STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Setelah Menikah Lebih Baik Mana, Pilih Tinggal di Rumah Cluster atau Apartemen?

Meuthia Khairani | Beautynesia
Jumat, 04 Mar 2022 09:45 WIB
Setelah Menikah Lebih Baik Mana, Pilih Tinggal di Rumah Cluster atau Apartemen?

Memilih tempat tinggal adalah salah satu hal yang perlu dipikirkan matang-matang oleh pasangan yang baru menikah. Dua pilihan tempat tinggal yang sedang marak disewa maupun dijual sekarang ini adalah rumah cluster dan apartemen. Lantas mana yang mesti dipilih?

Sebelum memutuskan bertempat tinggal di mana, yuk cek dulu poin plus dan minusnya sebagai berikut, yuk!

Rumah Cluster

Ilustrasi rumah/Unsplash.com/Dillon Kydd
Ilustrasi rumah/Unsplash.com/Dillon Kydd

Dilansir dari laman Property for Sale Singapura, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan rumah cluster, yaitu:

  1. Area parkir kendaraan lebih luas dan memadai.
  2. Tak ada larangan untuk memelihara hewan. Poin plus bagi Beauties yang memiliki peliharaan!
  3. Akses menuju pertokoan atau tempat pelayanan umum cenderung terbatas. Beauties cenderung harus menggunakan kendaraan untuk menuju pasar, salon, klinik, dan sebagainya.
  4. Karena rata-rata rumah cluster berukuran minimalis, biasanya hanya diberi space untuk memarkir satu mobil di garasi.

Selain itu, kelebihan tinggal di perumahan bisa membuatmu lebih akrab dengan berbaur dengan tetangga di sekitar. Kamu juga punya relatif lahan yang cukup luas untuk meletakkkan tanaman bila memang menyukainya.

Bila kamu punya dana lebih lagi usai membeli rumah dan jika tidak ada masalah terkait renovasi dan IMB dengan pihak developer, maka kamu bisa merenovasi dan 'mendandani rumah' suka-suka.

Apartemen

Ilustrasi apartemen/Unsplash.com/Malcolm Shadrach
Ilustrasi apartemen/Unsplash.com/Malcolm Shadrach

Dilansir dari laman Property, terdapat 4 kelebihan apartemen, yakni:

1. Keamanan terjamin.  Beauties bisa bepergian dan berlibur dalam waktu lama tanpa merasa khawatir kemalingan karena apartemen dijaga sepanjang hari oleh security. Tanpa izin resepsionis dan security di apartemen, tidak ada orang luar yang bisa menerobos ke unit yang Beauties huni.

2. Dekat dengan pertokoan. Beauties relatif tidak perlu berjalan jauh atau menggunakan kendaraan untuk pergi ke minimarket, rumah makan, dan salon. Di lantai dasar apartemen biasanya terdapat berbagai jenis toko dan layanan jasa yang bisa dijangkau hanya dengan turun lift saja. Praktis, bukan?

3. Perawatan lebih mudah. Beauties tidak perlu capek-capek menyapu jalanan depan rumah, memungut daun kering di pekarangan, dan menguras kolam renang. Karena perawatan dilakukan oleh pihak pengelola.

Sementara kekurangannya sebagai berikut:

1. Terdapat banyak peraturan yang harus diikuti oleh penghuni apartemen, mulai dari sistem parkir, biaya maintenance yang harus dipenuhi setiap bulan, dan Beauties juga harus disiplin menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

2. Posisi unit yang saling berdekatan dengan tetangga bisa menyebabkan kurangnya privasi. Suara tangisan bayi atau pertengkaran suami istri di unit sebelah, dapat terdengar oleh penghuni  terdekat, begitu juga sebaliknya.

3. Bagi beauties yang mempunyai peliharaan atau berniat memelihara hewan tertentu, apartemen agaknya jadi pilihan yang sulit karena rata-rata pihak apartemen tidak mengizinkan penghuni memasukkan hewan ke dalam gedung.

Apapun pilihanmu, baik itu menyewa atau membeli properti rumah maupun apartemen, tentunya kembali kepada kebutuhan dan preferensi masing-masing. Semoga artikel ini membantumu menentukan pilihan tempat tinggal ya, Beauties!

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE