sign up SIGN UP

Sering Tak Disadari, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Recruiter Ragu untuk Menerimamu Bekerja!

aqillah diaz | Kamis, 13 Jan 2022 06:15 WIB
Sering Tak Disadari, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Recruiter Ragu untuk Menerimamu Bekerja!
Alasan Recruiter Ragu Menerima Lamaran Kerjamu/Foto: Pexels.com/TimaMiroshnichenko

Kamu kesulitan mencari kerja padahal sudah mencoba melamar berkali-kali? Mungkin salah satu hambatan yang kamu alami adalah sikapmu saat interview. Bisa jadi itu adalah salah satu hal yang membuat recruiter ragu untuk menerimamu. Sebagai seorang recuiter, recruiter bertanggung jawab untuk memastikan calon pekerja yang memiliki pengalaman, sekaligus sikap yang positif.

Mungkin terdapat sikapmu yang ketika diwawancarai yang salah atau terlalu berlebihan atau kurang sopan. Nah, sebaiknya kamu harus menghindari hal ini ya. Berikut beberapa hal yang bikin recruiter ragu akan menerimamu. Check this out!

1. Datang Terlambat ketika Wawancara

Datang Terlambat ketika Wawancara / foto : pexels.com/cottonbro
Datang Terlambat ketika Wawancara / foto : pexels.com/cottonbro

Ketika kamu akan melaksanakan wawancara secara langsung, sebaiknya datang tepat waktu dan tidak membuat recruiter atau pihak perusahaan menunggu. Masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Namun, kamu harus mengingat bahwa datang lebih awal untuk suatu pertemuan merupakan salah satu nilai lebih bagi recruiter untuk mempertimbangkanmu bekerja di perusahaan.

Selain itu, hal tersebut juga merupakan sifat yang dimilik oleh pemimpin sukses. Oleh karena itu, jangan sampai terlambat ya ketika kamu akan melakukan wawancara. 

2. Terlalu Panjang ketika Menceritakan Diri Sendiri

Terlalu Panjang ketika Menceritakan Diri Sendiri / foto : pexels.com/TimaMiroshinechenko
Terlalu Panjang ketika Menceritakan Diri Sendiri / foto : pexels.com/TimaMiroshinechenko

Ketika dalam sesi wawancara, tentunya recruiter akan memintamu untuk menceritakan dirimu. Recruiter ingin mengetahui kepribadian orang yang akan diterima kerja di perusahaannya, sehingga kamu tidak perlu menceritakan dirimu terlalu panjang, bahkan sampai ke hal yang terlalu dalam.

Kamu bisa menjawab tentang kegiatan, keseharian, dan hubungan keluargamu secara singkat. Jika kamu terlalu dalam, hingga menceritakan dirimu sampai ke hal yang tidak penting, bisa jadi peluangmu untuk diterima sangat kecil. 

3. Bertele-tele ketika Menjawab Pertanyaan

Bertele-tele ketika Menjawab Pertanyaan / foto : pexels.com/nappy
Bertele-tele ketika Menjawab Pertanyaan / foto : pexels.com/nappy

Kesalahan lain yang bisa membuat recruiter ragu denganmu adalah ketika sesi tanya jawab berlangsung, kamu menjawabnya terlalu bertele-tele. Kamu hanya perlu menjawab pertanyaan secara singkat, padat, dan jelas namun tetap sesuai dengan konteks atau arahnya.

Jika jawabanmu bertele-tele, justru akan membuat recruiter berpikir kamu tidak fokus dan terlalu rumit. Sedangkan di dalam perusahaan dibutuhkan seseorang yang memiliki ketepatan agar tidak membuang-buang waktu. 

4. Terlalu Membanggakan Koneksi di Tempat Kerja

Terlalu Membanggakan Koneksi di Tempat Kerja / foto : pexels.com/EdmondDantes
Terlalu Membanggakan Koneksi di Tempat Kerja / foto : pexels.com/EdmondDantes

Ketika kamu memiliki koneksi di tempat kerja yang kamu lamar merupakan nilai tambah, namun kamu juga harus mengerti bahwa hal ini juga memiliki risiko yang besar jika kamu terlalu berlebihan membanggakan orang yang kamu kenal di perusahaan, karena bisa jadi justru mereka menolakmu. 

Ada baiknya untuk tetap humble dan rendah diri ketika kamu melakukan interview. Dan usahakan tetap percaya diri dengan diri sendiri agar recruiter tertarik untuk merekrutmu di kantor atau perusahaannya. 

5. CV Kurang Menarik dan Tidak Relevan

CV Kurang Menarik dan Tidak Relevan / foto : pexels.com/cottonbro
CV Kurang Menarik dan Tidak Relevan / foto : pexels.com/cottonbro

CV merupakan salah satu hal penting ketika kamu akan melamar ke suatu perusahaan. CV merupakan daftar riwayat hidup yang menjelaskan tentang dirimu, riwayat pendidikan atau pengalaman organisasi dan kerja, skill yang kamu miliki, dan prestasi yang pernah kamu raih. Ketika akan melamar pekerjaan, kamu harus mengetahui apakah struktur CV yang kamu kirim sudah relevan atau belum.

Kamu juga perlu untuk menuliskan skill yang atau pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar, sehingga hal ini dapat menjadi nilai tambah bagimu ketika recruiter akan mewawancarai kamu. 

Itulah 5 hal yang bikin recruiter ragu akan menerimamu. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati dan menyiapkan segala sesuatu hal sebelum interview dengan baik. Tetap semangat ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id