Terkesan Sepele, 5 Hal yang Jarang Disadari Ini Bisa Bikin HRD Ilfeel saat Interview Kerja!
Sudah berkali-kali mengikuti wawancara kerja, namun perusahaan belum kunjung merekrutmu sebagai karyawan? Hmm, mungkin saja tanpa sengaja atau tanpa disadari kamu telah melakukan beberapa hal yang ternyata membuat HRD atau pewawancara ilfeel denganmu, nih!
Lantas apa saja, sih, hal-hal yang jarang disadari yang bisa bikin HRD ilfeel saat wawancara kerja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!
Salah Kostum
![]() Salah kostum/Foto: Pexels.com/Mart Production |
Hal pertama yang paling menarik perhatian HRD tentunya cara berpakaianmu, Beauties. Apabila dari awal saja kamu sudah salah memilih kostum yang tidak sesuai dengan kultur perusahaan, tentu saja mereka akan menilai bahwa kamu kurang paham terhadap perusahaan tersebut.
Dirangkum dari berbagai sumber, umumnya perusahaan korporasi mempunyai aturan berpakaian yang formal, seperti blazer, kemeja, dan blouse. Sedangkan perusahaan startup justru pakaiannya cenderung lebih santai namun tetap sopan. Bayangkan seandainya kamu mengenakan pakaian casual saat interview di perusahaan korporasi ataupun sebaliknya, bukankah ini akan memberikan kesan tidak baik?
So, sebelum interview kerja berlangsung ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai aturan berpakaian di perusahaan tersebut, ya!
Kurang Ramah
![]() Kurang ramah/Foto: Pexels.com/Anna Shvets |
Dibandingkan dengan orang yang berekspresi datar bahkan cenderung jutek, kamu pasti lebih tertarik untuk berbicara dengan orang yang berwajah ceria dan ramah, bukan? Begitu pula dengan para HRD. Ekspresi wajah sangat berpengaruh terhadap kenyamanan seseorang saat berkomunikasi denganmu. Jadi usahakan untuk menampilkan wajah yang selalu tersenyum ya, Beauties!
Tidak Kontak Mata
![]() Tidak melakukan kontak mata/Foto: Pexels.com/Shvets Production |
Ketika sedang gugup, tak jarang seseorang akan luput menatap mata lawan bicaranya. Padahal, kontak mata itu diperlukan agar lawan bicara merasa dihargai. Jika kamu terlalu gugup untuk melakukan kontak mata dengan HRD atau pewawancara, maka kamu bisa mengakalinya dengan menatap bagian tengah dahinya saja.
Trik sederhana ini berguna untuk meminimalisir kegugupanmu karena harus kontak mata dengan HRD. Sehingga HRD akan memandang kamu sebagai orang yang memiliki attitude baik dan percaya diri.
Terlalu Membanggakan Diri Sendiri
Tujuan utama HRD melakukan interview adalah untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang dirimu yang sekiranya sesuai dengan kualifikasi pada pekerjaan yang dilamar. Maka dari itu sebenarnya tak ada yang salah jika kamu menceritakan prestasi yang telah berhasil diraih sebelumnya.
Namun, agar tak dikira terlalu membanggakan diri sendiri, maka sampaikanlah jenis prestasi yang sekiranya sesuai dengan posisi yang hendak dilamar. Dengan penyampaian yang baik dan to the point, hal ini tentu akan menambah kualitas dirimu di mata HRD.
Terlalu Minder
Berkebalikan dengan poin sebelumnya, perilaku minder pada saat interview kerja sudah pasti menurunkan kualitas dirimu. Perilaku ini dapat tercermin melalui banyak hal, seperti raut wajah, gestur tubuh, intonasi suara hingga pelafalan kata yang diucapkan. Selain itu, kurangnya persiapan juga dapat memicu rasa minder di dalam dirimu, lho. Sebelum interview, persiapkan segala sesuatunya dengan matang ya, Beauties!
Itulah dia beberapa hal yang jarang disadari yang dapat membuat HRD ilfeel denganmu ketika sesi interview berlangsung. Pada kesempatan interview berikutnya, usahakan untuk menghindari hal-hal tersebut ya, Beauties! Semoga berhasil!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Pilihan Redaksi |


