Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan memang sudah menjadi keharusan. Terlebih di usia dewasa yang memang sudah menjadi tuntutannya. Namun terkadang, tanggung jawab pekerjaan tersebut malah mendatangkan rasa cemas dan berujung pada rasa bersalah yang tentunya cukup mengganggu.
Oleh karenanya, selain lihai dalam mengatur waktu terkait pekerjaan, kita juga perlu mengetahui kiat untuk terbebas dari kecemasan dan rasa bersalah soal pekerjaan. Mengutip dari laman Lifehack, beberapa kiat ini bisa dicoba.
1. Bangun Batasan Fisik dan Emosional
Batasan pekerjaan/ Foto: Freepik.com/jcomp |
Sering kali kita tidak menyadari bahwa ruang kerja dan ruang pribadi yang tumpang tindih justru memperburuk kondisi mental kita. Jika kamu bekerja dari rumah, penting untuk menetapkan satu ruang khusus sebagai area kerja. Hal ini membantu otak membedakan kapan saatnya bekerja dan kapan saatnya beristirahat.
Selain itu, setelah jam kerja selesai, cobalah untuk benar-benar meletakkan laptop dan mengganti pakaian kerja dengan pakaian santai. Langkah sederhana ini membantu memberi sinyal kepada tubuh dan pikiran bahwa waktu kerja telah berakhir, sehingga kamu bisa lebih rileks dan fokus menikmati waktu pribadi tanpa dihantui beban pekerjaan.