Ternyata, Ini 4 Alasan Brand Fashion Global Memilih Selebriti Korea Sebagai Brand Ambassador
Akhir-akhir ini, marak berita dari sejumlah brand fashion global ternama yang mengumumkan duta baru mereka. Menariknya hampir semua brand ambassador terbaru berasal dari kalangan selebriti Korea, Beauties.
Hal ini secara tidak langsung menunjukkan betapa besar pengaruh tokoh industri hiburan Korea dalam menggerakkan selera fashion untuk masyarakat dunia secara luas.
Mungkin sebagian dari Beauties ada yang bertanya-tanya, mengapa brand fashion global sangat antusias bekerjasama dengan selebriti Korea? Ternyata ini beberapa alasannya, Beauties!
1. Memperluas Target Pasar
![]() Potret Jennie (BLACKPINK) dan G-Dragon (BIGBANG)/ Foto: instagram.com/jennierubyjane; instagram.com/xxxibgrdgn |
Alasan utama brand fashion global menggaet selebriti Korea sebagai duta adalah untuk memperluas target pasar. Setiap harinya pengaruh budaya K-Pop semakin mendunia. Banyak hal menarik yang menginspirasi publik dari para selebriti Korea.
Brand CHANEL yang awalnya hanya berorientasi membidik pasar dari kalangan nyonya besar mulai melebarkan ranahnya sejak bergabungnya G-Dragon sebagai brand ambassador.
Melansir dari media Doyouram, gaya elegan dan klasik yang merupakan karakteristik item fashion dari CHANEL ternyata cocok untuk laki-laki sebagaimana produk tersebut terlihat menawan dikenakan oleh G-Dragon.
Di samping itu, Jennie BLACKPINK yang juga menjadi global ambassador dari CHANEL mampu memancarkan pesona trendi dari setiap koleksi terbaru hingga berhasil menarik minat para perempuan dari kalangan muda untuk membeli pakaian dan aksesoris brand.
Hingga yang terbaru, Minji NewJeans pun didapuk sebagai brand ambassador rumah mode ternama tersebut.
2. Angka Penjualan Meningkat
![]() Potret Sehun (EXO), Jisoo (BLACKPINK), dan Jimin (BTS)/ Foto: instagram.com/koreadispatch |
Meluasnya pasar brand fashion global dengan perwakilan duta dari selebriti Korea secara signifikan turut meningkatkan angka penjualan. Contoh nyata kali ini adalah melesatnya minat konsumsi hingga menanjaknya saham brand DIOR.
Partisipasi Jisoo BLACKPINK di setiap event sebagai brand ambassador sukses meningkatkan angka penjualan sebesar 8 kali lipat selama beberapa tahun terakhir seperti yang dilansir dari media WWD.
Tak hanya itu, menurut The Business of Fashion, Jisoo juga membantu DIOR mencapai keuntungan sebesar 7 juta dollar untuk acara peragaan busana terakhir kali.
Di sisi lain, Sehun EXO juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan angka penjualan untuk koleksi pakaian laki-laki DIOR mulai dari aktivitasnya sebagai brand ambassador pada 2020 lalu hingga saat ini.
Koleksi pakaian laki-laki DIOR semakin diminati sejak Jimin BTS dikonfirmasi menjadi brand ambassador global terbaru pada (16/1).
Korea sebagai Negara dengan Konsumsi Barang Branded Terbanyak di Dunia!
Potret selebriti Korea yang ditunjuk sebagai duta brand fashion global. (Foto: instagram.com/koreadispatch)
3. Memperkuat Citra Brand
![]() Potret IU, Kai (EXO), dan Hanni (NewJeans)/ Foto: instagram.com/koreadispatch |
Brand fashion global tidak sembarangan dalam memilih perwakilan selebriti Korea untuk memberikan kepercayaan sebagai brand ambassador. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk memperkuat citra brand agar ciri khas awal tidak pudar.
Tidak semua aura mahal dari selebriti Korea bisa memenuhi kriteria brand tanpa memperhatikan pesona secara jeli. Alexandro Michael sebagai direktur GUCCI mengungkapkan bahwa ada alasan tersendiri ia mengajak Kai EXO, IU, dan Hanni NewJeans sebagai bagian dari kampanye rutin brand.
Dilansir dari media Doyouram, sang direktur memilih Kai karena visual menawan Kai dapat memancarkan kekuatan yang menawan untuk menciptakan berbagai reaksi imajiner sesuai dengan target pasar generasi MZ.
Direktur baru yang mulai menjabat pada tahun 2015 tersebut juga menambahkahkan IU dan Hanni NewJeans sebagai brand ambassador terbaru pada 2022 lalu.
Masih dilansir dari media Doyouram, Michael merasakan bahwa selera mode IU dapat mewakilkan pertumbuhan fashion yang dirintis GUCCI. Di samping itu, Hanni terpilih karena memiliki potensi besar untuk menunjukkan gaya berpakaian yang modern namun tetap terlihat murni.
4. Korea Selatan sebagai Negara Konsumsi Barang Branded Terbesar di Dunia
![]() Potret Taeyang (BIGBANG), Yoona (SNSD), dan Jaehyun (NCT)/ Foto: instagram.com/koreandispatch |
Pada (13/1) lalu, media CNBC melaporkan bahwa Korea Selatan menjadi negara dengan konsumsi barang branded terbanyak di seluruh dunia diikuti oleh Amerika dan China.
Hal ini menjadikan Korea Selatan merupakan target pasar yang sangat tepat untuk memperluas nilai serta eksistensi brand fashion global. Dari hasil laporannya, CNBC menguraikan total pengeluaran masyarakat negeri gingseng tersebut untuk barang branded naik sejumlah 325 dollar per kapita.
Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa masyarakat Korea Selatan dikenal dengan gaya hidup mewah dan persaingan status sosial yang cukup tinggi. Seorang analis, Morgan Stanley menjelaskan, “Penampilan dan kesuksesan finansial dapat lebih beresonansi dengan konsumen di Korea Selatan daripada di kebanyakan negara lain”.
Penjelasan Morgan Stanley yang dipaparkan oleh CNBC semakin diperkuat dengan adanya data dari bank investasi Korea yang menunjukkan kekayaan bersih rumah tangga negara naik sebesar 11% di tahun 2021.
Wah, ternyata banyak faktor pendukung yang saling memberikan keuntungan dan kepuasan dibalik kerjasama brand fashion global dan selebriti Korea, Beauties. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang nanti Korea Selatan membawa pengaruh lebih besar di dunia bisnis mode.
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



