STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tips Mengatur Budgeting Supaya Keuangan Enggak Gampang Kebobolan

Penny Fatikasari | Beautynesia
Senin, 25 May 2020 11:00 WIB
Tips Mengatur Budgeting Supaya Keuangan Enggak Gampang Kebobolan
Mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika kamu cukup boros dan berhadapan dengan situasi yang gawat tanpa memiliki penghasilan cukup. Biar keuangan enggak gampang bobol, simak tips mengatur budgeting berikut, yuk!

Atur Keuangan untuk Jangka Panjang


Foto: https://www.freepik.com/

Setiap tahun baru pasti kamu memiliki resolusi impian, salah satunya bisa mengelola budgeting supaya hidup enggak boros melulu. Punya resolusi memang bagus banget, tapi saat di tengah jalan, kenapa susah juga ya dijalankan?

Nah, jika ingin mewujudkan resolusi itu kamu jangan setengah-setengah, Ladies. Kuatkan dulu komitmenmu, kemudian yakini dan aplikasikan.

Jangan jadikan resolusi ini hanya sebatas wacana belaka. Ingat ya, mengelola keuangan bukan untuk diawal tahun saja, namun hingga jangka panjang.


Kurangi Kebutuhan yang Tak Perlu


Foto: https://www.freepik.com/

Memang manusia enggak ada puasnya, mudah juga tergoda dengan rayuan dari orang terdekat, promo-promo menarik, hingga sales counter. Sering menghabiskan uangmu untuk berfoya-foya dan membeli kebutuhan yang tidak diperlukan akan menguras keuanganmu. Malas membuat daftar kebutuhan sehari-hari akan membuat kamu panik dan bingung sendiri uangmu habis digunakan untuk apa saja.

Sebagai solusi, mulai saat ini kamu harus memiliki perencanaan keuangan yang matang, Ladies. Kamu dapat mengelola keuangan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan dan 20% uangmu untuk ditabung. Dengan begitu kamu akan lebih disiplin dan lebih baik mengelola keuangan.


Konsisten Menabung


Foto: https://www.freepik.com/

Jika sudah berkomitmen mengelola budgeting, kamu harus fokus dan konsisten untuk mulai menabung. Memang akan ada godaan yang datang dan awalnya akan terasa berat, tapi itu cuma soal waktu, kok. Sabar dan konsisten akan membuatmu terbiasa menabung dan merasakan manfaatnya untuk mendapatkan kondisi keuangan lebih baik.
 


Miliki Aset dan Berinvestasi


Foto: https://www.freepik.com/

Jika memungkinkan, kamu perlu memiliki pekerjaan sampingan, baik bisnis maupun job part time. Walaupun kamu sudah memiliki pekerjaan tetap, kamu bisa meminimalisir risiko keuangan yang mungkin akan muncul kapan saja dengan punya pekerjaan sampingan.

Memiliki pekerjaan sampingan bisa memberikanmu dana darurat yang mendadak kamu butuhkan. Tak hanya dana darurat, kamu pun bisa memiliki aset dan memulai untuk berinvestasi.

Agar bebas dari hutang piutang dan bebas finansial, kamu dapat mulai berinvestasi yang sesuai dengan prioritasmu. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu coba, namun alangkah lebih baiknya jika kamu mempelajarinya terlebih dahulu kemudian memilah mana yang lebih baik untukmu selanjutnya.
 


(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE