STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Selamat dari Percobaan Bunuh Diri, Constance Wu Bagikan Kisah saat Jadi Korban Pelecehan dan Bullying

Retno Anggraini | Beautynesia
Selasa, 25 Oct 2022 07:30 WIB
Selamat dari Percobaan Bunuh Diri, Constance Wu Bagikan Kisah saat Jadi Korban Pelecehan dan Bullying

Aktris Constance Wu telah terbuka tentang bagaimana dia menemukan perawatan yang tepat setelah berhasil selamat dari percobaan bunuh diri dalam wawancaranya di Good Morning America dan Red Table Talk.

Bintang Crazy Rich Asians ini juga berbicara mengenai kembalinya dia ke media sosial setelah vakum selama tiga tahun, mengalami pelecehan seksual di lokasi syuting Fresh Off the Boat, dan kesadaran kesehatan mental dalam komunitas Asia-Amerika.

Constance Wu bagikan kisah selamat dari percobaan bunuh diri
Constance Wu/Foto: Instagram.com/donatella_versace

Aktris berusia 40 tahun ini mengatakan mulai mengalami masalah kesehatan mental saat dirinya membuat tweet di Twitter tentang kekecewaannya terhadap serial Fresh Off the Boat dan berujung mendapatkan serangan balik melalui online.

"Penampilan saya dibatalkan dalam acara tersebut karena dianggap tidak tahu berterima kasih. Dan hal yang paling menyakitkan dari semuanya adalah komunitas Asia-Amerika yang paling mengucilkan atau menghindari saya," kata Wu kepada Good Morning America.

Melansir SELF, Wu mengatakan kepada Red Table Talk bahwa dia pernah mencoba bunuh diri setelah membaca pesan yang dikirim oleh aktor Asia-Amerika lain yang mengkritik tweetnya. Beruntung teman Wu yang saat itu mengunjungi sang aktris berhasil menyelamatkan hidupnya dan membawa sang aktris ke ruang gawat darurat psikiatri.

Constance Wu bagikan kisah selamat dari percobaan bunuh diri
Constance Wu/Foto: Instagram.com/carolinadali

"Saya harus menjalani terapi dengan psikiater dan psikolog setiap hari untuk sementara waktu," kata Wu. Dia juga sudah mulai menjalani pengobatan yang membantu, meskipun membutuhkan beberapa waktu untuk menemukan pengobatan apa yang tepat untuk masalah yang Wu hadapi.

Ketika ditanya bagaimana proses penyembuhannya, Wu menjawab, "Saya membutuhkannya, saya tidak aman saat itu. Saya berada di tempat di mana saya memiliki keinginan untuk memukuli diri saya sendiri. Sangat memalukan dan saya merasa seperti saya telah menghancurkan segalanya untuk semua orang."

Constance Wu bagikan kisah selamat dari percobaan bunuh diri
Constance Wu/Foto: Instagram.com/erikavanessa

Setelah vakum dari media sosial selama tiga tahun, Wu kembali ke Twitter pada Juli lalu untuk mengumumkan peluncuran buku terbarunya berjudul Making a Scene yang terbit pada Selasa (4/10). Dalam pernyataan tersebut, Wu menjelaskan mengapa dia vakum dari media sosial dan menunda kariernya, serta menyerukan percakapan yang lebih luas tentang kesehatan mental dalam komunitas Asia-Amerika.

"Itu adalah momen menakutkan yang membuat saya banyak menilai kembali kehidupan saya," tulisnya. "AsAms (Asia-America) tidak cukup berbicara tentang kesehatan mental, ada banyak penghindaran seputar masalah yang lebih tidak nyaman dalam komunitas kami. Bahkan tweet saya menjadi topik yang sensitif sehingga sebagian rekan AsAms saya memutuskan bahwa inilah saatnya untuk menghindari dan membuat saya keluar dari komunitas."

Constance Wu bagikan kisah selamat dari percobaan bunuh diri
Constance Wu/Foto: Instagram.com/alma_row

Wu mengatakan dia belajar banyak dari pengalaman itu, meskipun pengalaman tersebut adalah salah satu momen yang paling menantang dalam hidupnya. "Saya akui itu sangat menyakitkan, tetapi itu juga membuat saya sadar betapa pentingnya menjangkau dan merawat orang-orang yang mengalami masa sulit," kata Wu dalam pernyataan di Twitter-nya.

"Itulah sebabnya saya menulis buku dan mengapa saya ada di sini hari ini. Untuk menjangkau dan membantu orang membicarakan hal-hal yang tidak menyenangkan untuk memahaminya, untuk memperhitungkannya, dan membuka jalan menuju penyembuhan," tuturnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE