STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tanda Bahwa Pekerjaan Juga Bisa Berpengaruh Buruk pada Kesehatan Mental Kamu

Penny Fatikasari | Beautynesia
Jumat, 21 Aug 2020 18:00 WIB
Tanda Bahwa Pekerjaan Juga Bisa Berpengaruh Buruk pada Kesehatan Mental Kamu

Pernah nggak sih kamu merasa malas bertemu hari Senin? Bahkan kamu merasa malas bila harus bertatapan kembali dengan bos maupun rekan kerja kantormu. Nggak hanya itu, untuk melakukan pekerjaan seperti biasanya pun rasanya malas dan bosan. Duh, bisa-bisa pekerjaanmu malah enggak efektif bahkan kesehatan mentalmu bisa terganggu. Hati-hati, jangan-jangan pekerjaanmu juga bisa berpengaruh buruk pada kesehatan mentalmu seperti tanda-tanda berikut ini!

Sulit Berkonsentrasi

sulit berkonsentrasi
Sulit Berkonsentrasi/Pexels.com

Saking semangatnya bekerja juga bisa membuat pikiran terasa jenuh. Bekerja seharian dari pagi hingga malam pun harus terkoordinir dengan baik dan jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Tanda kesehatanmu mulai terganggu diantaranya adalah sulit berkonsentrasi. Walaupun kamu sudah akrab dengan deadline maupun rutinitas pekerjaanmu tak jarang kamu pun bisa mengalami sulit berkonsentrasi. Maka dari itu cobalah untuk merefleksikan tenaga dan pikiranmu sejenak. Jika perlu ambilah cuti dan lakukan hal-hal menarik yang bisa membuat mood dan semangatmu bangkit kembali.

Performa Kerja Menurun

performa kerja menurun
Performa Kerja Menurun/Pexels.com

Tanda selanjutnya yang muncul akibat pekerjaan juga bisa berpengaruh pada kesehatanmu adalah performa kerjamu menurun seiring waktu. Tanda ini bisa dikarenakan faktor-faktor yang terjadi dalam budaya kerja, misalnya kinerjamu kurang diapresiasi oleh rekan kantor sehingga menurunkan semangat dan gairah kerjamu. Bisa juga karena adanya rekan kantor toxic yang menyebabkan suasana hatimu berubah drastis, sehingga berpengaruh pada kinerjamu dan membuatmu merasa nggak nyaman. Hal lain yang bisa saja muncul ialah karena memaksakan diri untuk bekerja hingga larut. Alhasil tubuhmu pun drop perlahan bahkan mengakibatkan kinerjamu menjadi memburuk. Duh, sayangi dirimu ya, Ladies?

Sering Emosi

sering emosi
Sering Emosi/Pexels.com

Sering emosi juga menjadi tanda bahwa pekerjaan berpengaruh buruk pada kesehatan mentalmu, lho! Banyak diantaranya yang membawa masalah pekerjaan ke rumah dan melampiaskannya kepada orang-orang terdekatnya. Kamu pun selalu emosi bahkan sering mengeluh akan pekerjaanmu. Tak hanya itu, kamu pun sering mengabaikan keluarga, sahabat bahkan orang-orang yang kamu kasihi. Sebaiknya pikirkan kembali apakah kamu tetap ingin bekerja di perusahaan tersebut atau beralih ke tempat kerja lain yang lebih baik.

Sering Merasa Bersalah dan Gelisah

sering merasa bersalah dan gelisah
Sering Merasa Bersalah dan Gelisah/Pexels.com

Jika kamu sangat mencintai pekerjaanmu, maka kamu akan bahagia untuk menjalaninya. Namun, jika kamu sudah malas bertemu dengan hari Senin bahkan rekan kantormu, itu tandanya bahwa kesehatan mentalmu mulai terganggu. Jika pekerjaan yang kamu lakukan justru membuatmu merasa bersalah bahkan membuatmu merasa gelisah, maka sudahi saja ya, Ladies? Jangan biarkan dirimu berlarut dalam kesedihan maupun ketakutan setiap harinya. Ingat! Kamu pun layak mengembangkan karir dan skill di tempat yang lebih baik lagi.

(arm2/arm2)

RELATED ARTICLE