sign up SIGN UP

Sulit Produktif Selama WFH? Cobalah Lakukan Ini!

Fahira Mahza | Beautynesia
Kamis, 11 Feb 2021 15:30 WIB
Sulit Produktif Selama WFH? Cobalah Lakukan Ini!
caption
Jakarta -

Sejak awal tahun 2020 dunia sedang dilanda pandemi yakni virus Covid-19. Hingga awal tahun 2021 keadaan masih belum terlalu membaik sehingga menyebabkan beberapa aktivitas terhambat.

Kini banyak perusahaan dan instansi yang memberlakukan Work From Home atau WFH yaitu sistem kerja dari rumah agar memperkecil penyebaran virus. Namun, banyak orang yang menjadi kurang produktif selama melakukan kegiatan dari rumah.

Hal ini bisa terjadi kerana beberapa faktor seperti lingkungan kerja yang berbeda, tidak bisa fokus atau adanya permasalahan di rumah. Tentunya pekerjaan menjadi terganggu dan sulit dituntaskan. Agar tetap produktif selama WFH kamu bisa mencoba hal-hal ini. 

Pasang alarm di pagi hari

Pasang alarm di pagi hari
Pasang alarm di pagi hari/foto: freepik.com

Bangun di pagi hari akan membuat badan terasa segar dan bersemangat dalam memulai hari. Pasang alarmmu agar kamu tidak kesiangan. Jangan lupa untuk awali hari dengan sarapan supaya kamu bisa berkonsentrasi saat menjalani aktivitas. Mandi pagi dan sedikit olahraga juga dapat membuat tubuh lebih fresh dan tenang sebelum memulai pekerjaan. 

Jauhkan ponsel saat bekerja 

Jauhkan ponsel saat bekerja
Jauhkan ponsel saat bekerja /foto: freepik.com

Salah satu musuh saat bekerja di rumah ialah gadget atau ponsel. Ponsel memang memiliki beragam fitur menarik seperti games hingga sosial media. Fitur-fitur tersebut memang cenderung lebih menggoda ketimbang pekerjaan. Maka dari itu saat bekerja usahakanlah untuk menjauhkan ponsel dari meja kerja. Gunakan ponsel hanya untuk update pekerjaan atau di kala beristirahat sejenak. 

Buat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan

Buat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan
Buat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan/foto: freepik.com

Saat sedang bekerja di rumah, kamu bisa mencoba membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan sebagai pengingat agar pekerjaan tertata dengan baik. Buat juga jadwal untuk mengerjakan masing-masing tugas. Jangan lupa untuk menyelipkan waktu istirahat agar kamu tidak bekerja secara berlebihan.

Hanya menggunakan internet untuk pekerjaan 

Hanya menggunakan internet untuk pekerjaan
Hanya menggunakan internet untuk pekerjaan/foto: freepik.com

Apabila kamu bekerja menggunakan komputer atau laptop, maka ingat untuk tidak membuka browser kecuali untuk pekerjaan. Jangan tergiur dengan website menarik yang tidak berhubungan dengan pekerjaanmu seperti e-commerce, hiburan hingga streaming. 

Dekor ulang ruangan yang dipakai bekerja 

Dekor ulang ruangan yang dipakai bekerja
Dekor ulang ruangan yang dipakai bekerja /foto: freepik.com

Tempat kerja yang nyaman sangat mempengaruhi mood saat bekerja apalagi ketika di rumah. Untuk itu kamu dapat mencoba mendekorasi ulang ruangan yang kamu pakai untuk bekerja sesuai keinginanmu. Kamu bisa menambahkan beragam hiasan hingga peralatan yang dapat menunjang pekerjaanmu agar berjalan dengan baik. 

Jauhi kasur 

Jauhi kasur
Jauhi kasur/foto: freepik.com

Banyak orang yang bekerja di kamar pribadi saat dalam mode WFH. Di kamar tentunya ada kasur yang biasa digunakan untuk tidur atau istirahat. Walaupun kamu bekerja di kamar usahakan untuk tidak bekerja di atas kasur karena kasur cenderung membuat keinginan untuk beristirahat lebih tinggi sehingga pekerjaanmu akan terbengkalai. 

Walaupun bekerja dari rumah bukan berarti kamu bisa bersantai dan jadi tidak produktif. Cobalah cara-cara tersebut agar pekerjaanmu tetap terselesaikan dan berjalan dengan baik selama berada di rumah. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id