sign up SIGN UP

Vox Populi: Zodiak, Hanya Hiburan Diri atau Perlu Diseriusi?

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 27 Sep 2021 13:30 WIB
Vox Populi: Zodiak, Hanya Hiburan Diri atau Perlu Diseriusi?
Jakarta -

Zodiak merupakan salah satu gagasan manusia yang dibawa oleh bangsa Yunani kuno sejak beribu-ribu tahun lalu melalui pergerakan benda langit. Dikutip dari Britannica, kata zodiak sendiri berasal dari zōdiakos kyklos, "lingkaran binatang", atau ta zōdia, "binatang kecil".

Dikutip dari Britannica, penyebutan ini diambil dari rasi bintang zodiak yang diwakili oleh hewan. Pada kenyataannya, beberapa bentuk astrologi muncul dalam berbagai sistem kepercayaan dalam budaya kuno, yang hingga saat ini belum ada yang bisa membuktikan kebenarannya.

Astronom Sten Odenwald, direktur Citizen Science di NASA Space Science Education Consortium, mengatakan bahwa ia tidak tahu pasti siapa yang pertama kali mengemukakan gagasan untuk melihat hal-hal di alam dan pengaruh ramalan pada manusia.

"Ada beberapa indikasi bahwa seni gua menunjukkan gagasan bahwa hewan dan benda dapat diilhami dengan semacam bentuk roh yang kemudian memiliki pengaruh pada manusia, dan jika manusia menenangkan bentuk roh itu, maka manusia akan berhasil berburu. Hal itu diambil alih oleh gagasan ramalan, di mana manusia benar-benar dapat melihat hal-hal di alam dan mempelajarinya dengan cermat, seperti membaca daun teh," kata Odenwald dikutip dari Time.

Kepribadian zodiak berdasarkan warna hijau mudaIlustrasi zodiak. (freepik.com/ wayhomestudio)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

Apa pun itu, zodiak yang disebut NASA (The National Aeronautics and Space Administration) sebagai bentuk imajiner manusia, kini telah berubah menjadi suatu hal yang diperhitungkan dalam kehidupan, khususnya orang-orang yang melestarikan kepercayaan terhadap zodiak, baik dalam bentuk peruntungan nasib dalam kurun waktu tertentu, maupun zodiak yang menentukan karakter, sifat, watak, dan kepribadian seseorang.

Sebagian orang yang percaya pada zodiak menjadikan zodiak sebagai hiburan, tetapi sebagian lagi menjadikan zodiak sebagai pedoman. Mencoba untuk menemukan perspektif baru dan mengetahui tingkat kepercayaan seseorang pada zodiak, Beautynesia telah merangkum petikan wawancara terhadap beberapa pembaca dengan latar belakang usia, pendidikan, dan pekerjaan.

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id