juga di bawah. Nikmati saja, anggap ini bagian dari sebuah perjalanan. 

2. Membuat Hati Semakin Tidak Bahagia

membuat hidup nggak bahagia
membuat hidup nggak bahagia/pexels.com/tobi

Apa yang bisa membuat bahagia dari sebuah kebohongan? Rasanya nggak ada, justru kita bakal dihantui oleh perasaan tidak tenang dan penyesalan di kemudian hari. Memang kamu bisa menampilkan senyum palsu, melihatkan tawa lebar seakan hidup baik-baik saja, padahal jauh di lubuk hati kamu tengah terluka. Namun tenang roda hidup akan terus berputar, hari ini sedang terluka semoga besok lekas berganti tawa. 

 3. Membuatmu Tambah Stres dan Tertekan

membuatmu tambah stres dan tertekan
membuatmu tambah stres dan tertekan/pexels.com/keenan costance

Dampak selanjutnya jika sering berpura-pura bahagia yaitu, membuatmu tambah stres dan tertekan. Senyum palsu yang kamu tunjukkan supaya terlihat baik-baik saja hanya akan membuatmu jadi tertekan sendiri.

Oleh karena itu jangan pernah menahan perasaanmu, ungkapkan dan ekspresikan apa yang kamu rasa, supaya emosi yang ada dalam diri tidak terpendam. Dengan mengekspresikan perasaan setidaknya bisa membuat batinmu lebih tenang.

4. Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri

tidak bisa menjadi diri sendiri
tidak bisa menjadi diri sendiri/pexels.com/kat jayne

Selain tiga poin di atas dampak terakhir sering pura-pura bahagia yaitu, kamu nggak bisa menjadi diri sendiri. Karena sering memanipulasi keadaan alhasil jadi lupa untuk menjadi sosok yang apa adanya. Sering memakai "topeng" kehidupan inilah pada akhirnya kamu jadi sulit menemukan kebahagiaan sesuai versimu.

So, nggak perlu membohongi diri hanya demi penilaian orang lain, tampilkan saja dirimu yang sesungguhnya supaya mudah menemukan kebahagiaan yang sebenarnya. 

Beauties apakah kamu sekarang sudah menemukan kebahagiaan tanpa ada kepura-puraan? Kalau iya selamat, semoga kamu bisa tetap jadi sosok yang apa adanya. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id