sign up SIGN UP

Supaya Nggak Jadi Pengangguran di Masa Muda, 5 Hal Ini Harus Mulai Kamu Lakukan!

Octavia Dewi | Beautynesia
Jumat, 03 Sep 2021 07:45 WIB
Supaya Nggak Jadi Pengangguran di Masa Muda, 5 Hal Ini Harus Mulai Kamu Lakukan!
caption

Siapa sih yang ingin menjadi pengangguran? Pasti setiap orang ingin memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap.

Namun tidak sedikit orang yang tidak mempersiapkan bekal untuk mencegah hal tersebut. Menghabiskan waktu dengan kebingungan ataupun hal-hal tidak bermanfaat lainnya yang secara tidak langsung membentuk diri mereka menjadi seorang pengangguran.

Maka dari itu, yuk lakukan hal ini untuk mencegah kamu menjadi seorang pengangguran di masa muda. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

1. Buat Jadwal Rutinitas Sehari-Hari

Buat daily rutin sehari-hari
Buat Daily Rutin Setiap Hari/Foto: Freepik.com/Our-team

Miliki jadwal rutinitas keseharian kamu, jangan sampai waktu kamu terbuang sia-sia. Pada malam hari, sempatkan waktu dan buatlah planning mengenai kegiatan apa yang akan kamu lakukan di esok hari.

Lakukan kegiatan produktif seperti mengikuti kelas baru, bertemu teman-teman, merapikan rumah, belajar hobi baru, dan lain sebagainya. Jangan hanya menghabiskan waktu dengan sekedar menonton drakor atau bermalas-malasan di kasur saja.

2. Perluas Relasi

Perluas Relasi
Perluas Relasi/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Relasi juga sangat diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan, karena semakin banyak koneksi maka semakin luas informasi yang kita dapatkan. Manfaatkanlah waktu kamu untuk memperluas relasi yang kamu miliki dengan orang-orang baru maupun teman lama.

Sehingga apabila suatu hari mereka memiliki lowongan pekerjaan yang cocok untuk kamu, maka kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jadi, tetap jaga hubungan baik dengan orang lain ya!

3. Asah Skill dan Bakat yang Kamu Miliki

Asah skill dan bakat yang kamu miliki
Asah Skill dan Bakat/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Asah skill dan bakat yang kamu miliki. Tunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan yang tinggi untuk terus belajar hal baru. Kamu juga dapat memanfaatkan beragam kesempatan untuk mengikuti kursus ataupun kegiatan lain yang memberikan sertifikat kemampuan sehingga nilai jual kamu lebih dihargai saat melamar pekerjaan nantinya.

4. Lakukan Kerja Part Time atau Freelance

Kerja part time atau freelace
Kerja Part Time atau Freelace/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Di masa muda kamu yang masih memiliki beragam kesibukan, untuk mencegah kamu menjadi pengangguran kamu dapat melakukan kerja part time maupun freelance. Dengan begitu kamu tetap dapat memiliki penghasilan yang lumayan dan meningkatkan pengalaman kamu dalam bekerja. Sekarang sudah banyak platform yang menyediakan lowongan pekerjaan yang dapat kamu ikuti bahkan dari rumah.

5. Buat Planning Untuk Masa Depan

Buat planning untuk masa depan
Buat Planning Masa Depan/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Kamu harus memiliki planning untuk masa depan kamu, sekiranya pekerjaan apa yang kamu impian dan harus kamu usahakan untuk mewujudkan itu. Sehingga selama kamu sedang sibuk menata diri, kamu memiliki target yang harus kamu capai dan membuat diri kamu lebih termotivasi. Jangan hanya hidup dengan mengikuti arus, tetapi kamu juga harus menentukan akhir seperti apa yang kamu inginkan.

Nah, itu dia tips mencegah jadi pengangguran di masa muda. Jangan hanya berleha-leha, tetapi habiskan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat yang mampu membentuk diri kamu menjadi lebih baik dan lebih berkelas lagi. Baik perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk menata masa depan impian mereka. Semangat Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id