Stasiun Karet Akan Ditutup dan Pindah ke BNI City, Berapa Jarak Antar Keduanya?
Pemerintah berencana untuk menutup Stasiun Karet dan memindahkan operasionalnya ke Stasiun BNI City. EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menegaskan penutupan akan dilakukan pada Februari 2025.
Rencana penutupan Stasiun Karet ini menimbulkan protes di kalangan masyarakat, salah satunya di media sosial. Banyak yang berpendapat penutupan Stasiun Karet ini akan menyusahkan pengguna KRL.
Salah satu alasan penutupan Stasiun Karet adalah jaraknya yang dinilai terlalu dekat dengan Stasiun BNI City. Lantas, berapa jarak antar stasiun ini?
Jarak antara Stasiun Karet dan Stasiun BNI City
Jarak antara Stasiun Karet dan Stasiun BNI City/Foto: Agung Pambudhy
Beautynesia mencoba mengecek jarak antara Stasiun Karet ke Stasiun BNI City menggunakan Google Maps. Berdasarkan hasll pengecekan, jarak antar keduanya jika ditempuh dengan berjalan kaki adalah 750 meter dengan waktu tempuh kurang lebih selama 10 menit.
Jarak antara Stasiun Karet dan Stasiun BNI City/ Foto: Tangkapan Layar |
Namun, dilansir dari CNBC Indonesia, berdasarkan riset dan pengamatan faktual yang dilakukan, posisi Stasiun Karet hanya berjarak 350 meter dari Stasiun BNI City.
"Stasiun karet ditutup karena sudah dekat sekali dengan BNI City. Jadi kalau orang yang mau ke Karet, dia tinggal jalan aja. Kan kita udah buat yang selasarnya sampai dengan ke BNI City, sehingga trafiknya pun akan lebih cepat," ungkap Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan PT KAI, Rudi As Aturridha, dilansir daari detikInet.
Selain jarak, ada hal lain yang menjadi protes netizen di media sosial terkait penutupan Stasiun Karet. Salah satunya kekhawatiran terjadi penumpukan penumpang di stasiun.
"Terus orang-orang disuruh numpuk di BNI City Sudirman kah? Karet ga ditutup aja sudirman penuhnya ga ketolong, mana peronnya cuma dua doang," tulis akun @sun***.
"Yang bikin kebijakan gue yakin ga pernah naik KRL, jelas-jelas yang lebih deket ya sudirman ke BNI city, bukan ke karet. Dari awal stasiun BNI city ada aja udah aneh bukannya yg direvitalisasi sudirman sm karet malah karet yg ditutup????" tulis akun @nak***.
"STASIUN KARET SEPENUH ITU KALO RUSH HOUR DAN MAU DITUTUP???" tulis akun @mar***.
"TransJakarta yang mepet MRT mau ditutup. Stasiun Karet juga mau ditutup. Ini pembuat kebijakan yang tak pernah merasakan naik transum sebaiknya tak usah diberikan kuasa sebesar ini. Tolol semua keputusannya," ujar akun @glr***.
Stasiun Karet Akan Disulap Jadi Ini
Stasiun Karet Akan Disulap Jadi Ini/Foto: Rifkianto Nugroho
Selain perihal jarak, alasan lain penutupan Stasiun Karet adalah sebagai bagian dari upaya optimalisasi kereta bandara yang diharapkan dapat menampung hingga 10 juta penumpang per tahun.
Dilansir dari detikInet, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan soal kinerja kereta bandara yang kurang optimal dalam hal mengangkut penumpang. Sejauh ini, kereta bandara hanya mengangkut sekitar 1,5 juta penumpang per tahun dari potensi 10 juta penumpang.
Ia lantas menyebut perlunya perbaikan di ekosistem kereta api untuk melakukan optimalisasi. Salah satu yang dicontohkan adalah rencana penutupan Stasiun Karet karena terlalu dekat dengan stasiun KRL lainnya.
Sementara itu VP Corporate Communication KAI Commuter, Joni Martinus, mengatakan melalui optimalisasi Stasiun BNI City diharapkan perjalanan kereta bandara bisa menjadi lebih singkat, dari sebelumnya total 56 menit menjadi 40 menit. Dengan begitu layanan ini dapat menjadi pilihan utama calon penumpang pesawat dalam menuju atau pulang dari bandara.
Selain dapat menyingkat waktu perjalanan kereta, keberadaan Stasiun Karet dinilai sudah tidak layak. Berdasarkan data KAI, dalam satu jam pengguna Commuter Line yang masuk ke stasiun mencapai hampir 2 ribu penumpang, dengan waktu tunggu pemberangkatan selama 10 menit.
Hal itu tentunya membutuhkan kapasitas ruang tunggu sebanyak 330 orang. Padahal, saat ini hall Stasiun Karet hanya dapat menampung sekitar 150 orang, yang membuatnya lebih beresiko terhadap keselamatan pengguna. Belum lagi akses menuju pintu masuk Stasiun Karet rentan memicu kemacetan lantaran berada dekat perlintasan.
Lantas, bagaimana nasib Stasiun Karet? Usai ditutup nantinya pada Februari 2025, Stasiun Karet akan dijadikan akses integrasi ke Stasiun Sudirman, Beauties. Bangunannya tidak akan dihilangkan, dan Stasiun Karet akan dibuatkan akses integrasi ke Stasiun Sudirman sehingga nantinya di Stasiun Sudirman sebagai hub moda terusan Whoosh-LRT-CL Basoetta.
Bagaimana menurutmu, Beauties?
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Jarak antara Stasiun Karet dan Stasiun BNI City/ Foto: Tangkapan Layar