sign up SIGN UP

LIFE

Bingung Bagaimana Harus Resign? Coba Lakukan dengan Cara Sopan Ini

Penny Fatikasari | Kamis, 16 Jul 2020 10:00 WIB
Bingung Bagaimana Harus Resign? Coba Lakukan dengan Cara Sopan Ini
caption
Jakarta -

Sudah enggak betah dengan drama yang ada di tempat kerja? Seperti lingkungan yang enggak nyaman, rekan kerja toxic, jenjang karir yang enggak kunjung tiba, gaji yang enggak naik-naik, jam kerja yang enggak relevan dan lain sebagainya bisa saja menjadi pemicu seseorang memilih resign sebagai jalan akhirnya. Apalagi melihat fenomena generasi zaman sekarang yang suka berpindah-pindah tempat kerja dengan berbagai macam alasan didalamnya.

Namun, ada banyak kasus seseorang mengajukan resign dengan memilih jalan yang “enggak sopan”! Ada yang keluar seenaknya saja karena sudah saking kesalnya, enggak pernah masuk kantor dan memilih menghilangkan jejak, memblokir kontak telpon dan sosial media orang-orang di tempat kerja dan masih banyak lagi. Duh, kalau begitu citra mu bisa di cap jelek, lho! Resign itu adalah hak kamu, kok! Tetapi, kamu bisa coba lakukan dengan cara sopan berikut ini, ya! Simak artikel ini, yuk!


Siapkan Alasan yang Jelas Dirimu Memilih Resign

Siapkan alasan yang jelas
Siapkan Alasan yang Jelas Dirimu Memilih Resign/Freepik.com

Belum setahun bekerja rasanya sudah ingin resign? Bisa saja karena kamu salah memilih pekerjaan atau jiwamu memang enggak cocok berada di tempat itu. Akan ada banyak sekali hal seseorang ingin mengajukan resign. Selain alasan nggak cocok, bisa saja mereka ingin resign karena lebih memilih untuk fokus dan memprioritaskan keluarga atau karena memang ingin berkarir di tempat lain. Sebaiknya kita bisa memaklumi kehendak mereka sebagai karyawan di dalamnya.

Keputusan yang diambil tentunya sudah dipikirkan secara matang dan siap menerima segala konsekuensinya. Dengan memberikan alasan yang jelas kenapa kamu ingin resign, tentunya keputusanmu ini akan dihargai oleh orang-orang di tempat kerjamu. Berbeda halnya dengan mereka yang diam-diam memilih kabur tanpa basa-basi sepatah katapun. Takutnya kamu bisa dipikir yang tidak-tidak atau kamu memiliki masalah dan kinerja yang sangat buruk di tempat kerja. Nah, coba pikirkan kembali kenapa kamu ingin resign, ya?

Sebelum Resign, Pastikan Tanggunganmu Sudah Beres Semua

Tanggungan sudah beres
Pastikan Tanggunganmu Sudah Beres/Freepik.com

Coba pikirkan kembali, kamu masih memiliki tagihan-tagihan bulanan yang harus dicicil di tempat kerja atau masih ada pinjaman yang belum dilunasi? Nah, sebaiknya sebelum memutuskan resign, kamu harus lunasi seluruh tanggunganmu agar kamu enggak ada lagi sangkut pautnya dengan perusahaan di tempatmu bekerja. Selain itu, coba cek kembali apakah kerjaanmu masih harus di selesaikan sesuai target? Jika iya sebaiknya selesaikan dulu seluruh pekerjaanmu, supaya kamu bisa undur diri dengan tenang dan tidak dipermasalahkan kembali. Maka dari itu, cobalah untuk mencari timing yang tepat untuk mengajukan resign, ya!

Buatlah Surat Pengunduran Diri yang Profesional

Buat surat pengunduran diri
Buatlah Surat Pengunduran Diri yang Profesional/Freepik.com

Jika pertemuanmu dimulai dengan niat dan cara yang baik, maka saat pergi atau mengundurkan diripun harus disertai dengan hati yang lapang serta tetap junjung tinggi sopan santun dimanapun kamu berada. Jika tekadmu sudah bulat untuk memutuskan resign, maka kamu bisa membuat surat pengunduran diri secara jelas, profesional dan juga tetap sopan. Tentunya surat  resign mu ini akan dibaca oleh atasan maupun petinggi pada perusahaan sebagai tuan rumahnya.

Tetap Jaga Relasi dan Kinerja Pada Saat Menjelang Resign

Tetap jaga relasi dan kinerja
Tetap Jaga Relasi dan Kinerja/Freepik.com

Jika keputusanmu sudah bulat, maka bukan berarti kamu harus bermalas-malasan bahkan acuh tak acuh ketika berhadapan dengan rekan kantor menjelang resign bukan? Perihal apapun masalah dan keputusan yang kamu hadapi bukan berarti hal ini membuat dirimu dan rekan kerja menjadi renggang. Tetap jaga relasi dan silaturahmi walaupun kamu sudah resign nantinya.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id