sign up SIGN UP

Vox Populi: Zodiak, Hanya Hiburan Diri atau Perlu Diseriusi?

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 27 Sep 2021 13:30 WIB
Vox Populi: Zodiak, Hanya Hiburan Diri atau Layak Diseriusi?

Vox Populi: Zodiak, Hanya Hiburan Diri atau Layak Diseriusi?

Zodiak Sebagai Ramalan atau Penilaian Karakter Seseorang?

Seperti yang sudah disebutkan, zodiak telah membentuk dua kubu orang-orang yang memercayainya, yaitu zodiak yang sifatnya ramalan dan zodiak yang sifatnya penilaian karakter seseorang. Berikut ini, ada sejumlah pendapat dari narasumber tentang hal tersebut.

zodiakIlustrasi ngobrol./ Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Khansa, seorang freelancer desain grafis, mengungkapkan bahwa ia lebih into dengan zodiak sebagai penilaian karakter seseorang. "Selama ini aku sering banget mengaplikasikan zodiak ke karakter orang. Zodiak membantu untuk how to handle people, sih, kalo buat aku. Misal sama teman Cancer, kalo bercanda lebih hati-hati karena biasanya mereka sensitif," jelas Khansa.

Hal serupa diungkapkan oleh Elizabeth Cecilia, Beauties dari Yogyakarta. "Aku lebih ke judge by zodiac yang ke arah penilaian tentang seseorang yang berzodiak A akan menunjukkan sifat tertentu, selain itu, zodiak juga buat aku jaga-jaga dari karakter seseorang," ujarnya.

zodiakIlustasi. / Foto: pexels.com/elevate

Gagasan berbeda diungkapkan oleh Elisabeth Widia, seorang karyawan perusahaan e-commerce di Indonesia. Ia memiliki ketertarikan pada zodiak yang sifatnya ramalan, bahkan, kini ia sampai berlangganan konten astrologi untuk mendapat 'bocoran' keadaan yang akan ia hadapi hari ini.

"Kalau ramalannya bagus, aku percaya, sekaligus jadi sugesti buat diri sendiri hahaha. Faktanya, aku subscribe konten zodiak di Astro Feature App, jadi tiap pagi ada notifikasi tentang elemen zodiak apa yang paling kuat dan artinya apa," kata Elisabeth pada Beautynesia.

zodiakIlustrasi zodiak. (Foto: pexel.com/fauxel)

Namun, ada juga yang memercayai keduanya. "Terkadang zodiak itu ada benarnya, pernah juga mengalami apa yang dikatakan ramalan zodiak soal pekerjaan dan kesehatan, dan kalau misal ada zodiak yang bilang "Taurus tipe zodiak yang bla bla bla" memang ada yang memang itu ada di diri aku," kata Friska Luvita, seorang karyawan swasta di Bandung.

Pernah Judge Seseorang Berdasarkan Zodiaknya?

Bonita, seorang reporter di salah satu media masa di Jakarta, mengungkapkan bahwa ia memiliki ketertarikan zodiak yang mendalam, bahkan, tak jarang ia menilai seseorang berdasarkan zodiaknya. "Gue anaknya zodiak banget. Kebiasaan gue adalah suka memperhatikan perilaku orang melalui zodiak, bahkan sama orang yang asyik diajak ngobrol, gue langsung tanya zodiaknya," kata Bonita.

ngobrol/pexels.com/jopwellIlustrasi (Foto: pexels.com/jopwell)

Menurut Bonita, ia juga sering menebak zodiak seseorang lewat apa yang sifat yang ditunjukkan. "Gue percaya sifat seseorang itu dipengaruhi oleh zodiaknya, dan gua sering menebak zodiak seseorang dan sering benar," imbuhnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Emily, karyawan retailer produk kecantikan. "Pernah, jadi gue suka iseng menebak zodiak seseorang dan benar, beberapa kali kejadian," kata Emily. Emily menambahkan soal kepercayaannya mengenai karakter orang-orang berzodiak Aquarius.

Aquarius juga menjadi salah satu zodiak yang tidak takut melawan arus dan menemukan solusi kreatif untuk masalah yang dihadapinya.Ilustrasi Aquarius. (foto: freepik.com)/ Foto: Intan Dwi

"Aquarius tuh free spirit kali ya, mereka nggak bisa diatur, punya their way of thinking and doing things yang nggak common," tambah Emily.

Pernah Mendekati atau Menjauhi Seseorang karena Zodiaknya?

Setelah menjawab dua pertanyaan di atas, dapat disimpulkan bahwa zodiak memiliki pengaruh ke kehidupan masing-masing narasumber. Lalu, apakah mereka pernah mendekati atau menjauhi seseorang karena karakter zodiak yang sudah terpatri di pikiran?

