sign up SIGN UP

LIFE

Oh! Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah dari Mimpi Buruk

Rumaysha Milhania | Jumat, 09 Oct 2020 22:30 WIB
Oh! Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah dari Mimpi Buruk
caption
Jakarta -

Semua orang pernah mengalami mimpi buruk. Namun, ini akan sangat mengganggu jika mimpi ini membuat kamu terbangun karena ketakutan akan mimpi buruk yang sangat menakutkan. Pada dasarnya mimpi buruk lebih sering terjadi pada anak-anak. Namun, satu dari dua orang dewasa kadang-kadang mengalami mimpi buruk. Lalu, apa sebenarnya penyebab dari mimpi buruk? Mengapa orang dewasa masih sering mengalaminya? 

Semua orang pernah mengalami mimpi buruk. Namun, ini akan sangat mengganggu jika mimpi ini membuat kamu terbangun karena ketakutan akan mimpi buruk yang sangat menakutkan.
Penyebab Mimpi Buruk/ Sumber: Freepik.com

Berbeda dengan anak-anak, mimpi buruk yang dialami orang dewasa kerap membuat mereka tertekan karena mengganggu tidur yang hingga menjadi tidak berkualitas. Alhasil, kamu menjadi cepat merasa lelah dan kehilangan konsentrasi saat bekerja. 

Apa Itu Mimpi Buruk?

Mimpi buruk adalah mimpi yang sangat realistis dan mengganggu yang membuat seseorang terbangun dari tidur nyenyak. Mereka sering membuat jantung berdebar-debar karena ketakutan. Mimpi buruk cenderung terjadi paling sering selama periode tidur rapid eye movement (REM), saat sebagian besar mimpi terjadi. 

Jika kamu pernah mengalami peristiwa traumatis, seperti serangan atau kecelakaan, kamu mungkin mengalami mimpi buruk berulang kali tentang pengalaman itu.
Mimpi Buruk pada Orang Dewasa/ Sumber: Freepik.com

Subjek mimpi buruk berbeda pada masing-masing. Namun, ada beberapa mimpi buruk yang paling umum dialami banyak orang. Misalnya, banyak orang dewasa mengalami mimpi buruk tentang tidak dapat berlari cukup cepat untuk menghindari bahaya atau jatuh dari ketinggian. Jika kamu pernah mengalami peristiwa traumatis, seperti serangan atau kecelakaan, kamu mungkin mengalami mimpi buruk berulang kali tentang pengalaman itu.

Meskipun mimpi buruk dan teror malam menyebabkan orang terbangun dalam ketakutan yang sangat besar, keduanya memiliki perbedaan. Teror malam biasanya terjadi dalam beberapa jam pertama setelah tertidur. Mereka dialami sebagai ungkapan perasaan, bukan mimpi, jadi orang tidak ingat mengapa mereka ketakutan saat bangun. Berbeda dengan mimpi yang biasanya muncul saat dini hari.

Obat-obatan yang bekerja mengatur bahan kimia di otak, seperti antidepresan dan narkotika, sering dikaitkan berpengaruh pada munculnya mimpi buruk.
Penyebab Mimpi Buruk/ Sumber: Freepik.com

Apa Penyebab Mimpi Buruk pada Orang Dewasa?

Asupan Obat-obatan

Mimpi buruk pada orang dewasa seringkali terjadi secara spontan. Tapi bisa juga disebabkan oleh berbagai faktor dan kelainan. Beberapa orang mengalami mimpi buruk setelah makan camilan larut malam, yang dapat meningkatkan metabolisme dan memberi sinyal pada otak untuk lebih aktif. Asupan beberapa obat juga diketahui berkontribusi pada frekuensi mimpi buruk. Obat-obatan yang bekerja mengatur bahan kimia di otak, seperti antidepresan dan narkotika, sering dikaitkan berpengaruh pada munculnya mimpi buruk. Obat non-psikologis, termasuk beberapa obat tekanan darah, juga dapat menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa.

Pemicu Psikologis

Selain itu, ada sejumlah pemicu psikologis yang menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa. Misalnya, kecemasan, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD) yang sering menyebabkan orang mengalami mimpi buruk kronis dan berulang.

Gangguan Tidur

Mimpi buruk pada orang dewasa bisa disebabkan oleh gangguan tidur tertentu. Ini termasuk sleep apnea dan restless leg syndrome. Bahkan, kurang tidur juga bisa menyebabkan seseorang menjadi gelisah dan memicu mimpi buruk. Kondisi ini kerap mengakibatkan seseorang berada di lingkaran setan hingga sulit untuk bisa mendapatkan tidur yang ideal dan berkualitas.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa orang dewasa kerap mengalami mimpi buruk. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id