STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sudah Mulai Tatap Muka: Bikin Waktu Belajar Jadi Lebih Efektif dan Produktif dengan Teknik Pomodoro, Yuk!

Ghena Oktafira | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 15:15 WIB
Sudah Mulai Tatap Muka: Bikin Waktu Belajar Jadi Lebih Efektif dan Produktif dengan Teknik Pomodoro, Yuk!

Meskipun ditunggu-tunggu, mungkin sebagian dari kamu tetap ada yang merasa belum terbiasa lantaran aktivitas sekolah sudah mulai normal kembali, yakni melalui pertemuan tatap muka. Itu artinya, waktu pagi hingga siang akan kamu habiskan lebih banyak di sekolah maupun tempat kursus. Padahal selama pembelajaran daring, kamu mungkin merasa lebih bebas melakukan aktivitas lain selain belajar di rumah.

Eits, sebelum kamu bertambah bingung untuk membagi waktu agar tetap bisa belajar tanpa mengganggu aktivitas lainnya, yuk kenalan dengan teknik pomodoro! Teknik pomodoro ialah teknik belajar yang efektif dalam meningkatkan produktivitas dan konsentrasi selama proses belajar berlangsung.

So, walaupun waktu luangmu hanya tersisa sedikit, kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk belajar ataupun mengerjakan tugas. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Teknik pomodoro
Teknik pomodoro/Foto: Pexels.com/Artem Podrez

Teknik pomodoro merupakan sebuah teknik untuk mengatur waktu belajar yang didasarkan pada interval waktu tertentu. Teknik ini pertama kali ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Italia, Fransesco Cirillo, pada tahun 1980.

Mulanya ia merasa sangat susah untuk tetap berkonsentrasi ketika sedang belajar. Hingga akhirnya ia pun merumuskan interval waktu belajar selama 25 menit yang disebut sebagai jendela kerja. Setelah melewati satu jendela kerja, maka harus diselingi dengan waktu istirahat selama 5 menit.

Kemudian jendela kerja diulangi lagi hingga berlangsung selama empat kali. Jika sudah melewati jendela kerja yang keempat, maka waktu istirahat diperpanjang hingga 30 menit. Hal ini guna menjaga agar tubuh dan otak nggak cepat merasa bosan sehingga tetap dapat menjaga konsentrasinya.

Teknik pomodoro
Pomodoro berarti 'tomat'/Foto: Forbes.com/Anthony Karcz

Pomodoro sendiri berarti ‘tomat’ dalam bahasa Italia. Fransesco menamainya dengan teknik pomodoro semata-mata karena alat pengatur waktu yang digunakannya kala itu berbentuk tomat yang sebenarnya adalah timer masak milik ibunya.

Berkat teknik pomodoro ini, ia pun berhasil untuk tetap fokus selama belajar dan hasil dari pekerjaannya menjadi lebih berkualitas.

Cara Menerapkan Teknik Podomoro

Teknik pomodoro
Langkah-langkah memulai teknik pomodoro/Foto: Luxafor.com

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan teknik pomodoro:

1. Buatlah daftar materi yang hendak dipelajari. Kamu bisa menulis daftar ini di buku catatan maupun dalam aplikasi to-do-list di smartphone.

2. Atur timer sesuai jendela kerja, yakni selama 25 menit. Pastikan begitu timer dimulai maka kamu harus tetap fokus pada materi dan nggak boleh terdistraksi oleh hal lain.

3. Setelah 25 menit, istirahat selama 5 menit. Kamu bebas untuk minum, stretching, ke toilet atau bermain dengan kucing kesayanganmu. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada materi yang sudah dipelajari, ya!

4. Lanjutkan aktivitas belajar sampai keempat jendela kerja selesai (100 menit). Setelah interval waktu yang keempat selesai maka beristirahatlah dengan waktu yang lebih lama sekitar 15 hingga 30 menit agar kamu bisa mendapatkan energimu kembali.

Tips agar Waktu Belajar Lebih Efektif

Belajar dengan Musik./Foto: pexels.com/Ivan SamkovIlustrasi belajar/Foto: Pexels.com/Ivan Samkov

Ada 2 tips, nih, yang disampaikan oleh Fransesco jika kamu ingin mencoba menerapkan teknik pomodoro ini, yaitu:

  • Catatlah gangguan-gangguan yang seringkali membuatmu sulit berkonsentrasi saat sedang belajar. Hal ini guna memudahkanmu dalam menghindari gangguan tersebut di proses belajar berikutnya.
  • Manfaatkan waktu yang tersisa dalam jendela kerja untuk mengulas kembali materi ataupun mengedit typo yang mungkin terjadi setelah tugasmu selesai.

Nah, itulah dia ulasan mengenai teknik pomodoro. Sebenarnya teknik ini nggak hanya cocok digunakan saat belajar saja, melainkan juga dapat diterapkan ketika sedang beres-beres rumah, olahraga maupun aktivitas lainnya yang kamu sukai. Selamat mencoba, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.