STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sering Merasa Stres? Hindari 5 Hal Berikut Ini!

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Selasa, 10 Mar 2020 13:30 WIB
Sering Merasa Stres? Hindari 5 Hal Berikut Ini!
Semua orang pasti pernah merasakan stres. Namun, tanpa disadari, ternyata ada beberapa kebiasaan yang justru dapat memicu stres semakin buruk. Tentunya, jika stres semakin memburuk maka hal ini pun bisa jadi berpengaruh terhadap kesehatan fisik maupun mentalmu. Nah, agar hal ini enggak terjadi, hindarilah 5 kebiasaan yang dapat memicu stres berikut ini!

Melamun


Masalah-masalah pekerjaan, keluarga, atau bahkan percintaan memang kerap mengakibatkan stres. Enggak jarang, ketika sedang mengalami hal ini, kita jadi lebih sering memikirkannya dengan merenung. Akan tetapi, terus merenungkan kesalahanmu merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membuat tingkat stresmu bertambah. Tentunya, hal ini pun akan semakin merusak keadaan. Jadi, cobalah untuk enggak terlalu sering melamun dan usahakan lebih fokus mencari solusi terbaik.


Foto: Istimewa


 


Jam Tidur yang Tidak Beraturan


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 lalu, kebiasaan tidur yang enggak beraturan pun dapat meningkatkan jumlah hormon stres. Ketika seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka fungsi kognitif atau kecerdasannya akan menurun. Nah, hal inilah yang membuat pikiran seseorang menjadi tambah stres. Kondisi ini memang hanya bersifat sementara dan berlangsung hanya beberapa hari saja. Namun, jika kamu terlalu sering melakukan kebiasaan ini, maka akan menyebabkan efek yang berkepanjangan.


Foto: Istimewa


 


Sering Mengonsumsi Junk Food


Junk food memang selalu menjadi makanan yang menggugah selera. Namun, faktanya, terlalu sering mengonsumsi junk food pun dapat meningkatkan kadar stresmu lho, Ladies! Alasannya karena ketika sedang stres, biasanya orang tersebut mengalami peningkatan hormon kortisol. Nah, peningkatan kadar kortisol inilah yang menimbulkan sensasi lapar pada tubuh. Akibatnya, orang yang stres akan mencoba mengatasi perasaannya dengan makan. Hal inilah yang dapat meningkatkan resiko kenaikan berat badan. Kebiasaan ini pun juga akan meningkatkan resiko terkena penyakit di kemudian hari.


Foto: Istimewa


 


Lingkungan Sekitar yang Berantakan


Meja kerja yang berantakan ataupun kamar tidur yang berantakan juga dapat mempengaruhi tingkat stres seseorang. Ketika kamu berada di tengah lingkungan yang berantakan, tentu pikiranmu pun akan semakin enggak karuan. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membersihkan lingkunganmu. Misalnya seperti meja kerja maupun kamar tidur. Karena, jika lingkunganmu rapi, hal ini pun bisa membuat dirimu menjadi lebih tenang ketika menghadapi stres.


Foto: Istimewa


 


(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE