sign up SIGN UP

Terbaru: Bunga Deposito Bank Hanya 2%, Ini Investasi yang Bisa Dipilih karena Potensi Untungnya Lebih Besar

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 08 Dec 2021 19:45 WIB
Terbaru: Bunga Deposito Bank Hanya 2%, Ini Investasi yang Bisa Dipilih karena Potensi Untungnya Lebih Besar
caption
Jakarta -

Investasi merupakan cara untuk mengembangkan nilai dari aset yang telah kita miliki. Menyimpan uang dalam bentuk deposito di bank mungkin pernah kamu lakukan, Beauties.

Tetapi mengutip dari detikFinance, kini bunga deposito berada di bawah 3%. Sejumlah bank juga sudah memasang bunga simpanan berjangka di level 2%.

Adapun bunga acuan dari bank sentral yang juga rendah yakni berada di posisi 3,5%. Tahukah kamu bahwa ini adalah bunga acuan paling rendah sepanjang sejarah?

Karena bunga deposito hanya segitu, mungkin saat ini kamu lagi berpikir untuk meletakkan uang di mana lagi ya, dan kalau bisa dapat memberi cuan yang lebih besar.. Cek jawabannya di bawah ini, yuk!

Investasi menambah penghasilanInvestasi menambah penghasilan/ Foto: freepik.com

Obligasi atau Sukuk Ritel

Perencana keuangan dari Advisor Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengungkap ada alternatif instrumen investasi lain yakni obligasi atau sukuk ritel negara, yang risikonya rendah.

Masih dikutip dari laman detikFinance, alasannya karena suku bunganya yang lebih tinggi dari deposito bank. Dan dari segi keamanan, terbilang aman karena yang menerbitkan surat utang adalah pemerintah sendiri.

Obligasi itu sendiri adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Demikian dikutip dari laman Sikapi Uangmu OJK. Cara kerjanya hampir mirip dengan deposito bank, jadi kamu menyimpan sejumlah uangmu, kemudian kamu mendapat bunga (kupon) pada periode waktu tertentu.

Logam Mulia

Alternatif investasi lainnya adalah logam mulia, Beauties. Meski di awal 2021 logam mulia rendah, namun menurut Andy masih tetap menjanjikan secara jangka panjang dan bisa menjadi sarana lindung nilai yang baik.

logam mulia cocok untuk karakter fashion AquariusLogam mulia /Foto: Unsplash/ Sabrinna Ringquist

Reksa Dana

Selanjutnya adalah reksa dana pasar uang. Investasi ini juga cocok bagi investor pemula serta dinilai minim risiko. Selain itu juga relatif tidak butuh modal besar juga jangka waktu investasi yang fleksibel.

Bank Digital

Bank digital saat ini juga lumayan menarik dari sisi bunga deposito, karena lebih tinggi dibanding bank konvensional. Tetapi sebelum menitipkan uangmu, perhatikan juga karena tingginya bunga terkadang nggak sesuai dengan bunga penjaminan LPS.

Alhasil bila terjadi risiko likuidasi bank, maka nggak bisa dibantu pengembalian dana tabungan tersebut.

[Gambas:Youtube]

------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id