sign up SIGN UP

Tiba-tiba Dapat Tagihan Kartu Kredit Padahal Tidak Belanja? Waspada Carding, Ini Penjelasannya

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 17:00 WIB
Tiba-tiba Dapat Tagihan Kartu Kredit Padahal Tidak Belanja? Waspada Carding, Ini Penjelasannya
caption

Kamu mungkin pernah menemui kasus di mana seseorang mendapatkan billing atau tagihan, padahal orang tersebut tidak merasa berbelanja atau menggunakan kartu kredit. Atau justru kamu sendiri yang mengalaminya? Merasa tidak pernah checkout, tapi tiba-tiba kedatangan paket dan diwajibkan untuk membayar belanjaan tersebut. Wah, bisa jadi kamu jadi korban carding, Beauties.

Nah, agar kejadian tersebut tidak menimpamu lagi di kemudian hari, kamu perlu tahu apa itu carding. Kemenkominfo, melalui akun instagramnya membagikan info mengenai carding dan cara mencegahnya seperti berikut ini.

Definisi Carding

Waspada Carding
Waspada Carding/ Foto: freepik.com/jcomp

Carding sendiri merupakan sebuah tindakan kejahatan dengan melakukan transaksi atau belanja menggunakan nomor dan kartu orang lain. Lalu dari mana pelaku mendapatkan info identitas atau nomor kartu yang kamu pakai?

Menurut Kemenkominfo, pelaku kejahatan carding biasanya mendapatkan data tersebut secara ilegal. Maka dari itu, mulai sekarang kamu perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu atau berbelanja melalui website.

Jenis Carding

Pencurian data
Pencurian data/ Foto: freepik.com/freepik

Ternyata carding  sendiri memiliki beberapa jenis. Terhitung ada 4 jenis carding, yang pertama adalah penyalahgunaan kartu. Ketika penyalahgunaan kartu terjadi, biasanya pemilik kartu tidak sadar kartunya digunakan oleh orang lain, sampai tagihan datang karena pelakunya beraksi dengan sangat rapi.

Jenis carding yang kedua adalah wiretapping. Pelaku wiretapping biasanya melakukan penyadapan untuk memperoleh informasi pribadi yang merugikan korban.

Selanjutnya ada phishing, yakni pelaku mengirimkan virus atau link website palsu melalui email untuk mendapatkan informasi pribadi. Terakhir, ada counterfeiting, ketika pelaku kejahatan menggunakan kartu palsu yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan kartu asli. 

Agar Terhindar dari Carding

Mencegah carding
Mencegah carding/ Foto: freepik.com/tirachardz

Begitu bahaya dan merugikannya carding, maka kamu perlu berhati-hati dan berupaya mencegah kemungkinan tertimpa carding. Bagaimana caranya? Tenang, Kemenkominfo sudah membagikan kiatnya seperti berikut ini:

  1. Saat pembayaran memakai kartu debit, pastikan petugas hanya menggesek kartumu satu kali.
  2. Gunakan situs yang aman dan terpercaya untuk berbelanja.
  3. Jangan pernah memberikan informasi nomor kartu dan Card Verification Value (CVV).
  4. Jangan mengakses situs belanja atau melakukan transaksi menggunakan Wi-Fi publik.

Nah, sudah paham mengenai carding kan, Beauties? Semoga terhindar dari jenis kejahatan tersebut ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id