sign up SIGN UP

Tanamkan 6 Hal Ini di Pikiranmu untuk Mencegah Datangnya FOMO

aqillah diaz | Sabtu, 09 Oct 2021 19:00 WIB
Tanamkan 6 Hal Ini di Pikiranmu untuk Mencegah Datangnya FOMO
caption
Jakarta -

Fear of Missing Out (FOMO) adalah salah satu gangguan mental yang terjadi akan ketertinggalan suatu hal. Hal ini biasanya ditandai munculnya perasaan cemas dan khawatir apabila orang lain atau teman kita melakukan kegiatan yang menyenangkan dan kita ingin selalu terkoneksi dengan mereka.

Banyak remaja yang mengalami hal ini dan biasanya disebabkan oleh penggunaan media sosial. Hal ini dikarenakan, banyak orang yang mengunggah aktivitas atau keseharian mereka, sehingga timbul rasa ingin mengikuti hal itu atau ada rasa ingin tampil lebih bahagia di media sosial.

FOMO tak jarang dapat mengganggu aktivitas dan mengganggu perasaan. Jika kamu salah satu orang yang kerap mengalami hal ini, kamu bisa coba menanamkan beberapa mindset berikut ini untuk mencegah.

Menerima Diri Sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima diri sendiri. Tiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tidak hanya itu, kebahagiaan dan kesedihan yang dirasakan juga berbeda. Sadari juga, tidak semua hal yang kamu lihat di media sosial itu sempurna. 

Kamu Tidak Harus Punya Segalanya

Kamu Tidak Harus Punya Segalanya / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Kamu Tidak Harus Punya Segalanya / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Ingin memiliki banyak hal yang dimiliki oleh orang lain adalah salah satu ciri FOMO. Namun, nyatanya kebutuhan tiap orang itu berbeda dan terbatas. Kamu harus mengerti bahwa kamu tidak harus memiliki sehalanya dan kamu harus memprioritaskan kebutuhanmu saat ini. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan ya, Beauties.

Mengurangi Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan

Mengurangi Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan / foto : pexels.com/RODNAEProduction
Mengurangi Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan / foto : pexels.com/RODNAEProduction

Nah, media sosial adalah salah satu penyebab terbesar terjadinya FOMO. Kamu dapat menonaktifkan akun media sosialmu untuk sementara waktu agar kamu merasa lebih baik. Atau, kamu juga bisa membatasi waktumu dalam penggunaan media sosial.

Seperti saat bekerja atau melakukan hal lain, sebaiknya hindari penggunaan gawai dan media sosial. Tidak mengunggah sesuatu di media sosial bukan berarti kamu tidak bahagia, bukan?

Fokus pada Kelebihan Diri Sendiri

Fokus pada Kelebihan Diri Sendiri / foto : pexels.com/OlegMagni
Fokus pada Kelebihan Diri Sendiri / foto : pexels.com/OlegMagni

Selain itu, kamu juga dapat fokus pada kelebihan yang kamu miliki. Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi jika pengaruh media sosial sangat kuat. So, kamu harus pandai untuk memilih orang yang dapat memberikan aura positif pada dirimu, agar kamu terhindar dari FOMO. Carilah kegiatan lain agar kamu merasa gembira saat tidak membuka media sosial, seperti melakukan hobi atau hal lain. Jika kamu fokus pada kelebihan dan hal yang kamu cari, maka kamu akan memliki kesenangan yang lebih lama daripada kamu tidak fous pada kelebihanmu. 

Nikmati Prosesnya

Nikmati Prosesnya / foto : pexels.com/JuliaAvamotive
Nikmati Prosesnya / foto : pexels.com/JuliaAvamotive

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menikmati setiap proses. Nikmati hal yang kamu lakukan dari bangun tidur hingga akan tidur. Bangun pemikiran positif bahwa yang kamu lakukan ini memiliki peluang dan bermanfaat, sehingga kamu tidak akan terbebani oleh hal yang belum kamu dapatkan. 

Bersyukur

Bersyukur / foto : pexels.com/TUBARONESPhotoshoot
Bersyukur / foto : pexels.com/TUBARONESPhotoshoot

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah bersyukur. Dengan bersyukur, kamu dapat mengurangi rasa insecure pada orang lain, lho. So, bersyukurlah dengan apa yang kamu lakukan dan kamu miliki. Pasti kamu akan merasa lebih bahagia.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah FOMO? Kira-kira kamu punya tips lain apa nih untuk mencegah FOMO? Tinggalkan komentar di bawah, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id