sign up SIGN UP

Rayakan World Mental Health Day, Ini 5 Tips Mengurangi Tingkat Kecemasan Selama Masa Pandemi Covid-19

Cynthia Claudia | Minggu, 10 Oct 2021 06:15 WIB
Rayakan World Mental Health Day, Ini 5 Tips Mengurangi Tingkat Kecemasan Selama Masa Pandemi Covid-19
caption

World Mental Health Day 2021 selalu dirayakan setiap tanggal 10 Oktober 2021, Beauties! Apa persiapan yang telah kamu lakukan untuk meningkatkan mental health-mu? 

Tidak jarang kita masih mengalami tingkat kecemasan yang tinggi di masa pandemi. Menjaga mental health pasalnya juga penting agar kita bisa menjalankan rutinitas keseharian secara produktif. 

Yuk, simak tips mengurangi kecemasan berlebihan untuk menjaga mental health selama masa pandemi berikut ini, Beauties!

1. Mengendalikan Diri Sendiri 

mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels
mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi kecemasan dan stres adalah mengendalikan diri sendiri ketika membaca berita mengenai COVID-19. Berita seputar COVID-19 memang terkadang terasa mengerikan, namun kita bisa mengendalikan pikiran agar tetap tenang dan tidak cemas dengan situasi yang ada. 

Mungkin ada berita dimana keluarga dekat terdampak dan membuat kita khawatir, Beauties. Namun, pahami bahwa kita harus tetap tentang dan mampu mengendalikan respon dan perilaku kita, untuk mengambil keputusan yang bijak. Mengambil keputusan yang bijak dimulai dari mencari fakta-fakta yang mampu mengurangi tingkat kecemasan kita. 

2. Olahraga Teratur

mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels
mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels

Sibuknya rutinitas harian membuat kita lupa olahraga, padahal olahraga juga penting. Olahraga yang dilakukan teratur akan membantu mengurangi kecemasan dan depresi, karena meningkatkan hormon endorphins yang memengaruhi mood kita. 

Sempatkan olahraga ringan di pagi hari atau sore hari. Setidaknya 15-30 menit sehari untuk jalan pagi di sekitar rumah, melakukan stretching ringan, ataupun yoga untuk mengurangi stres berlebihan. 

3. Konsumsi Makanan Sehat

mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels/ Ella Olson
mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels/ Ella Olson

Konsumsi makanan sehat sudah merupakan rule no.1. Mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah akan meningkatkan tidak hanya kesehatan fisik, namun mental juga. 

Pernyataan ini didukung oleh sebuah penelitian dari Warsaw University of Life Sciences tahun 2020, yang menyatakan bahwa konsumsi buah dan sayuran berpengaruh positif dengan kesehatan mental manusia.

4. Tetap Terhubung dengan Keluarga dan Teman Dekat

mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels/ cottonbro
mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels/ cottonbro

Social distancing di masa pandemi membuat kita jauh dari orang-orang tersayang. Namun, itu bukan menjadi hambatan ketika kita tetap terhubung dengan sekeliling kita melalui teknologi. 

Kamu bisa mulai menghubungi saudara dekat dengan video call, melakukan permainan online seru, atau nonton video bersama melalui aplikasi Zoom. Ingat untuk luangkan waktu bercerita kepada mereka, jika kamu butuh seseorang untuk didengarkan dan mencari solusi. 

5. Lakukan Positive Self-Talk

mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels
mengurangi kecemasan berlebihan/ Foto: Pexels

Tips terakhir yang sering diabaikan, namun penting adalah melakukan positive self-talk kepada diri sendiri. Ini artinya berbicara kepada diri sendiri dan memberikan afirmasi positif, sehingga dapat mengurangi kecemasan berlebihan.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id