sign up SIGN UP

Tipe Kepribadian dalam Menghadapi dan Menyelesaikan Masalah di Tempat Kerja, Kamu yang Mana?

Retno Wulandari | Beautynesia
Minggu, 26 Dec 2021 19:00 WIB
Tipe Kepribadian dalam Menghadapi dan Menyelesaikan Masalah di Tempat Kerja, Kamu yang Mana?
caption
Jakarta -

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah, khususnya di tempat kerja. Nah, cara yang dilakukan tersebut biasanya sesuai dengan kepribadiannya, Beauties.

Dilansir dari Psychology Today, ada lima tipe kepribadian seseorang ketika menghadapi dan menyelesaikan masalah di tempat kerja. Penasaran apa saja? Simak jawabannya berikut ini!

Diplomat

Tipe kepribadian yang pertama ada diplomat. Orang-orang yang memiliki kepribadian ini biasanya senang berkompromi. Namun, mereka lebih dulu mengutamakan atau memprioritaskan diri sendiri lalu orang lain.

Di tempat kerja, orang yang memiliki tipe kepribadian diplomat bisa diandalkan untuk mencari solusi yang sifatnya menguntungkan semua pihak.

Tipe kepribadian dalam menghadapi masalah di tempat kerja
Tipe kepribadian dalam menghadapi masalah di tempat kerja/ Foto: Freepik @marymarkevich

The Sage

Berikutnya ada tipe kepribadian the sage. Ketika dihadapkan dengan masalah, seseorang yang memiliki tipe kepribadian the sage biasanya akan mencari solusi yang tidak merugikan salah satu pihak. Tipe the sage ini sangat enak diajak untuk bekerja sama.

Selain itu, tipe the sage juga tidak terlalu lama mendiamkan sebuah masalah. Mereka akan selalu berusaha fleksibel dan mencari solusi yang terbaik.

Tipe kepribadian dalam menghadapi masalah di tempat kerja
Tipe kepribadian dalam menghadapi masalah di tempat kerja/ Foto: Freepik @tirachardz

Filantropis

Filantropis adalah tipe kepribadian yang menyenangkan dan penurut. Biasanya orang-orang yang memiliki tipe kepribadian ini sangat menyukai kedamaian dan sering mengatakan "ya" agar masalah cepat selesai.

Ketika sedang marah di tempat kerja, orang-orang dengan kepribadian filantropis sangat mudah dibujuk. Bahkan mereka juga rela melakukan apa saja termasuk mengorbankan kebutuhan sendiri untuk memuaskan orang lain. Sayangnya, orang yang memiliki tipe kepribadian satu ini kerap dimanfaatkan oleh orang lain.

Burung Unta

Beauties, burung unta termasuk hewan yang larinya cepat dan mudah panik. Nah, untuk orang-orang yang mudah panik, stres, dan selalu ingin lari dari masalah, khususnya di tempat kerja termasuk tipe kepribadian burung unta.

Tipe kepribadian dalam menghadapi masalah di tempat kerja
Tipe kepribadian dalam menghadapi masalah di tempat kerja/ Foto: Freepik @wayhomestudio

Jika sudah terjebak dan tidak bisa dihindari, seseorang dengan kepribadian burung unta akan menunda untuk menyelesaikannya atau membiarkan masalah yang terjadi selesai dengan sendirinya.

Sang Pejuang

Last but not least, sang pejuang. Tipe kepribadian yang terakhir ini akan berusaha sekuat tenaga agar bisa menyelesaikan masalah di tempat kerja dengan baik. Biasanya mereka tidak akan memprioritaskan kondisi atau perasaan orang lain.

Bagi seseorang dengan kepribadian sang pejuang, mereka menganggap masalah sebagai kompetisi yang harus dimenangkan. Tidak heran jika mereka bisa bersikap mengintimidasi orang lain. Ketika segala sesuatu tidak sesuai dengan keinginannya, mereka cenderung kecewa dan marah.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id