sign up SIGN UP

Biar Gak Stuck dan Bosan, Begini Cara Agar Karier Gak Gitu-Gitu Aja!

Dian Aprilia | Selasa, 22 Jun 2021 15:30 WIB
Biar Gak Stuck dan Bosan, Begini Cara Agar Karier Gak Gitu-Gitu Aja!
caption

Usai lulus sekolah atau kuliah, hal pertama yang akan ditempuh adalah mencari pekerjaan. Dalam fase ini, seseorang akan dihadapkan dengan kebimbangan karena khawatir memilih karier yang salah. Memang memilih karier yang salah bukan akhir dunia, tetapi bisa menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan juga biaya.

Sebelum memilih karier, alangkah baiknya kamu mempertimbangkan berbagai aspek dengan matang. Dengan begitu, kamu bisa memilih karier yang tepat dan efektif untuk mengembangkan hard skill dan soft skillmu. Selain itu, memilih karier yang tepat juga bikin kamu bisa menikmati pekerjaan.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 cara memilih karier yang tepat agar bisa berkembang dan menikmati pekerjaan:

Kenali Diri

Kenali diri
Kenali diri/pexels.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenali diri sendiri. Cobalah untuk merenungi hal apa yang kamu sukai dan minati. Kamu bisa mengamati hobi, kegiatan apa yang membuatmu terus bersemangat dan tak mudah bosan, kegiatan apa yang mudah kamu pelajari, dan lainnya.

Tak hanya hal positif, kamu bisa mengamati kekurangan diri sendiri. Hal-hal apa saja yang bikin kamu mudah menyerah, pusing, stres dan lain sebagainya. Dari pengetahuan tersebut, kamu bisa meramu jalan karier yang sesuai dengan kepribadian, skill dan passion-mu.

Bikin Daftar Pekerjaan

Bikin daftar pekerjaan
Bikin daftar pekerjaan/pexels.com

Setiap orang pasti memiliki keminatan di berbagai hal. Bagi yang suka berkomunikasi, bisa menjadi seorang penulis, MC, pemasar, sales, customer service dan lainnya. Berbeda halnya dengan orang yang suka melakukan kegiatan praktis, berpikir, dan lainnya.

Setelah kamu mengenali diri sendiri, cobalah untuk membuat daftar pekerjaan yang kamu sukai dan minati. Kamu bisa mencari berbagai jenis pekerjaan dari internet, inspirasi idola, teman, atau lingkungan sekitar. 

Pahami Deskripsi Kerja

Pahami deskripsi kerja
Pahami deskripsi kerja/pexels.com

Setelah membuat daftar pekerjaan, langkah selanjutnya adalah memahami deskripsi kerja. Coba bedah satu per satu deskripsi pekerjaan yang sudah kamu catat. Cari pokok-pokok aktivitas yang perlu dilakukan, kepribadian apa yang perlu dimiliki, keahlian apa yang perlu dimiliki, dan potensi masalah apa yang akan terjadi.

Setelah menguraikan hal-hal tersebut, kamu perlu mengkroscekkan dengan skill, kepribadian, dan minat yang kamu miliki. Lantas melakukan penilaian mana pekerjaan yang paling tepat dan cocok untukmu.

Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan
Tentukan tujuan/pexels.com

Agar kariermu bisa berjalan lancar, kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Tentukan hal apa yang ingin kamu dapatkan saat menekuni bidang ini. Kamu bisa membuat tujuan berupa materi (uang, benda, dan lainnya) dan juga bukan materi seperti pengalaman kerja, relasi, koneksi, dan lain sebagainya.

Sebaiknya buat tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Sehingga saat sudah mencapai tujuan jangka pendek, kamu tetap akan bersemangat dan tak mudah berpuas diri dengan pencapaian tersebut.

Jenjang Karier

Jenjang karier
Jenjang karier/pexels.com

Langkah terakhir adalah mengetahui jenjang karier dari pekerjaanmu. Coba uraikan jenjang karier seperti apa yang kamu inginkan dan juga jangka waktu untuk mencapainya.

Jangan takut untuk bermimpi, sebab mimpi bisa menuntunmu menuju apa yang kamu inginkan. Tujuan dan jenjang karier yang jelas membuat langkahmu lebih terarah dan lebih mudah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id