sign up SIGN UP

Sering Cemas di Pagi Hari? Ini 3 Tips Jitu Atasi Morning Anxiety, Wajib Coba!

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 01 Nov 2021 09:45 WIB
Sering Cemas di Pagi Hari? Ini 3 Tips Jitu Atasi Morning Anxiety, Wajib Coba!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah merasa cemas atau overthinking di pagi hari bahkan sebelum memulai aktivitas? Jika ya, kamu tidak sendirian. Hal ini biasa disebut dengan morning anxiety.

Melansir dari Healthline, meskipun bukan istilah medis, kecemasan di pagi hari mengacu pada bangun dengan perasaan stres dan khawatir. Jika kita menghadapi kecemasan, kekhawatiran, dan stres yang berlebihan di pagi hari, ada kemungkinan kita juga mengalami kecemasan secara umum.

Menurut Natalie Wallace, seorang ahli terapi perilaku di New York, sangat normal jika kita terbangun di pagi hari dengan perasaan cemas atau panik. Rasa cemas tersebut bisa jadi berasal dari mimpi buruk yang dialami. Hal ini bisa juga terjadi karena rasa gelisah terkait aktivitas yang menunggu setelah bangun tidur.

Walaupun dianggap normal, namun hal ini bisa menghambat kita untuk menjalani aktivitas secara maksimal. Namun jangan khawatir! Melansir dari Healthline, intip tips jitu di bawah ini untuk mengatasi morning anxiety, yuk disimak!

Mengubah Gaya Hidup

Sederet fakta penting tentang gangguan makan, wajib tahu!/ Foto: Freepik.comTerapkan gaya hidup sehat untuk atasi cemas di pagi hari/Foto: Freepik

Apa yang kita konsumsi di pagi hari dapat berkontribusi para tingkat kecemasan yang lebih tinggi di pagi hari, contohnya seperti kafein dan gula. Namun, gula darah rendah karena kekurangan makanan juga bisa membuat rasa cemas semakin parah, lho!

Nah, untuk mengatasinya cobalah untuk mengubah gaya hidup. Banyak perubahan gaya hidup dapat membantu kita mengelola kecemasan pagi hari, seperti tidur yang cukup, membatasi konsumsi alkohol, makan makanan yang sehat dan membatasi makanan mengandung gula berlebih, serta mengurangi tingkat stres di tempat kerja dan rumah.

Rutin Olahraga

Lakukan olahraga di rumah secara teraturLakukan olahraga di rumah secara teratur/ Foto: Freepik/Tirachardz

Olahraga adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa cemas di pagi hari ketika bangun tidur. Aktivitas apapun, bahkan seperti berjalan-jalan santai, memiliki beragam efek yang baik bagi tubuh.

Mulai dari mengurangi gejala kecemasan, memperbaiki suasana hati, hingga membantu kita untuk merasa lebih santai dan siap menjalani aktivitas. Coba untuk rutin berolahraga setidaknya lima hari per minggu selama 30-45 menit setiap sesi.

Melatih Mindfulness dan Meditasi

Meditasi bisa mengurangi gejala depresiMeditasi bisa mengurangi cemas di pagi hari/Foto: Freepik

Tujuan dari melakukan mindfulness dan meditasi adalah untuk menyadari, mengamati, serta memperhatikan pikiran, perasaan, dan keadaan tubuh ketika bangun tidur tanpa bereaksi terhadapnya atau mempercayainya sebagai suatu kenyataan. Dengan menyortir hal-hal yang bersifat 'pikiran saja' dan kenyataan, hal ini dapat membantu kita mengurangi morning anxiety atau rasa cemas di pagi hari.

Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id