STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 3 Budaya Indonesia yang 'Mirip' dengan Budaya Korea

Dians Marfuah | Beautynesia
Rabu, 23 Mar 2022 08:30 WIB
Serupa Tapi Tak Sama, Ini 3 Budaya Indonesia yang 'Mirip' dengan Budaya Korea

Budaya adalah pola perilaku, keseluruhan sikap, pengetahuan dan kebiasaan yang turun temurun diwariskan oleh anggota masyarakat tertentu. Nah berkaitan dengan hal itu, negara Korea selatan dan Indonesia merupakan negara yang sama-sama terletak di Asia.

Dan soal budaya nih kedua negara ini ternyata memiliki budaya yang hampir mirip, lho. Nggak percaya? Yuk simak langsung 3 budaya di Indonesia yang memiliki Kesamaan dengan budaya Korea.

Hormat Kepada yang Lebih Tua

Ilustrasi orang tua/Pexels.com/Tristan Le
Ilustrasi orang tua/ Foto: Pexels.com/Tristan Le

Kalau kamu penggemar K-Pop atau drama Korea, mungkin kamu nggak asing dengan tradisi membungkukkan badan orang Korea. Tradisi membungkukkan badan ini merupakan bagian dari etika untuk menghormati para senior atau yang lebih tua.

Nah, budaya sopan dan hormat ke orang tua tentunya sama dengan budaya orang Indonesia yang selama ini kita anut dan diajarkan. Jika di korea selatan hormat kepada orang tua dilakukan dengan membungkukkan badan, di Indonesia kita diajarkan untuk mencium tangan orang yang lebih tua.

Momen 'Mudik'

Ilustrasi mobil mudik/Pexels.com/Jimmy Liao
Ilustrasi mobil mudik/ Foto: Pexels.com/Jimmy Liao

Siapa sangka kebiasaan mudik tak hanya dilakukan oleh orang Indonesia loh. Uniknya kebiasaan mudik ini juga dilakukan oleh orang Korea Sellatan pada saat perayaan besar. Orang korea melakukan mudik saat akan merayakan Chuseok, yaitu festival panen utama dan hari libur nasional pada pertengahan Oktober selama tiga hari.

Nah, kalau orang Indonesia sendiri pastinya sudah familiar kalau mudik ini biasanya dilakukan pada menjelang hari Lebaran.

Pakaian Adat

Pakaian adat pernikahan korea/Pinterest.com/Michelle Isabel
Pakaian adat pernikahan korea/ Foto: Pinterest.com/Michelle Isabel

Pengantin di Indonesia kebanyakan menggunakan pakaian adat di hari bahagianya. Begitu pula di Korea Selatan. Masyarakat Korea dikenal sangat menjunjung tinggi budaya. Makanya nih di hari pernikahannya orang Korea banyak yang menggunakan pakain tradisionalnya yaitu hanbok atau pakaian tradisional lainnya.

Nah, untuk upacara pernikahan sendiri, pengantin menggunakan baju hanbok yang dipakai untuk pernikahan yang disebut hollyebok. Berbeda dari hanbok, hollyebok memiliki perbedaan warna, corak lain dan tambahan perhiasan lainnya.

Itu dia Beauties 3 budaya Indonesia yang ternyata memiliki kesamaan dengan budaya yang ada di Korea. Kamu tertarik dengan budaya yang mana nih, Beauties?

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE