sign up SIGN UP

Malas Mandi Saat WFH? Bukan Cuma Bau Badan, Ternyata Ada Dampak Buruknya bagi Kesehatan!

Nisrina Salsabila | Senin, 26 Jul 2021 11:45 WIB
Malas Mandi Saat WFH? Bukan Cuma Bau Badan, Ternyata Ada Dampak Buruknya bagi Kesehatan!
caption

Hayo ngaku, siapa di sini yang jarang mandi saat sedang kerja dari rumah atau WFH? Atau mungkin Beauties termasuk tim yang cuma sikat gigi dan cuci muka biar kelihatan segar sebelum Zoom meeting?

Hihihi, mentang-mentang di rumah saja, bukan berarti tubuh kita nggak perlu dibersihkan, ya. Memang tidak ada aturan pasti seberapa sering seseorang harus mandi, lantaran tergantung kondisi tiap orang. Meski begitu, setidaknya kamu perlu mandi dalam sehari. Pada orang yang kulit dan rambutnya lebih berminyak, gampang berkeringat, ataupun memiliki bau badan menyengat maka mandi bisa lebih sering, misal 2 kali sehari.

Jarang mandi bisa memicu masalah dan penyakit kulit, lho. Inilah 5 alasan mengapa kamu tetap harus mandi teratur saat work from home.

1. Mencegah Bau Badan yang Menyengat

kerja dari rumah
Jarang mandi menyebabkan bau badan/Foto: Pinterest.com/thehealthyville

Keringat sebenarnya tidak berbau. Namun, jika keringat bercampur dengan bakteri pada kulit, maka bau badan bisa timbul, khususnya di area ketiak dan selangkangan. Bau badan akan semakin menyengat saat kondisi tubuh terlalu panas, stres, hormon meningkat, aktif secara fisik ditambah jarang mandi.

Ingat, Beauties, kamu mungkin tidak menyadari adanya bau tidak sedap yang muncul dari tubuh kamu, namun, tidak begitu dengan orang lain.

2. Rentan Mengalami Masalah Kulit

kerja dari rumah
Contoh keratosis pilaris/Foto: Pinterest.com/natllivingideas

Pada orang yang jarang mandi, maka sel kulit mati, kotoran, dan keringat akan menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Jarang mandi pun dapat memicu ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk pada kulit, sehingga bisa meningkatkan risiko infeksi kulit.

Hal tersebut akan bermuara pada timbulnya jerawat badan, keratosis pilaris, biang keringat, jamur, dan memperburuk kondisi psoriasis dan eksim, khususnya pada kulit sensitif.

3. Supaya Tidak Mudah Terserang Penyakit

kerja dari rumah
Mandi bisa mencegah penyakit/Foto: Pexels.com/arminrimoldi

Sabun mandi mampu melawan bakteri jahat dan virus berbahaya. Apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini, kamu mesti lebih sering membersihkan diri.

Bayangkan saja, kuman yang menempel pada ponsel, mouse, keyboard laptop, gagang pintu, lantai bahkan dudukan toilet saat kamu sedang kerja online mampu berpindah dari tangan ke mata, hidung, dan mulut. Kalau diabaikan akibatnya, kamu pun mudah terinfeksi penyakit.

4. Demi Penampilan yang Lebih Bersih dan Sehat

kerja dari rumah
Kebersihan yang terjaga bisa menunjang penampilan/Foto: Pinterest.com/julia_berolzheimer

Kalau kamu rajin merawat diri, bersih, dan wangi, alhasil kamu akan merasa lebih nyaman dan terlihat lebih menarik. Jangan sampai kelamaan kerja dari rumah dan jarang mandi, bikin kulitmu jadi makin kusam dan kering, ditambah rambut yang lepek, bau, dan berketombe.

Selain mencegah penuaan dini, mandi bisa membantu membuat rambut sehat berkilau. Lalu, perhatikan juga kebersihan area intim saat kamu mandi untuk mencegah infeksi jamur.

5. Bentuk Me Time Saat Tubuh dan Pikiran Lelah

kerja dari rumah
Tidur lebih nyenyak usai mandi/Foto: Instagram.com/yukiqq77

Mandi dapat menjadi momen me time yang merelaksasi, karena tubuhmu menjadi lebih bersih dan segar saat terkena air. Sehingga, rasa penat dan gerah setelah seharian work form home bisa lepas dan energimu terisi kembali seketika. Ini juga akan membuat tidurmu lebih nyenyak karena tubuh dalam kondisi nyaman. Sebagai tips tambahan, pilihlah air hangat agar tubuhmu senantiasa relaks, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id