"Iya aku jaga jarak sama zodiak tertentu, yaitu Libra! Nggak tahu ya, rasanya kok selalu nggak klik dan bermasalah sama orang-orang berzodiak Libra," tandas Khansa.

Tanda-tanda bahwa pasangan tidak mencintai lagi/ Foto: Freepik/ YanalyaIlustrasi. (Foto: Freepik/ Yanalya)/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

Bonita mengamini hal yang sama. "Pernah banget memilih teman atau pacar dari zodiak, tapi lebih ke pacar, sih, yang pemilih banget," kata Bonita.

Lain hal dengan Friska Luvita. "Kalau menghindari orang untuk urusan asmara dan pertemanan berdasarkan zodiak, sih, nggak, ya. Buat aku semua zodiak sama saja untuk diajak berteman atau mungkin berpasangan," ungkap perempuan yang akrab disapa Icha ini.

Zodiak Pisces memperlihatkan kepeduliannya kepada orang tersayang melalui hadiah manis yang diberikan.Ilustrasi. (Foto: freepik.com/DCStudio)/ Foto: Diyah Wulandini

Dhayfi Fitria, seorang desainer grafis di Bekasi, mengatakan hal yang sama dengan Icha. "Nggak pernah menilai seseorang dari zodiaknya, sih, gue. Merasa sok tahu gitu kalau menjauh gara-gara zodiak. Lebih ke 'ih seru nih orang pasti Aries, nih' atau 'ih baper banget ini orang, pasti Cancer, tapi dalam hati saja," Kata Dhayfi.

Elisabeth Cecilia, yang akrab disapa Novi, juga senada dengan Dhayfi, "Kalau menghindar tuh nggak, lebih tepatnya membatasi tapi kadang ada fase kayak mau kenal lebih jauh sama mereka, ya sudah aku terabas saja, seenggaknya jadi sedikit punya gambaran karakter soal zodiak itu," jelas Novi.

Cari Pacar Berdasarkan Zodiak

Fakta  mengejutkan diungkap oleh Bonita. Perempuan berzodiak Gemini tersebut mengaku hanya mendekati pria dengan zodiak Aquarius dan Leo, yang menurutnya punya koneksi tinggi dengan Gemini.

Libra dan Gemini merupakan pasangan yang hangatIlustrasi. (Foto: Pexels/ Hannah Stevens)/ Foto: Raistamala Nediasani

"Gue tuh penasaran banget pacaran sama pria Aquarius, karena kata zodiak cocok dengan Gemini. Kadang, di Tinder kalo ada cowok dengan profil zodiak yang nggak gue suka, langsung gue swipe kiri, nggak peduli seganteng apa pun dia hehe," jelas Bonita.

"Gue sampai lelah cari pacar berzodiak Aquarius, tapi, sekarang cowok gue Leo, sih. Setidaknya tercapai salah satu zodiak yang gue incar. Segitunya gue sama zodiak hahaha," imbuh Bonita.

pasangan kekasih/pexels.comIlustrasi kekasih. (Foto: pexels.com)/ Foto: Ruhil Anadiah Sabrina

Dalam hal ini, Khansa berbeda pendapat dengan Bonita. "Kalau untuk pasangan nggak ada preferensi khusus harus zodiak apa, sih, aku," kata Khansa singkat.

Zodiak untuk Diseriusi atau Hanya Hiburan Diri?

Terlepas dari kontroversi zodiak di luar sana, secara bukti empiris menunjukkan bahwa sebagian masyarakat percaya dengan kepercayaan yang dibawa bangsa Yunani kuno ini. Pengalaman Elisabeth Widia yang berlangganan konten zodiak dari sebuah aplikasi membuktikan bahwa ramalan zodiak memiliki pengaruh bagi hidup seseorang.

Begitu juga yang terjadi pada Bonita, keputusannya untuk mencari pasangan berdasarkan zodiak menjadi bukti bahwa hal ini layak diseriusi. Lebih lanjut, Bonita juga mengatakan bahwa ia juga berencana untuk memiliki anak dengan zodiak tertentu. Wow!

Kepribadian zodiak berdasarkan warna coklat dan abu-abuIlustrasi zodiak. (Foto: freepik.com/ wayhomestudio)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

Kendati demikian, di sisi lain, dari sebagian narasumber menyimpulkan bahwa zodiak hanya sebagai senang-senang atau hiburan diri. Dalam hal ini, mereka menjadikan zodiak sebagai sugesti. Salah satunya dengan mengikuti akun-akun zodiak di media sosial, seperti yang dilakukan Dhayfi, Icha, dan Novi.

So, kalau buat kamu sendiri, zodiak itu hanya sebatas hiburan atau diseriusi, sih, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI


Our Sister Site

mommyasia.id