sign up SIGN UP

Supaya Harimu Makin Percaya Diri, 5 Tips Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam di Wajah Ini Perlu Dilakukan!

Octavia Dewi | Beautynesia
Kamis, 16 Dec 2021 06:15 WIB
Supaya Harimu Makin Percaya Diri, 5 Tips Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam di Wajah Ini Perlu Dilakukan!
caption

Lingkaran hitam atau kantung mata pada umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurangnya waktu tidur yang membuat mata tidak dapat terlihat segar. Lingkaran hitam di sekitar mata dikenal juga dengan sebutan mata panda.

Selain kelelahan dan kurang tidur, penuaan juga dapat menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di area mata. Hal ini terjadi karena berkurangnya jumlah kolagen pada kulit di sekitar mata dan membuat kantong di kelopak mata.

Nah mengatasinya, berikut cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam pada area mata. Yuk simak informasinya di bawah ini, Beauties!

1. Perbaiki Pola Tidur

Perbaiki pola tidur
Perbaiki Pola Tidur/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Cara menghilangkan kantung mata berwarna hitam yang pertama dengan memperbaiki pola tidur. Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup yaitu 8 jam setiap malam.

Posisi tidur juga bisa membantu mengatasi kantung mata. Angkat kepala kamu sedikit dan cobalah untuk tidur. Kamu dapat menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala. Metode ini membantu mencegah air terakumulasi di sekitar mata saat tidur.

2. Apply Sunscreen

Apply sunscreen
Apply Sunscreen/Foto: Freepik.com/Sora Shimazaki

Gunakan sunscreen SPF 30 setiap hari. Menggunakan concealer yang lebih terang dari warna kulit kamu juga dapat membantu menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata.

Bahkan akan lebih baik jika kamu menggunakan concealer dengan tambahan SPF 15 atau lebih tinggi. Jika kulit kamu rentan terhadap minyak atau jerawat, coba gunakan concealer yang bebas minyak.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih
Perbanyak Minum Air Putih/Foto: Pexels.com/Karolina

Hampir 90% tubuh kita mengandung air. Sehingga tidak heran jika dehidrasi dapat menjadi penyebab terbentuknya kantung di bawah mata.

Maka dari itu, tingkatkan asupan cairan untuk membantu meminimalisir kantong di bawah mata kamu. Para ahli merekomendasikan minum sekitar 13 gelas air sehari untuk pria dan sekitar 9 gelas sehari untuk perempuan.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen

Konsumsi makanan kaya kolagen
Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen/Foto: Pexels.com/Nathan

Meningkatkan asupan vitamin C membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat. Asam amino esensial ini terjadi secara alami di dalam tubuh.

Makanan kaya vitamin C dan asam amino membantu memproduksi kolagen dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, membuat kulit kamu lebih sehat. Sumber vitamin C yang baik seperti Jambu biji, jeruk paprika, kubis, brokoli, stroberi.

5. Gunakan Kompres Dingin

Manfaatkan sebagai Eye Mask untuk menyegarkan area sekitar mata/freepik.comGunakan Kompres Dingin/ Foto: Freepik.com

Cara untuk menghilangkan kantung mata hitam berikutnya yaitu dengan kompres mata. Cara ini diketahui dapat mengurangi pembengkakan mata dan menyembunyikan lingkaran hitam. Kamu dapat membasahi kain bersih dengan air dingin atau dibungkus es, kantong teh hijau basah, irisan mentimun, eye mask. Tekan pada mata selama 10 hingga 15 menit.

Nah Beauties, itu dia cara menghilangkan kantung mata berwarna hitam di area sekitar mata. Tentunya kantung mata dan lingkaran hitam di wajah sangat mengganggu penampilan kamu dan membuat wajah kamu tidak terlihat segar. Tips di atas harus dilakukan secara rutin ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Good luck!

[Gambas:Youtube]

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id