sign up SIGN UP

Sering Kesulitan Memahami Materi Pelajaran? Yuk, Kenali 3 Gaya Belajar Ini Agar Otak Lebih Encer!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Rabu, 17 Nov 2021 19:00 WIB
Sering Kesulitan Memahami Materi Pelajaran? Yuk, Kenali 3 Gaya Belajar Ini Agar Otak Lebih Encer!

Beauties, sering ngerasa sebel nggak, sih, kalau sudah capek-capek belajar namun ternyata materi nggak nempel di otak? Sudah mencoba banyak cara, mulai membaca materi, merangkum, dan lain sebagainya, namun saat ujian ternyata kamu nggak mengingat satupun yang sudah dipelajari. Ternyata, bisa jadi gaya belajar kamu belum sesuai nih!

Gaya belajar adalah bentuk dan cara seseorang untuk menerima informasi dan pengetahuan baru, yang mana masing-masing individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sesuai dengan minat dan kemampuannya. Manfaat yang bisa didapat jika kamu mengenali gaya belajar adalah kamu bisa memahami metode apa yang sesuai untukmu agar materi bisa terserap dengan baik.

Yuk kenali 3 gaya belajar berikut ini!

Gaya Belajar Visual

Orang dengan gaya belajar visual dapat menangkap informasi dengan baik lewat media visual seperti gambar, grafik, diagram.
Gaya Belajar Visual/Foto: Pexels.com/KoolShooters

Jika kamu lebih senang belajar dengan materi yang disajikan melalui gambar, diagram, grafik, poster dan display, kamu merupakan orang dengan gaya belajar visual. Mereka yang menggunakan cara belajar ini cenderung lebih senang menerima informasi melalui indra penglihatan (visual). Mereka mudah mengingat segala sesuatu yang pernah dilihatnya.

Tips untuk kamu yang memiliki gaya belajar visual, kamu bisa menambah hiasan-hiasan pada buku catatan kamu. Buat catatan semenarik mungkin dengan menambahkan gambar-gambar, highlight tulisan kamu dengan warna-warna yang disukai atau buatlah kode di setiap warna.

Buatlah mind mapping pada setiap penjelasan-penjelasan materi yang kamu dapatkan sebagai peta konsep agar kamu lebih bisa menyerap informasi dengan lebih maksimal. Jangan lupa, perbanyak materi yang kamu dapatkan melalui YouTube sebagai selingan agar tidak jenuh ya!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id