sign up SIGN UP

Ternyata Mimpimu Bisa Dikendalikan, Kenali Apa itu Lucid Dream!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 11 Aug 2021 10:30 WIB
Ternyata Mimpimu Bisa Dikendalikan, Kenali Apa itu Lucid Dream!
caption

Beauties, apakah kalian pernah mendengar fenomena dimana kita dalam keadaan sadar bahwa kita sedang bermimpi? Fenomena ini disebut sebagai lucid dream, dimana seseorang bisa mengendalikan apa yang terjadi di dalam mimpinya dalam segi kejadiannya, siapa di dalamnya, ataupun situasi lainnya.

Proses Lucid Dream

Lucid dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ Eren Li

Tahapan tidur pada dasarnya dibagi menjadi dua, tahapan rapid eye movement dan nonrapid eye movement. Lucid dream terjadi ketika manusia memasuki tahapan tidur terakhir yaitu rapid eye movement (REM).

Di tahapan tidur terakhir ini, gelombang otak masih kemungkinan aktif sehingga membuat kita merasa berada di fase tertidur dan sadar meskipun kita sudah tidur nyenyak. Kita sudah benar-benar terlelap dalam tahapan tidur ini namun, pernapasan, gerakan bola mata, dan detak jantung kini menjadi lebih cepat.

Kondisi inilah yang membuat fenomena mimpi terjadi, termasuk lucid dream. Dilansir dari MPG, lucid dream terjadi ketika aktivitas pada area kortikal atau area otak bagian depan (prefrontal cortex) terstimulasi. Berbeda dengan mimpi biasa dimana kamu tidak menyadari lingkungan atau situasi yang terjadi di dalam mimpi, lucid dream justru membuatmu sadar bahwa kamu sedang bermimpi dan kamu bisa bebas mengatur mimpimu.

Contoh Lucid Dream

Lucid dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ Kaique Rocha

Contohnya, di dalam mimpi kamu tersesat di sebuah hutan dan berencana keluar. Dalam keadaan sadar bahwa kamu sedang bermimpi, kamu secara spontan mengeluarkan senter dan berjalan menghindari semak-semak di hutan untuk mencari jalan keluar. Jika kejadian tersebut terjadi di dunia nyata, maka kamu pun akan melakukan hal yang sama.

Namun, apakah kalian tahu bahwa bermimpi berjalan di dalam hutan ternyata memiliki pertanda penting bagi kehidupan kita di masa depan? Simak 5 arti mimpi berikut yang menunjukkan masa depan kita.

Setiap dari kita bisa belajar untuk mengontrol situasi di dalam mimpi kita ketika dalam keadaan tidur nyenyak, dilansir dari MedicalNewsToday. Hal ini bergantung pada seberapa cepat kita menyadari bahwa kita sedang bermimpi.  

Lucid Dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ PNW Production

Menurut penelitian meta-analisis milik Saunders et al. (2016), 55% dari orang dewasa akan mengalami lucid dream paling sedikit sekali dalam hidupnya tanpa disengaja dan 23% mengalami lucid dream lebih dari sekali.

Melihat kemungkinan mengalami lucid dream, apakah kalian tertarik mempelajarinya lebih dalam untuk mengontrol mimpi yang kalian alami, Beauties?

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id