STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Susah Fokus Saat Harus WFH? Ini 4 Cara Mudah dan Sederhana Mengatasinya

Justina Nur | Beautynesia
Kamis, 29 Jul 2021 15:15 WIB
Susah Fokus Saat Harus WFH? Ini 4 Cara Mudah dan Sederhana Mengatasinya

Pandemi Covid-19 seperti sekarang membuat banyak perkantoran menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Hal ini dilakukan untuk menekan risiko terkena infeksi Covid-19.

Akan tetapi, bekerja dari rumah juga menimbulkan tantangan dan masalah baru. Hal ini karena banyak yang mengeluhkan kalau bekerja dari rumah justru sering tidak fokus. Banyak juga yang berpendapat bahwa saat bekerja dari rumah, justru timbul banyak distraksi yang membuat tidak fokus saat bekerja.

Agar kamu tidak mudah terganggu lagi, yuk coba simak cara dan tips berikut ini yang bisa membantumu untuk lebih fokus saat bekerja dari rumah.

1. Tentukan Lokasi Kerja

Tentukan Lokasi Kerja
Tentukan Lokasi Kerja/Pixabay.com/Free-Photos

Agar lebih fokus saat bekerja dari rumah, kamu bisa memilih ruang kerja yang sekiranya bisa membuat kamu fokus. Ruang kerja yang kamu pilih usahakan yang tidak akan mengganggu kehidupan anggota rumah yang lain, serta membuatmu tetap fokus bekerja. 

Buatlah ruang kerjamu bersih, rapi dan tenang sehingga tidak akan menimbulkan distraksi baru atau justru membuatmu stres. Kamu juga bisa mengatasi suara tetangga yang berisik dengan menggunakan earbud peredam kebisingan.

2. Selesaikan Tugas Rumah Terlebih Dahulu

Selesaikan Tugas Rumah Terlebih Dahulu
Selesaikan Tugas Rumah Terlebih Dahulu/Freepik.com/Prostooleh

Sebelum kamu mulai bekerja, kamu bisa menyelesaikan tugas rumah terlebih dahulu, seperti menyapu, mencuci piring, dan merapikan ruangan. Dengan melakukan hal tersebut, rumah dan ruang kerjamu jadi lebih bersih dan rapi, sehingga membuatmu bekerja dengan fokus dan tenang. Selain itu, kamu juga tidak mudah terdistraksi saat sedang bekerja.

3. Diskusikan dengan Anggota Keluarga

Self reward - menghabiskan waktu dengan keluargaDiskusi dengan keluarga/ Foto: Detik

Jika kamu bekerja di rumah yang ramai dan banyak anggota keluarga yang berada di rumah, kamu bisa berdiskusi kepada anggota keluarga terlebih dahulu, Beauties. Kamu bisa menegosiasikan kepada mereka mengenai waktu kerjamu. Hal ini perlu dilakukan agar saat kamu sedang meeting atau melaksanakan tugas penting, anggota keluargamu tidak akan menginterupsi waktumu bekerja, kecuali jika hal itu benar-benar masalah yang sangat penting.

4. Bikin To Do List

Bikin To Do List
Bikin To Do List/Freepik.com/Freepik

Agar kamu makin fokus saat bekerja, kamu bisa memulai membuat to do list atau planner malam sebelumnya. Hal ini akan membantumu mengetahui dan fokus mengerjakan apa saja yang harus kamu lakukan saat bekerja. Di planner yang kamu buat, kamu juga bisa merencanakan makanan yang akan kamu makan di hari berikutnya. Hal ini agar kamu tidak lagi mendapatkan distraksi mengenai apa yang harus kamu makan pada saat break makan siang atau istirahat.

Tak hanya saat bekerja, kamu juga perlu disiplin saat jam kerjamu sudah selesai ya, Beauties. Saat sudah selesai bekerja, segera rapikan ruang kerja, lalu simpan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan agar waktu istirahatmu benar-benar digunakan secara maksimal. Hal tersebut juga dapat membuatmu terbebas dari stres karena memiliki work life balance yang baik.

Selamat mencoba cara bikin fokus saat work from home di atas ya, Beauties!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE