sign up SIGN UP

Tips Buat yang Baru Pertama Kali ke Bali, Jangan Kaget Sama 4 Hal Ini!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Minggu, 02 Jan 2022 15:30 WIB
Tips Buat yang Baru Pertama Kali ke Bali, Jangan Kaget Sama 4 Hal Ini!
caption
Jakarta -

Bali dikenal dengan sebutan “the island of God”. Pesona Bali seakan membuat banyak orang jatuh cinta, mulai dari budayanya, tempat wisata, kesenian, kuliner, dan masih banyak lagi. Pulau ini juga merupakan salah satu destinasi favorite di Indonesia, bahkan di dunia.

Bali adalah pulau yang  kental dengan adat istiadatnya. Kepercayaan masyarakat Bali juga selalu diwariskan turun temurun, sehingga membuat keotentikan Bali masih terjaga hingga sekarang. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui wisatawan, khususnya yang baru pertama kali ke Bali agar tidak berbuat kekeliruan. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

Dilarang Menginjak Sesaji

Dilarang menginjak sesaji di Bali
Dilarang menginjak sesaji di Bali/ foto: Instagram.com/ infodenpasar

Saat kamu mengunjungi tempat-tempat yang ada di Bali, jangan kaget jika ada sebuah sesaji yang berisi dupa, bunga-bunga dan jajanan. Biasanya, sesaji sering terlihat berada di jalanan dan terkadang bagi pengunjung yang tidak mengetahui sesaji, justru diinjak begitu saja. Sikap tersebut tidak dibenarkan, karena sesaji merupakan salah satu simbol dalam umat Hindu sebagai tanda bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ramai Upacara Adat

Upacara adat di Bali
Upacara adat di Bali/ foto: Instagram.com/ infodenpasar

Pada dasarnya, umat Hindu di Bali memang terkenal dengan banyaknya upacara adat. Bahkan, upacara adat yang dilakukan pada masing-masing daerah bisa menghabiskan waktu hingga sebulan. Kemudian, saat berlangsung rangkaian upacara adat, biasanya akan memenuhi sepanjang jalan.

Kondisi tersebut kerap membuat jalanan menjadi macet. Umumnya, upacara adat tersebut meliputi rangkaian sembahyang hingga acara hiburan yang mempertunjukkan berbagai kesenian Bali, seperti tari-tarian.

Perhatikan Etika Saat di Tempat Suci

Etika saat berkunjung ke Bali
Etika saat berkunjung ke tempat suci di Bali/ foto: Instagram.com/ arieltatum

Etika adalah hal yang penting di mana pun kita berada. Sama halnya, jika kamu sedang liburan di Bali dan ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di sana. Beberapa tempat maupun area tertentu, etika kita harus lebih diperhatikan. Hal ini dikarenakan, Bali masih kental dengan adat istiadat serta kepercayaan dari leluhur.

Jadi, masyarakat Bali sangat menjaga kesakralan tempat maupun area yang telah dianggap “suci”. Salah satu contoh, jika kamu hendak mengunjungi Pura, sebaiknya menggunakan pakaian yang sopan, mengingat Pura adalah tempat untuk beribadah. Kemudian, hindari memotret menggunakan flash kamera saat berada di dalam Pura, agar tidak mengganggu umat yang sedang beribadah.

Tidak Makan Olahan Sapi Sebelum Berkunjung ke Pura

Aturan berkunjung ke Pura di Bali
Aturan berkunjung ke Pura di Bali/ foto: Instagram.com/ infodenpasar

Sebagian besar, umat Hindu di Bali tidak dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai olahan yang terbuat dari sapi. Terutama jika ingin melakukan ibadah ke pura. Oleh karena itu, untuk menghargai kepercayaan tersebut, sebaiknya pengunjung menghargai budaya umat Hindu di Bali tersebut, ya!

Beauties, itulah keempat hal yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke Bali. Intinya, di mana pun kita berada, tetap harus menghormati dan menghargai, ya!

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id