Viral di Medsos Keluhan Netizen soal E-Toll Kedaluwarsa, Ini Kata Jasa Marga
Baru-baru ini ramai netizen di media sosial mengeluhkan soal kartu e-toll yang kedaluwarsa saat akan digunakan di gerbang tol. Pemilik akun X bernama Ryrinda itu menceritakan ia melewati jalan tol dari Pemalang menuju Kendal.
Namun, saat hendak keluar dari gerbang tol Kendal, kartu e-toll yang ia miliki tidak bisa digunakan.
"Kartu aku enggak kebaca pas ditap. Akhirnya aku pencel tombol bantuan dan petugas tolnya datang lalu tanya 'bapak tadi habis berhenti di rest area ya?' Jawab suamiku 'iya, ini tadi masalahnya apa ya?'" kata netizen tersebut.
Petugas tol kemudian menjelaskannya kepadanya bahwa memakai jalan tol memiliki durasi maksimal. Untuk jalan tol Pemalang-Kendal, maksimal durasi 1,5 jam. Jika lebih dari itu, maka kartu e-toll menjadi kadaluwarsa.
Terkait hal itu, Jasa Marga pun buka suara.
Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan implementasi e-toll kadaluwarsa merupakan mekanisme pengendalian transaksi yang dilakukan Jasa Marga agar tercipta kualitas aktivitas pengelolaan pendapatan tol zero loss dan aman.
Durasi e-toll kadaluwarsa katanya sudah memperhitungkan waktu perjalanan dan waktu istirahat pengguna jalan tol.
"Proses implementasi waktu kadaluwarsa pada e-toll card tidak menyebabkan saldo uang elektronik pengguna jalan menjadi hangus, tetapi saldo e-toll tetap terpotong saat proses tapping e-toll sesuai tarif asal gerbang dan tujuan pengguna jalan. Namun ALB (Automatic Lane Barier) tidak terbuka otomatis, sehingga petugas gerbang tol akan datang untuk membantu pengguna jalan," katanya dalam keterangannya.
Untuk informasi selengkapnya, lanjutkan membaca dengan KLIK DI SINI.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!