sign up SIGN UP

Sering Merasa Diremehkan di Tempat Kerja? Cek 4 Tandanya dan Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengatasinya!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 17:00 WIB
Sering Merasa Diremehkan di Tempat Kerja? Cek 4 Tandanya dan Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengatasinya!
caption

Menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari tak hanya dipusingkan dengan beban pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun ada pula masalah lain yang bisa timbul dari menjalin hubungan dengan rekan kerja hingga atasan pun yang tak jarang juga bisa memusingkan hingga menguras emosi. Apalagi bagi para pekerja baru yang masih dalam proses adaptasi dengan pekerjaan dan culture perusahaan, tentu hal ini menjadi sebuah tekanan tersendiri.

Beauties, di tempat kerja kamu akan menemui berbagai karakter rekan kerja. Mulai dari yang suportif, kompetitif, hingga yang toxic. Hal terburuk seperti diremehkan pun tak dapat dipungkiri dapat kamu alami.

Di satu sisi kamu juga dituntut untuk mengedepankan sikap profesional dalam menghadapi setiap problematika pekerjaan, termasuk saat diremehkan. Namun saat masalah tersebut tidak segera diatasi, bisa menjadi pemicu stres dan burnout yang dapat menyebabkan menurunnya produktivitas kerja

Jika kamu merasa diremehkan di tempat kerja, lantas apa yang bisa dilakukan? Dirangkum dari Huff Post, cek tanda-tandanya dan kiat yang harus kamu lakukan jika diremehkan di tempat kerja.

Diabaikan Saat Rapat

Diabaikan saat rapat
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/tirachardz

Dalam rapat kerja, setiap pekerja yang mengikuti agenda tersebut berhak dan bahkan diminta untuk memberikan pendapat dan ide-ide menariknya. Namun, tak dapat dipungkiri jika pendapat kamu dapat diabaikan oleh rekan kerja atau pun atasan. Diabaikan atau tak dianggap dapat menjadi sinyal jika kamu telah diremehkan di tempat kerja. Merasa diabaikan tentu bukanlah hal yang menyenangkan.

Jika hal tersebut pernah kamu alami, kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah pendapat yang kamu berikan sudah disampaikan dengan jelas. Jika telah kamu pastikan, kamu dapat memberikan pertanyaan lanjutan tersebut pada forum rapat mengenai pendapat yang kamu berikan apakah ada sesuatu yang salah atau tidak.

Beban Kerja Tinggi Namun Tak Mendapatkan Promosi

Beban Kerja yang Tinggi
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Mendapatkan promosi menjadi keinginan kebanyakan pekerja. Sering kali para pekerja dihadapkan dengan beban kerja yang tinggi, apalagi bagi para pekerja dengan masa kerja yang terbilang cukup lama, namun tak kunjung mendapatkan promosi dan kenaikan jabatan.

Tak jarang para pekerja pun juga diminta untuk mengerjakan sesuatu di luar tanggung jawab pekerjaannya. Hal demikian patut kamu perhatikan sebagai tanda telah diremehkan oleh perusahaan tempatmu bekerja, lho, Beauties.

Untuk mengatasi hal tersebut, Gorick Ng, seorang pakar karir dari Harvard University, menyarankan agar tak terjebak dengan tugas tanpa pamrih dalam pekerjaan, kamu perlu mengetahui hal-hal penting pada perusahaan agar dapat diselaraskan dengan tanggung jawab pekerjaanmu, sehingga kamu memperoleh kesempatan untuk mendapatkan promosi.

Diawasi Terus Menerus

Diawasi Terus Menerus Saat Bekerja
Diawasi Terus Menerus Saat Bekerja/Foto : Freepik.com/freepik

Tanda lainnya yang patut kamu perhatikan terkait diremehkan dalam pekerjaan adalah saat kamu terus-menerus diawasi saat bekerja. Sebab hal ini juga dapat menandakan kamu dinilai tidak kompeten dalam pekerjaan yang dilakukan. Untuk menyelesaikan hal ini, kamu dapat menyampaikan kegelisahanmu bahwa hal tersebut membuatmu tak nyaman dalam bekerja sehingga mengganggu fokusmu dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

Mendapatkan Gaji yang Rendah

Mendapat Gaji yang Rendah
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/

Memiliki beban kerja yang tinggi namun gaji atau upah yang diberikan dinilai tak sebanding sering menjadi problematika bagi para pekerja. Hal ini pun juga bisa menjadi tanda bahwa kamu tidak dihargai atau diremehkan di tempatmu bekerja. Sebab nilai upah yang diberikan bisa menjadi indikator penting atas kontribusimu dalam pekerjaan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum menerima tawaran pekerjaan, kamu perlu memastikan besaran upah yang diterima dengan beban pekerjaan yang akan kamu jalani. Karena pada dasarnya kamu bekerja untuk memperoleh bayaran untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id