sign up SIGN UP

Tahun Depan Tarif Listrik Bakal Naik! Lakukan 4 Cara Ini Supaya Tagihan Tiap Bulan Tidak Membengkak

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 07 Dec 2021 17:30 WIB
Tahun Depan Tarif Listrik Bakal Naik! Lakukan 4 Cara Ini Supaya Tagihan Tiap Bulan Tidak Membengkak
caption
Jakarta -

Menuju tahun 2022, ada kebijakan terbaru yang akan diterapkan oleh Pemerintah. Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM) bersama dengan Badan Anggaran DPR RI menyampaikan jika sedang berencana untuk menerapkan tariff adjustment (tarif penyesuaian) bagi 13 golongan pelanggan listrik PT PLN (Persero) non subsidi. 

Namun hal ini dikatakan masih rencana, dan akan dilaksanakan jika pandemi Covid-19 di Indonesia sudah membaik. 

keuangan sehatKenaikan Listrik Tahun 2022/ Foto: Freepik.com

"Tahun 2022 apakah akan diterapkan tariff adjustment? Jadi kita sepakat dengan Banggar kalau sekiranya Covid-19 membaik ke depan mudah-mudahan, kita sepakat dengan DPR dengan Banggar, kompensasi tarif adjustment diberikan enam bulan saja, selanjutnya disesuaikan," ujar Rida Mulyana selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia

Tariff adjustment merupakan tarif listrik bagi 13 golongan pelanggan non subsidi PT PLN (Persero). Nantinya, tarif listrik bagi golongan pelanggan non subsidi ini bisa berfluktuasi setiap tiga bulan sekali. 

Yang mana disesuaikan dengan tiga faktor, yaitu nilai tukar, harga minyak mentah, dan inflasi. Jika ketiga faktor tersebut mengalami peningkatan, maka tarif listrik pun bisa naik. Begitu pun sebaliknya, jika tiga faktor tersebut turun, maka tarif pun bisa turun. 

4 Tips Menghemat Listrik agar Tidak Boros

Mengatasi hal ini, lalu bagaimana sih cara menghemat listrik agar tidak boros sampai tagihan membengkak? Simak tips di bawah ini yuk!

1. Menyalakan Pendingin Ruangan Seperlunya

Mematikan Pendingin RuanganMenyalakan Pendingin Ruangan Seperlunya/ Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Beauties, cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik adalah dengan menyalakan pendingin ruangan seperlunya saja. Pasalnya, penggunaan AC atau pendingin ruangan adalah alat elektronik yang paling boros.

Jika kamu hendak bepergian atau merasa udara sekitar tidak begitu panas yang membuatmu bisa kegerahan, ada baiknya untuk tidak menyalakannya. Cara ini dapat menghemat penggunaan listrik sehari-hari.

2. Mematikan Segala Barang Elektronik Saat Tidur

Niacinamide yang bekerja saat kamu tidur/Foto: Pexels/Ivan OboleninovMematikan Segala Barang Elektronik Saat Tidur/Foto: Pexels/Ivan Oboleninov

Saat akan tidur, jangan lupa untuk mematikan segala barang elektronik. Tentunya kamu tidak akan menggunakannya bukan? Lalu untuk apa jika dibiarkan menyala.

Mematikan 6-9 jam sesuai waktu tidurmu tentu saja sangat bermanfaat karena dapat membuatnya menjadi tidak boros. 

3. Mematikan Lampu Saat Mulai Pagi dan Baru Nyalakan Saat Dirasa Gelap

Mematikan Lampu Saat Tidak DiperlukanMematikan Lampu Saat Mulai Pagi dan Baru Nyalakan Saat Sudah Gelap/ Foto: Freepik.com/teksomolika

Jangan lupa untuk selalu mematikan lampu saat mulai pagi dan menyalakannya kembali saat mulai gelap. Manfaatkan lah sinar matahari untuk masuk ke luar rumah, dengan banyaknya jendela terbuka. Dengan ini, rumah bisa tetap terang tanpa perlu menyalakan listrik di siang hari.

4. Mencabut Kabel dari Saklar Listrik Jika Tidak Dipakai

Mencabut Saklar ListrikMencabut Kabel dari Saklar Listrik Jika Tidak Dipakai/ Foto: Freepik.com/DCStuido

Cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan mencabut kabel dan peralatan yang terpasang lainnya pada saklar ketika tidak digunakan. Sebab, walaupun kamu merasa kabel tersebut tidak dipakai, nyata jika masih tertancap pada saklar alur listrik tersebut tetap mengalir. Berarti, kamu pun telah membuang listrik secara cuma-cuma.

Beauties, itu dia cara menghemat listrik supaya tagihan tidak membengkak. Jangan lupa untuk diterapkan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id