sign up SIGN UP

Terlihat Sepele, Ini 5 Efek Negatif Kerja Multitasking yang Harus Kamu Hindari

Ruhil Anadiah Sabrina | Beautynesia
Jumat, 14 May 2021 16:15 WIB
Terlihat Sepele, Ini 5 Efek Negatif Kerja Multitasking yang Harus Kamu Hindari
caption
Jakarta -

Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah multitasking? Ya benar sekali multitasking yaitu melakukan dua pekerjaan dalam waktu bersamaan. Pasti dari kita sering banget mendengar bahwasanya, harus bisa menjadi pribadi yang multitasking dalam menyelesaikan pekerjaan.

Sebenarnya gak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut selagi kamu bisa me-manage pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan kemampuan. Namun kebiasaan multitasking juga memiliki efek negatifnya lho, apa saja? Yuk, baca artikelnya di bawah ini

1. Jadi tidak fokus menyelesaikan pekerjaan

tidak fokus bekerja
tidak fokus bekerja/pexels.com

Bekerja secara multitasking akan membuat kita jadi sulit fokus dan mudah terganggu terhadap hal lain. Misalnya nih kamu lagi fokus cek email yang masuk, namun juga mengerjakan tugas deadline hari ini.

Tentu ini akan membuat konsentrasi kita terhadap pekerjaan jadi terbelah. Niat hati menyelesaikan dua pekerjaan dalam waktu bersamaan supaya cepat selesai, tapi pekerjaan malah gak kelar-kelar.

2. Memang bisa cepat menyelesaikan pekerjaan, namun belum tentu hasilnya maksimal

kerja multitasking
kerja multitasking/pexels.com

Salah satu sisi positif bekerja multitasking yaitu pekerjaan jadi cepat selesai. Biasanya hanya dapat menyelesaikan satu pekerjaan, dengan multitasking kamu bisa menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus.

Namun, ternyata itu gak selalu bagus lho, karena belum tentu hasil dari pekerjaan tersebut bisa maksimal. Tentunya kalau menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus butuh konsentrasi dan perhatian yang penuh, gak cuma asal-asalan saja. 

3. Pemahaman kita terhadap pekerjaan jadi menurun

konsentrasi menurun
konsentrasi menurun/pexel.com

Efek selanjutnya bekerja secara multitasking yang berlebihan yaitu membuat pemahaman kita terhadap pekerjaan jadi menurun. Menyelesaikan satu pekerjaan saja kadang masih suka keliru dan banyak berkas yang masih kelewatan. Apalagi kita menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, tentu bisa membuat pemahaman kita dalam satu pekerjaan jadi menurun. Oleh karena itu selesaikan pekerjaan satu per satu dulu, supaya hasilnya bisa maksimal.

4. Rentan membuat kita tambah stres

capek kerja
wanita sedang capek kerja/pexel.com

Dampak multitasking selanjutnya yaitu bisa membuat kita rentan stres. Misalnya nih kamu sedang fokus mengerjakan tugas dari atasan, namun kamu gabung mengurus pekerjaan lain di luar kantor. Tentu hal ini membuat fokus dan konsentrasi kita jadi terbelah, sehingga rentan menimbulkan stres dan tekanan.

Oleh karena itu, kurangi kerja secara multitasking ya, sebisa mungkin selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu dari yang paling urgent. Kemudian menyelesaikan pekerjaan yang longgar.

5. Tingkat produktivitas jadi menurun

wanita karier
wanita karier/pexels.com

Dampak terakhir adanya multitasking dalam bekerja yaitu bisa menurunkan produktivitas. Kita pasti menganggap bekerja multitasking bisa mempercepat pekerjaan, ya memang benar namun di lain sisi bisa membuat produktivitas dalam bekerja jadi menurun lho. Oleh karena itu penting sekali mengatur waktu dan membagi prioritas supaya produktivitas bekerja tetap terjaga. 

Bagaimana apakah kamu sering bekerja secara multitasking? Sebenarnya tidak ada yang salah kok selagi kamu bisa mengaturnya dengan bijak. Namun akan lebih baik jika bekerja yang sewajarnya saja.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id