Kamu pernah merasa gak sih capek dengan yang namanya pekerjaan? Selesai satu tugas eh muncul tugas lagi, setiap hari berkutat dengan dokumen, hingga dari pagi sampai malam kerjaan gak kelar-kelar. Pasti rasanya sangat menyesakkan bukan? Sebagai pekerja ketika dihadapkan oleh pekerjaan yang overload, kita harus pandai dalam membagi waktu. Nah, supaya gak merasa stres atau tertekan ini tips mengatasi pekerjaan yang overload.
1. Kalau capek istirahat, jangan memaksa diri untuk terus bekerja
capek kerja/pexels.com |
Tips pertama menghadapi pekerjaan overload yaitu, jangan pernah memaksa diri untuk terus bekerja, kalau capek ya istirahat. Meski pekerjaan terasa gak ada habisnya, selesai satu muncul pekerjaan lagi, tapi kalau fisik dan pikiranmu sedang lelah jangan pernah paksakan diri. Ingat hidup gak melulu soal karier, maka kamu harus paham seberapa kemampuan dan batasanmu. Cintai dan pedulilah terhadap dirimu sebab berlebihan dalam bekerja itu gak baik.
2. Mendelegasikan pekerjaan
teamwork/pexels.com |
Tips selanjutnya yaitu, belajar untuk mendelegasikan pekerjaan. Di dunia kerja kita gak bisa lho kalau kerja sendiri. Sebab satu dengan yang lain akan terus berhubungan. Nah di situasi ini kenapa pekerjaan terasa overload, jangan-jangan kamu yang terlalu individualis. Apa-apa dikerjakan sendiri, pekerjaan tim yang harusnya diselesaikan bareng kamu handle sendiri, karena meragukan kualitas pekerjaan yang mereka hasilkan. Maka cobalah untuk mendelegasikan pekerjaan, bagi tugas dengan adil, supaya hasilnya bisa maksimal.
3. Bicara langsung dengan atasan
diskusi dengan atasan/pexels.com |
Jika overload pekerjaan tersebut sudah kelewat batas dan melebihi kemampuanmu, gak ada salahnya kok untuk membicarakan pekerjaan tersebut dengan atasan. Ketika menghadap siapkan bukti bahwa pekerjaanmu selama ini memang sudah melebihi batas wajar. Setelah itu kamu bisa negosiasi pelan-pelan, untuk mencari jalan keluar dari masalah yang kamu hadapi. Berterus terang jadi pilihan terbaik daripada dipendam sendiri yang bisa membuatmu gak nyaman dalam bekerja.
4. Jangan lupa mencari hiburan sebentar supaya pikiran kembali segar
istirahat kerja/pexels.com |
Tips terakhir menghadapi banyaknya pekerjaan yaitu, jangan lupa untuk mencari hiburan supaya pikiran kembali fresh.Kamu bisa rehat sejenak dengan membuat kopi dulu di dapur kantor, mencari udara segar di luar ruangan, melakukan peregangan, dan aktivitas yang lain. Nanti setelah keadaan membaik, kamu bisa melanjutkan pekerjaanmu lagi. Rehat sejenak gak masalah kok, yang penting jangan kebablasan hingga mengabaikan tanggung jawabmu, ya.
Itulah tips mengatasi overload pekerjaan yang bisa kamu coba. Semoga tips di atas bisa membantumu dan harimu di kantor bisa kembali menyenangkan.