STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sukses Beli Rumah Sebelum Usia 30 Tahun dengan 5 Langkah Ini!

Dian Aprilia | Beautynesia
Selasa, 09 Mar 2021 14:30 WIB
Sukses Beli Rumah Sebelum Usia 30 Tahun dengan 5 Langkah Ini!

Salah satu target finansial yang umum dimiliki setiap orang adalah membeli rumah. Rumah memiliki peranan penting dalam perjalanan hidup kita, sebab rumah akan menjadi tempat paling nyaman untuk melepas penat dan berkumpul dengan keluarga. Tidak hanya itu, rumah juga akan jadi tempat memorable bagi setiap orang.

Tak heran jika banyak orang mati-matian mengumpulkan dana agar bisa membeli rumah sesegera mungkin. Namun, kemampuan keuangan seringkali menjadi kendala dalam mewujudkan keinginan tersebut. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips untuk membeli rumah sebelum usia 30 tahun:

Target Beli Rumah Jadi Prioritas

Rumah
Rumah/pexels.com

Bagi kamu yang merasa pembelian rumah itu penting, maka kamu wajib untuk menjadikannya prioritas. Jangan mudah terpengaruh omongan orang lain, yang menyalahkan pilihan atau keputusanmu ini. Sebab setiap orang pasti punya pandangan masing-masing, yang tidak bisa dipaksakan.

Konsekuensi menjadikan ‘membeli rumah’ sebagai target keuangan adalah kamu harus rela mengesampingkan berbagai keinginan atau kebutuhan lain yang tidak mendesak. Seperti halnya liburan, upgrade kendaraan, belanja pakaian atau barang branded, dan lainnya.

Siapkan Dana Mulai Sekarang

Dana
Dana/pexels.com

Persiapan dana adalah hal mutlak yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan impianmu membeli rumah. Pastikan kamu menargetkan rumah yang sesuai dengan kapasitas finansialmu. Jika memang dirasa tidak mampu membeli rumah mewah, sebaiknya kamu menargetkan pembelian rumah yang realistis meski sederhana.

Namun jika memang ingin beli rumah, pastikan kamu menyesuakan dengan kapasitas finansial, misalnya dengan meningkatkan penghasilan. Baik penghasilan aktif maupun pasif. Jika sudah memiliki pasangan, kamu bisa mulai membicarakannya berdua.

Atur Budget Bulanan

Atur budget
Atur budget/pexels.com

Salah satu konsekuensi yang perlu kamu sadari saat hendak membeli rumah adalah mengatur pengeluaran dengan ketat. Sebab jika kamu memilih untuk membeli rumah dengan KPR, maka kamu akan dikenai cicilan per bulan. Pastikan jumlah cicilan tidak lebih dari 30% pemasukan ya. Hal ini agar tidak terlalu menekan kondisi finansialmu.

Kamu juga perlu menyadari, bahwa membeli rumah baru juga harus menyiapkan berbagai dana untuk kebutuhan seperti bayar pajak, perawatan, asisten rumah tangga dan lainnya. Jadi kamu harus mulai menyiapkan dana untuk hal ini disamping memperhatikan biaya cicilan rumah.

Konsisten dan Sabar

Konsisten
Konsisten/pexels.com

Persiapan membeli rumah tentu bukan hal mudah. Karena budget bulanan diatur sedemikian rupa, membuat kamu menahan keinginan untuk jajan, jalan-jalan bareng temen, membeli barang-barang keinginan dan lainnya. Meski begitu kamu harus tetap konsisten agar rencana keuangan bulanan tetap konsisten.

Kalau perlu piknik dan jalan-jalan, sebaiknya pilih yang murah dan hemat agar tak membebani cashflowmu. Percayalah bahwa setiap perjuangan dan pengorbanan yang kamu lakukan akan membuahkan kebahagiaan di masa depan.

Tuntaskan Pelunasan

Terakhir, terus berusaha motivasi diri kamu untuk melunasi KPR atau mengumpulkan uang untuk membeli rumah. Kamu bisa membayangkan betapa leganya setelah rumah itu lunas dan menjadi milik kamu sepenuhnya. Hal ini bisa memicu kamu untuk mau berupaya dan menyelesaikan pelunasan hingga tuntas.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk membeli rumah sebelum usia 30 tahun. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE