STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Setiap Perjuangan Ibu Berharga, 5 Bentuk Mom Shaming Ini Harusnya Tidak Perlu Diutarakan!

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Sabtu, 18 Dec 2021 19:30 WIB
Setiap Perjuangan Ibu Berharga, 5 Bentuk Mom Shaming Ini Harusnya Tidak Perlu Diutarakan!

Mom shaming adalah bentuk kritik, cacian hingga perundungan yang dilakukan oleh orang lain terhadap seorang ibu karena pilihan pola asuh anak yang dipilihnya. Tentu, mom shaming adalah hal yang menakutkan bagi seorang Ibu.

Bukan hanya dilakukan oleh orang lain, tapi mom shaming juga bisa dilakukan oleh orang terdekat, seperti keluarga hingga teman. Menurut studi yang dikutip dari Very Well Family, orang-orang yang mempermalukan orang lain karena keputusan pengasuhan, sebenarnya mereka merasa tidak mampu dalam kemampuan mengasuh anak mereka sendiri. Akibatnya, mempermalukan seseorang memberi mereka jalan keluar untuk membenarkan keyakinan mereka sendiri.

Beberapa orang mempermalukan orang lain karena mereka mencari pengakuan dan validasi. Jika semua orang ikut-ikutan dan setuju dengan penilaian mereka tentang orang lain, itu bisa terasa sangat bermanfaat bahkan jika itu tidak membuatnya benar.

Well, agar kamu tidak masuk ke dalam orang-orang yang melakukan mom shaming, kenali beberapa bentuk mom shaming berikut ini yuk!

Pilihan Melahirkan

Setiap Perjuangan Ibu Berharga, Bentuk Moms Shaming Ini Harusnya Tidak Perlu Diutarakan
Mengomentari Persalinan Ibu/Foto: pexels.com/Jonathan Borba

Setiap ibu memiliki hak untuk melahirkan bayi mereka baik itu di rumah, rumah sakit, dan rumah bersalin dengan metode yang dikehendaki. Kamu juga mungkin pernah mendengar kalimat, “belum lengkap rasanya kalau seorang ibu belum melahirkan secara normal.”

Padahal, ada beberapa hal yang bisa dikehendaki dan sebaliknya. Termasuk beberapa metode melahirkan yang dilakukan dikarenakan kondisi bayi dan ibu yang tidak memungkinkan. 

Kamu perlu ingat, setiap Ibu memiliki hak untuk memilih bagaimana dia membawa bayinya ke dunia. Apapun metode dan tempat yang dipilih untuk melahirkan, percayalah, setiap ibu hebat!

Cara Menyusui

Setiap Perjuangan Ibu Berharga, Bentuk Moms Shaming Ini Harusnya Tidak Perlu Diutarakan
Ibu Menyusui/Foto: pexels.com/Mart Production

Kamu mungkin menemui ibu yang memberikan ASI eksklusif untuk anaknya, tetapi beberapa ibu lainnya tidak dapat menyusui atau memilih untuk tidak menyusui karena berbagai alasan. Apapun itu, setiap ibu tahu yang terbaik akan dirinya dan anaknya. Hindari berkata atau berkomentar “mengapa tidak menyusui langsung?” atau “mengapa memilih susu formula padahal menyusui langsung lebih baik dan lebih murah?” It's a big no!

Membandingkan Pertumbuhan Anak

Setiap Perjuangan Ibu Berharga, Bentuk Moms Shaming Ini Harusnya Tidak Perlu Diutarakan
Perkembangan Anak/Foto: pexels.com/William Fortunato

Perkembangan bayi satu dengan bayi lainnya tentu berbeda. Untuk itu tidak perlu membandingkan, terlebih mengajukan pertanyaan seperti, "apakah tidak khawatir anaknya belum bisa merangkak?" atau “bukankah di umur sekarang si kecil seharusnya sudah bisa duduk?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat memicu kekhawatiran sang Ibu, lho! So, hindari memberikan komentar seperti itu ya!

Mengomentari Bentuk Badan Ibu

Setiap Perjuangan Ibu Berharga, Bentuk Moms Shaming Ini Harusnya Tidak Perlu Diutarakan
Ilustrasi mengobrol/Foto: pexels.com/SHVETS production

Mengomentari fisik seorang ibu dan menganggapnya tidak merawat tubuh pasca persalinan akan membuat percaya diri seorang ibu turun. Bahkan jika beberapa Ibu kembali langsing, komentar bahwa ia tidak mengurus bayinya karena sibuk mengurus dirinya sendiri sungguhlah menyakitkan.

Mengomentari Aktivitas Ibu

Setiap Perjuangan Ibu Berharga, Bentuk Moms Shaming Ini Harusnya Tidak Perlu Diutarakan
Mengomentari Aktivitas/Foto: pexels.com/Liza Summer

Jika seorang ibu perlu tinggal di rumah atau kembali bekerja mungkin bisa karena alasan keuangan, kesehatan, atau alasan lainnya. Yakinlah seorang Ibu telah mempertimbangkan secara matang.

Komentar menyinggung aktivitas me-time yang dilakukan ibu untuk merawat diri juga sering menjadi sasaran empuk. Perawatan diri penting untuk relaksasi seorang ibu. Jadi sebelum menilai buruk seorang ibu karena menyisihkan sedikit waktu untuk dirinya sendiri, ingatlah bahwa me-time  dapat membuat banyak orang merasa dirinya lebih baik.

Mungkin, beberapa orang secara tidak sengaja mengeluarkan kata-kata yang berakibat mom shaming. Perlu dipahami bahwa hormon meningkat ketika menjadi Ibu baru, ditambah pula rasa lelah karena mengurus bayi. Artinya, pertanyaan atau komentar yang menurut kamu tidak berbahaya bisa dianggap menyakitkan oleh seorang ibu.

Jadi sebelum berkomentar, pastikan untuk tidak melakukan salah satu dari hal-hal di atas yang mungkin membuat seorang ibu merasa buruk tentang diri sendiri dan pilihannya, ya!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE